Rabu, 08 April 2020
Indonesia | English

Bantuan Penanganan Covid-19 di Rumah Sakit di Jakarta

20 Maret 2020 Jurnalis : Arimami Suryo A.
Fotografer : Arimami Suryo A.


Relawan Tzu Chi Indonesia menunjukkan bantuan berupa baju isolasi saat menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Setelah sebelumnya memberikan bantuan di Kemenkes RI dan RSPI Sulianti Saroso, Tzu Chi Indonesia kembali memberikan bantuan terkait penanganan Covid-19 di Jakarta. Relawan Tzu Chi pada Kamis, 19 Maret 2020 mengunjungi RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan, dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk memberikan perlengkapan medis untuk penanganan virus yang sudah mulai mewabah di Indonesia tersebut.

Dengan semakin meningkatnya jumlah pasien yang positif terinveksi Covid-19 di Indonesia khususnya Jakarta, Tzu Chi Indonesia pun terus mengupayakan bantuan untuk mendukung pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19 di masyarakat. Dalam kesempatan ini, Tzu Chi memberikan bantuan ke RSPAD Gatot Soebroto (200 baju isolasi) dan RSUP Persahabatan (200 baju isolasi).


Relawan Tzu Chi, Yopie Budianto menjelaskan maksud dan tujuan pemberian bantuan kepada Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya. Sp.THT-KL., M.A.R.S.


Relawan Tzu Chi membawa bantuan-bantuan untuk penanganan Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto.

Di RSPAD Gatot Soebroto, bantuan diterima oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya. Sp.THT-KL., M.A.R.S. Menurutnya, apa yang dilakukan Tzu Chi dengan memberikan bantuan perlengkapan medis untuk penanganan Covid-19 merupakan tindakan konkrit disaat-saat eperti sekarang ini.

"Saya mengucapkan terima kasih sekali atas bantuan yang diberikan Tzu Chi. Ini salah satu bentuk solidaritas yang konkrit. Kami di lapangan memang memerlukan APD (alat pelindung diri) ini. Dan hal ini menunjukkan bahwa kita semua saling peduli," ungkap Brigjen TNI dr. A. Budi Sulistya.


Penurunan bantuan-bantuan untuk penanganan Covid-19 di depan Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta oleh relawan Tzu Chi.

Dalam kesempatan yang sama, Brigjen TNI dr. A. Budi Sulistya juga menghimbau agar masyarakat waspada dan tetap tenang serta menjaga kebersihan ditengah merebaknya Covid-19. “Supaya kita tahu bahwa sumber penularan adalah percikan air ludah, jadi harus waspada dan tetap tenang. Yang terpenting menjaga imunitas tubuh kita, karena penyakit ini (Covid-19) belum ada obatnya. Selain itu harus membudayakan hidup sehat dan bersih seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker pada saat yang tepat,” jelas Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto tersebut.

Setelah selesai di RSPAD Gatot Soebroto, relawan Tzu Chi kemudian juga mengunjungi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta untuk memberikan bantuan berupa 300 baju isolasi dan 5000 masker. Bantuan dari Tzu Chi Indonesia ini juga diterima langsung oleh Ani Ruspitawati, Kepala Bagian Sumber Daya Kesehatan Dinkes Provinsi DKI Jakarta.


Penandatanganan berkas penyerahan bantuan penanganan Covid-19 oleh pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta oleh relawan Tzu Chi.

"Ini adalah suatu dukungan yang luar biasa buat kami dimana peran serta lembaga diluar unsur pemerintah juga ikut berpartisipasi. Dan apa yang telah diberikan oleh Tzu Chi ini akan sangat bermanfaat buat kami dan teman-teman kami yang melakukan pelayanan kesehatan terkait Covid-19," kata  Ani Ruspitawati.

Menurut Ani Ruspitawati, bantuan yang diberikan Tzu Chi memang sesuai dengan kebutuhan tim medis yang sedang menangani Covid-19. “Saat ini yang sangat kita butuhkan adalah APD (alat pelindung diri) untuk tim medis yang melayani pasien positif Covid-19. Bantuan ini nantinya akan kita sebar di rumah sakit yang ditujuk sebagai rumah sakit rujukan khusus Covid 19 di DKI Jakarta,” ungkapnya.


Relawan Tzu Chi, Yopie Budianto secara simbolis menyerahkan bantuan berupa 300 baju isolasi dan 5.000 masker kepada Ani Ruspitawati, Kepala Bagian Sumber Daya Kesehatan Dinkes Provinsi DKI Jakarta.

Di DKI Jakarta sendiri terdapat 4 rumah sakit yang menjadi rujukan dari Dinkes DKI Jakarta untuk penanganan Covid-19 yaitu RSUD Tarakan, RSUD Pasar Minggu, RSUD Duren Sawit, dan RSUD Cengkareng. Relawan pun berharap bantuan yang disalurkan oleh Tzu Chi Indonesia untuk penanganan Covid-19 di Jakarta dapat membantu tim medis untuk terus memberikan pelayanan maksimal bagi para pasien positif Covid-19. “Kami berharap supaya bantuan ini bisa langsung dimanfaatkan, karena penyakit ini sudah mulai merebak,” jelas Yopie Budianto, relawan Tzu Chi yang menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto dan Dinkes DKI Jakarta.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 449 kali


Berita Terkait




2 komentar


redaksi On Tuesday, 24 Maret 2020, 23:42:30 wrote:

Ibu/Sdri. Sunari Juliana, terima kasih sebelumnya atas niat baik Anda. Bersama Kita Bisa Atasi Wabah Corona!! Salurkan kepedulian Anda melalui: Bank BCA Norek. 865 002 4681 an. Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Bank BCA Pantai Indah Kapuk

Sunari Juliana On Friday, 20 Maret 2020, 15:50:06 wrote:

Apabila saya ingin memberikan donasi untuk covid 19 ini, ke rekening yg mana? Terima kasih



Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat