Bantuan Oxygen Concentrator untuk Penanganan Covid-19 di Kota Makassar

Jurnalis : Henny Laurence (Tzu Chi Makassar) , Fotografer : Robin Johan (Tzu Chi Makassar)

Penandatanganan berita acara serah terima concentrator kepada RSUP DR Wahidin Sudirohusodo.

Kasus Covid-19 di Kota Makassar masih tinggi dan yang tertinggi di Sulawesi Selatan. Karena itu Pemerintah Kota Makassar kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 10 Agustus hingga 23 Agustus 2021.

Kondisi ini mendorong berbagai pihak untuk membantu Pemkot Makassar, terutama Tzu Chi Makassar. Pada Kamis 12 Agustus 2021, Tzu Chi Makassar memberikan bantuan satu unit oxygen concentrator dan peminjaman tiga buah tabung oksigen kepada dua rumah sakit di Makassar yaitu RSUP DR Wahidin Sudirohusodo dan RS Stella Maris.

Selain RSUP DR Wahidin Sudirohusodo, RS Stella Maris juga menerima bantuan oxygen concentrator.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Kantor Tzu Chi Makassar, yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama RSUP Wahidin Sudirohusodo, Prof. dr. Mansyur Arif dan Sr Christina Mislina dari RS Stella Maris.

Dirut RSUP Wahidin Prof dr. Mansyur Arif mengungkapkan, bantuan ini sangat bermanfaat karena RS Wahidin adalah pusat rujukan Covid-19 di Indonesia bagian Timur. Pasien penderita Covid-19 dengan gejala berat dikirim ke RS Wahidin, karena itu akan membutuhkan tabung dan concentrator oksigen yang banyak.

Dirut RSUP Wahidin Prof dr. Mansyur Arif mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat karena rumah sakit yang dipimpinnya merupakan pusat rujukan Covid-19 di Indonesia bagian Timur.

“Dengan bantuan ini kami akan lebih percaya diri seandainya suplai oksigen kurang kami masih mempunyai back up tempat peminjaman tabung oksigen dari Tzu Chi,” ungkap Dirut RSUP Wahidin Prof dr.Mansyur Arif.

Bantuan ini memang merupakan dukungan Tzu Chi Makassar untuk Pemerintah Kota Makassar dalam penanganan wabah Covid-19 yang mana kebutuhan tabung oksigen dan concentrator masih tinggi. Selain itu, Tzu Chi Makassar juga memberikan pinjaman tabung oksigen kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bersatu Hati Menangani Pandemi

Bersatu Hati Menangani Pandemi

05 Agustus 2021
Melihat tingginya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia pada bulan Juni 2021. Tzu Chi Indonesia bersama Pengusaha Peduli NKRI dan Tzu Chi Taiwan menyalurkan bantuan berupa 5.000 Oxygen Concentrator untuk merawat pasien Covid-19 dan 35.000 ton beras untuk 7 juta keluarga  yang terdapak akibat penyebaran Covid-19.
Dua Ribu Tabung Oksigen untuk Bantu Penanganan Covid-19 di India

Dua Ribu Tabung Oksigen untuk Bantu Penanganan Covid-19 di India

31 Mei 2021

Pengusaha Peduli NKRI serta Kementerian Perindustrian RI menyerahkan 2.000 buah tabung oksigen untuk Pemerintah India guna membantu mengatasi ledakan kasus Covid-19 di sana.

Bantuan Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden RI

Bantuan Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden RI

28 Juli 2021

Tzu Chi Taiwan membantu penanganan Covid-19 di Indonesia dengan menyerahkan 500 unit oxygen concentrator (dari total 5.000 unit bantuan) ke Sekretariat Presiden RI pada Selasa, 27 Juli 2021.

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -