Sabtu, 19 Oktober 2019
Indonesia | English

Berbagai Kebaikan dari Vegetarian

24 Agustus 2017 Jurnalis : Giok Chin Lie (He Qi Timur)
Fotografer : Valentino Jay; Bagya Persada; Giok Chin Lie; Felicite Angela Maria 高俪菁 (He Qi Timur)

doc tzu chi

Tim Pelayanan (Sheng Hou Zhu) relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur memberikan pelayanan kepada tamu undangan.

Bulan Tujuh dalam penanggalan lunar menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa dianggap sebagai bulan hantu atau bulan yang menakutkan. Tetapi bulan tujuh ini bagi insan-insan Tzu Chi merupakan bulan yang penuh berkah.

Tepatnya Minggu, 13 Agustus 2017, bertempat di kantor sekertariat relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur, Mall of Indonesia, Kelapa Gading, 64 relawan menggelar acara Bulan Tujuh Penuh Berkah yang dikemas dalam bentuk talkshow, tanya jawab, membagi-bagikan go green card, serta mengajak 84 tamu undangan untuk berikar dan bervegetarian bersama. Acara dimulai dengan memperdengarkan lagu “Dang Ni Lao Le”(Kelak Menjadi Tua), yang dibawakan oleh Sharon Tanamas bersama ayahnya, serta dilanjutkan dengan penampilan bahasa isyarat tangan oleh anak-anak kelas budi pekerti, yang berjudul “Di Qiu de Hai Zi” (Anak Bumi).

Dr. Susianto Tseng, President of International Vegan Organization, seorang ahli gizi vegetaris memberikan sharing dalam acara Bulan Tujuh Penuh Berkah.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan sharing pengalaman keluarga relawan Noni Thio tentang pola hidup vegetaris. Ia menjadi seorang vegan, bahkan saat dirinya masih dalam masa-masa kehamilan pun tetap tekun menjalani pola makan vegetaris. Walau sempat ada kekhawatiran apakah anak-anaknya saat lahir nanti bisa bertumbuh normal dan sehat, tetapi kekhawatirannya itu terbantah saat dirinya berhasil melahirkan 2 putri yang tumbuh sehat, ceria, serta cerdas berprestasi di rumah maupun di sekolah.

Puncak kegiatan Bulan Tujuh Penuh Berkah ini adalah mendengarkan sharing dari dr. Susianto Tseng, President of International Vegan Organization, seorang ahli gizi vegetaris sekaligus pembicara di berbagai media nasional dan internasional tentang manfaat kebaikan pola hidup vegetaris. Selain itu, dalam kegiatan ini juga diperkenalkan beraneka menu-menu masakan dan makanan vegetarian yang telah disiapkan oleh Tim Pelayanan (Sheng Hou Zhu) dan tim konsumsi relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur, Kelapa Gading.

Sehari sebelumnya di dapur umum depo pelestarian lingkungan, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading para relawan sudah mempersiapkan semua bahan makanan dan masakan vegetarian. Persiapan ini pun dilanjutkan Minggu pagi, relawan-relawan pelayanan konsumsi menyiapkan segala bahan, bumbu dari menu-menu masakan yang disiapkan. Walau dikemas sederhana, masakan-masakan tersebut tetap menggugah selera. Dalam salah satu sharing, relawan Yoelanny yang merupakan bagian dari tim konsumsi relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur menceritakan awalnya masuk Tzu Chi. Dirinya baru mulai mengenal dan belajar masak makanan vegetarian setelah menjadi relawan Tzu Chi. Dengan bantuan para relawan lainnya, Yoelanny mencoba memadukan macam-macam sayuran, membuat masakan menjadi kaya rasa. 

Salah satu makanan vegetarian yang disajikan dalam acara Bulan Tujuh Penuh Berkah. 

Bersama insan-insan Tzu Chi di komunitas lainnya, Ia pun memperkenalkan dan mensosialisasikan makanan vegetarian ke masyarakat dengan membuat catering menu vegetarian pada Bulan Tujuh Penuh Berkah ini. “Semoga dengan acara ini lebih banyak lagi orang mengenal makanan vegetarian dan menerapkannya dalam pola hidup mereka sehari-hari,”ujar Yoelanny.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel dibaca sebanyak : 1316 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat