Senin, 25 Mei 2020
Indonesia | English

Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan

20 Mei 2020 Jurnalis : Supardi (Tzu Chi Batam)
Fotografer : Roberto, Supardi, Soehartieny (Tzu Chi Batam)


Sebelum warga mulai berdatangan, relawan sudah mulai disibukkan dengan berbagai persiapan.

Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Batam selalu memanfaatkan momen istimewa ini untuk bersilaturahmi dengan warga Blok 3 atau kawasan sekitar Aula Jing Si Batam. Tahun ini atau lebih tepatnya pada Sabtu pagi, 16 Mei 2020, Tzu Chi Batam membagikan sebanyak 123 parsel lebaran kepada warga Blok 3 yang akan merayakan hari besar mereka maupun yang terdampak oleh wabah virus corona.

Berbeda dengan parsel lebaran yang umumnya berisi kue kering dan sirup, Tzu Chi Batam tahun ini memutuskan untuk mengisi setiap parsel lebaran dengan bahan pokok, seperti 10 kg beras, telur ayam 20 butir, mi instan vegetarian 10 bungkus, gula pasir 1 kg, dan minyak sayur 1 liter. Karena wabah di Kota Batam masih belum kunjung surut, relawan juga membagikan sanitizer 250 ml, suplemen multivitamin 1 bungkus, dan masker kain 5 buah. Selain itu, warga juga menerima 2 dus makanan ringan.

 

Sebelum memasuki lokasi kegiatan, warga terlebih dahulu disemprot dengan disinfektan yang terbuat dari Eco-Enzyme. Karena dihasilkan lewat proses yang alami, Eco-Enzyme ini dipercaya aman bagi kesehatan warga sekaligus ramah lingkungan.


Nurhayati membuat celengan dari kaleng minuman agar dapat bersumbangsih bagi sesama.

Pembagian parsel leberan tahun ini diadakan di lahan parkir belakang Gedung Aula Jing Si Batam. Dengan mengadakan kegiatan ini di ruang terbuka, Tzu Chi berharap dapat mengurangi resiko terjadinya penularan virus corona. Relawan Tzu Chi juga meminta warga untuk mencuci tangan sebelum memasuki kompleks Tzu Chi. Setelah menjalani screening suhu badan di pos sekuriti, warga pun diarahkan ke lokasi kegiatan.

Sebelum menempati kursi-kursi yang berjarak 1,5 meter dari satu sama lainnya, warga juga disemprotkan disinfektan yang terbuat dari Eco-Enzyme. Karena dihasilkan lewat proses yang alami, Eco-Enzyme ini dipercaya aman bagi kesehatan warga sekaligus ramah bagi lingkungan. Saat menemui warga yang tidak memakai masker, relawan akan segera membagikan masker kain ke warga tersebut.

Melihat beberapa warga hadir dengan membawa celengan bambu, relawan pun segera mempersiapkan wadah bagi warga untuk menuangkan isi celengan bambu. Di antara warga tersebut terdapat Ibu Nurhayati hadir dengan membawa celengan yang terbut dari kaleng minuman.


Relawan sangat bersyukur ada warga yang hadir di kegiatan Tzu Chi dengan membawa celengan bambu.


Ketua RW Blok 3, Bapak Satria Menggala menyampaikan banyak warganya yang terdampak oleh wabah virus corona.

“Saya setiap ke sini, saya membawa celengan. Kadang tidak ada celengan, saya buat sendiri,” Ucap Ibu Nurhayati, warga Blok 3 yang sudah berusia 66 tahun.

Saat waktu menunjukan pukul 9.30 WIB, kegiatan pembagian parsel lebaran pun dimulai. Dalam kata sambutannya, Ketua Tzu Chi Batam, Rudi Tan menyampaikan terima kasih atas kehadiran warga Blok 3. Di kesempatan ini, Rudi Tan mewakili segenap keluarga besar Tzu Chi mengucapkan Selamat Menuaikan Ibadah Puasa dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Acara kemudian dilanjutan dengan kata sambutan dari Ketua RW Blok 3 Bapak Satria Manggala. “Adanya yayasan ini bagi warga Blok 3 khususnya dan umumnya Kota Batam sangat terbantu karena yayasan ini aktif dari segi sosial.” Tutur Pak Satria.


Segenap relawan Tzu Chi dan Warga Blok 3 mendoakan agar wabah virus corana dapat segera berlalu.


Ismail menyerahkan beras beras cinta kasih Tzu Chi.

“Saya juga terima kasih karena tahun ini jauh lebih banyak daripada tahun kemarin. Itu yang kami rasakan. Tahun kemarin kayaknya setengah atau tahun ini dua kali lipatnya. Ini memang luar biasa. Sangat terbantu terutama buat warga yang terdampak, termasuk yang janda dan lansia,” ia menambahkan.

Sebelum pembagian dimulai, warga dan relawan Tzu Chi terlebih dahulu memanjatkan doa agar wabah virus corona ini dapat segera berakhir. Karena mayoritas warga yang hadir adalah muslim, maka Tzu Chi pun mengundang seorang ustad untuk memimpin doa bersama.

Berdasarkan urutan kehadiran, warga satu per satu maju kedapan untuk mengambil sembako. Karena masing-masing parsel lebaran beratnya melampaui 20 Kg, sehingga warga yang kebanyakan ada ibu rumah tangga ini kesulitan mengambil sembako yang dibagikan. Namun, sangat bersyukur relawan Calon Komite Tzu Chi Batam ,Ismail sudah mengantisipasi keadaan ini, sehingga ia mengajak hampir 20 karyawan untuk meringankan beban warga.

 

Warga sangat bersuka cita mendapatkan parsel lebaran dari Tzu Chi.


Belasan sukarelawan membantu warga mengangkat sembako yang dibagikan Tzu Chi.

“Saya mau bawa staff ke sini supaya mereka juga bisa punya jiwa sosial dan cinta kasih. Wabah yang begitu besar dan apa yang Tzu Chi lakukan mereka perlu tahu juga.” Jawab Ismail, seorang pengusaha distributor.

“Sangat terharu, kita bisa membantu tetangga kita, warga-warga dekat Aula Jing Si. Saya berharap mereka juga bisa ada cinta kasih terhadap orang lain, bukan hanya untuk kita sendiri,” Ismail mengutarakan harapannya terharap warga Blok 3.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 120 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat