Senin, 22 Juli 2019
Indonesia | English

Barisan Pelestari Lingkungan Muda

21 Agustus 2014 Jurnalis : Supriadi Marthaen (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Ai Ching (Tzu Chi Biak), Supriadi Marthaen (Tzu Chi Biak)

Sabtu 9 Agustus 2014, Tzu Chi Biak bersama deng siswa dan guru SMP 1 Biak bersama-sama melakukan aksi pelestarian lingkunga.  Ade Shixiong dan Primiati Shijie yang merupakan guru SMP 1 sekaligus relawan pendidikan Tzu Chi Biak bersama dengan para siswa mengumpulkan lidi yang berserakan di lapangan sekolah.

Jangan menganggap enteng perbuatan baik sekecil apa pun, karena bila terhimpun menjadi satu merupakan bantuan yang berharga dan bermanfaat bagi orang lain” –Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Menanamkan pentingnya pelestarian lingkungan kepada generasi muda sejak dini. Ini adalah sebuah konsep yang sangat penting karena generasi muda adalah pewaris dunia, sebagaimana lirik lagu “Sebuah Dunia Yang Bersih”, pada akhirkan kita akan mewariskan dunia, sungai, langit biru, padang rumput kepada anak-anak kita. Karenanya Tzu Chi Biak mencoba membangkitkan semangat para pelestari lingkungan yang sedang menempuh pendidikan di SMP 1 Biak melalui kegiatan kerja bakti dan sosialisasi pelestarian lingkungan yang diadakan pada hari Sabtu 9 Agustus 2014.

Kardin Shixiong selaku kepala sekolah SMP 1 Biak, sekaligus juga merupakan relawan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Biak sangat menyambut positif kegiatan ini karena dia bersama beberapa guru juga tengah berupaya memberikan teladan kepada para siswa terkait masalah pelestarian lingkungan yaitu tentang pembuangan sampah pada tempatnya. Hampir setiap pagi Kardin Shixiong bersama beberapa rekan guru memungut sampah-sampah di halaman sekolah. Dengan adanya kegiatan bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Biak ini, Kardin Shixiong berharap akan ada lebih banyak lagi para siswa yang tergerak hatinya untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampahnya.

Ada 500 siswa SMP 1 Biak yang ikut berpartisipasi bersama dengan para relawan dan guru-guru dalam kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah bersama Tzu Chi Biak.

Gatot Shixiong menyemangati para siswa membersihkan sekolah dengan terjun langsung bahu-membahu bersama mereka.

Di SMP 1 sebenarnya sudah ada program bank sampah, namun selama ini masih belum terlalu efektif dalam pelaksanaannya karena kesadaran para siswa yang masih rendah hal ini diungkapkan oleh Primwati Shijie salah seorang guru SMP Biak dan juga relawan pendidikan Tzu Chi Biak. Tidak mudah menurutnya memang untuk membangkitkan kesadaran ini pada para siswa tetapi Primwati Shijie percaya apabila kegiatan-kegiatan terkait pelestarian lingkungan ini secara rutin diadakan oleh Tzu Chi Biak di sini, maka setahap-setahap benih-benih kesadaran pada diri para siswa ini akan tumbuh dan berkembang.

Kesadaran pelestarian lingkungan tidak harus dimulai dari kegiatan yang rumit, kegiatan sederhana pun dapat menggugah hati para siswa asalkan kegiatan tersebut dilakukan dengan hati yang tulus dengan sepenuh hati (Yong Xin). Pada kesempatan kali ini, ada dua kegiatan yang dilangsungkan bersamaan yaitu: kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah sekaligus memilah sampah berdasarkan jenis-jenisnya yang dilakukan oleh para siswa bahu membahu dengan para relawan dan para guru. Kegiatan kerja bakti bersama ini diikuti oleh sekitar 500 orang siswa. Semangat dalam melakukan kegiatan pelestarian lingkungan dengan hati riang ditunjukan para relawan dengan senyuman hangat dan motivasi kepada para siswa selama kegiatan kerja bakti. Hal ini tampaknya membawa dampak positif pada diri para siswa yang terlihat dari lingkungan sekolah yang tambah begitu bersih setelah kegiatan ini selesai. Relawan Tzu Chi juga mengingatkan para siswa bahwa kunjungan kali ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kegiatan yang akan dilakukan Tzu Chi Biak bersama para siswa SMP 1. Tidak hanya misi pelestarian lingkungan saja, nantinya para siswa pun akan diajak ikut berpartisipasi dalam misi-misi Tzu Chi lainnya seperti misi Amal, misi Kesehatan, misi Pendidikan dan misi Budaya Humanis.

Chandra Shixiong memberikan presentasi dan sosialisasi mengenai bahaya global warming kepada para siswa.

Para relawan memperagakan shou yu “Sebuah Dunia yang Bersih” dan “Satu Keluarga” yang disambut dengan antusias oleh para siswa SMP 1 yang langsung ikut memperagakannya bersama para relawan.

Kegiatan yang kedua yang dilakukan adalah sosialisasi mengenai bahaya Global Warming dan materi Pelestarian Lingkungan secara umum yang dibawakan oleh Chandra Shixiong. Chandra Shixiong membawakan materi dengan cukup baik dan interaktif dengan para siswa. Ada 32 orang siswa perwakilan kelas-kelas yang ikut serta dalam kegiatan ini. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengertian yang lebih mendalam kepada para siswa mengenai bahaya Global Warming dan misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi.

Di akhir kegiatan Marco Shixiong, relawan Tzu Chi Biak yang merupakan alumni SMP 1 Biak mengungkapkan rasa gembiranya dapat melakukan kegiatan Tzu Chi di sekolah smpnya dahulu ini karena ia melihat ada banyak potensi dalam diri para juniornya untuk bisa aktif dalam kegiatan-kegiatan Tzu Chi Biak nantinya.

Artikel dibaca sebanyak : 2500 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat