Rabu, 08 April 2020
Indonesia | English

Bantuan Tzu Chi Membangkitkan Semangat Tim Medis RSUD Kota Bogor

22 Maret 2020 Jurnalis : Khusnul Khotimah
Fotografer : Khusnul Khotimah


Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir bersama jajarannya menerima langsung bantuan kebutuhan medis dari Tzu Chi, Sabtu 21 Maret 2020.

Bantuan kebutuhan medis dari Tzu Chi Indonesia membangkitkan semangat tim medis RSUD Kota Bogor yang stand by 24 jam dalam penanganan wabah Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir saat menerima bantuan Tzu Chi berupa 50 buah baju isolasi (APD) dan 4.000 buah masker, Sabtu 21 Maret 2020.

“Kami terharu dengan bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi dan ternyata kami tidak berdiri sendirian dalam menghadapi ini, kami mendapatkan dukungan,” kata Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir.

Ilham Chaidir mengakui bahwa ketersediaan APD (Alat Pelindung Diri) yang dimiliki RSUD Bogor sangat minim karena sejak awal pihaknya bukanlah rumah sakit yang ditunjuk pemerintah sebagai rujukan Covid-19. Baru per tanggal 17 Maret 2020, keluarlah Surat Keputusan Gubernur yang menyatakan RSUD Kota Bogor adalah salah satu rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19.

“Saat itu begitu kami perintahkan beli APD dalam jumlah yang cukup, kami hanya dapat 22 di pasaran, hilang barangnya. Karena memang kami baru ditunjuk 17 Maret 2020. Uangnya ada tapi untuk membeli barang itu tidak ada. Akhirnya kami kesulitan,” tambah Chaidir.


Ilham Chaidir mengatakan bantuan dari Tzu Chi sangatlah membantu karena memang ketersediaan APD (Alat Pelindung Diri) yang dimiliki RSUD Bogor sangat minim.

Karena itu, tambahnya, bantuan dari Tzu Chi ini sungguh membantu, yang mana dari sisi manajemen, ia harus melindungi para staf agar tidak tertular. Sejak Jumat, 20 Maret 2020, Kota Bogor dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Covid-19, dengan adanya tiga pasien positif, yang salah satunya adalah Walikota Bogor Arya Bima. Ketiganya lalu dirawat di ruang isolasi di RSUD Kota Bogor dengan pemantauan ketat.

Ahad Vidyaloka, relawan Tzu Chi yang menyerahkan bantuan ini menjelaskan, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sangat  terpanggil untuk ikut berkontribusi memberikan bantuan kepada petugas medis di lini terdepan dalam percepatan penanganan virus corona ini.

“Selama mereka terproteksi, mereka baru bisa melayani masyarakat,” ujarnya.


Tzu Chi juga menyerahkan bantuan kebutuhan medis ke Rumah Sakit Bhayangkara Lemdiklat Polri berupa 100 buah APD atau baju isolasi dan 10.000 masker.

Di hari yang sama, Sabtu 21 Maret 2020, Tzu Chi juga memberikan bantuan kebutuhan medis ke Rumah Sakit Bhayangkara Lemdiklat Polri berupa 100 buah APD atau baju isolasi dan 10.000 masker.

“Sangat bermanfaat dan memang kami butuhkan terutama masker maupun baju isolasi, karena memang kelangkaan di luar. Kami pesan belum dapat, dan ternyata kami dapat bantuan masker dan baju pelindungnya dari Tzu Chi. Kami terima kasih banyak kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas bantuannya,” kata Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Lemdiklat Polri, Rini Afrianti.

RS Bhayangkara Lemdiklat Polri saat ini belum menerima pasien terindikasi Covid-19, namun pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi seperti ruang isolasi baik di UGD maupun perawatan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 356 kali


Berita Terkait


Berpacu dengan Waktu, Mengupayakan yang Terbaik untuk Bantu Penanganan Wabah Covid-19

01 April 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Sikap mulia yang paling sulit ditemukan pada seseorang adalah kesediaan memikul semua tanggung jawab dengan kekuatan yang ada.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat