Rabu, 08 April 2020
Indonesia | English

Bersama Kita Atasi Wabah Covid-19

23 Maret 2020 Jurnalis : Tim Redaksi
Fotografer : Tim Redaksi


Sejak tanggal 17 hingga 22 Maret 2020, Tzu Chi memberikan bantuan sejumlah 2.845 baju isolasi dan 279.000 buah masker ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19.

COVID-19 telah menjadi pandemi global. Di Indonesia, jumlah pasien terus bertambah setiap harinya. Per 22 Maret 2020, jumlah yang terhitung ada 514 kasus positif, 48 meninggal dunia, dan 29 dinyatakan sembuh.

Pemerintah pun telah menerapkan berbagai langkah pencegahan dengan sosialisasi hingga kebijakan-kebijakan terkait. Tapi tak bisa dipungkiri, dengan bertambahnya jumlah pasien positif covid-19, rumah sakit rujukan semakin kewalahan.

Tim medis harus bekerja ekstra 24 jam untuk memonitor kondisi pasien. Belum lagi dengan jumlah pasien yang terus melaju tinggi, ada batasan terhadap alat medis maupun ruangan isolasi.


Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menerima bantuan berupa 400 buah coveral safety (baju isolasi) di Kantor Kemenkes, 18 Maret 2020.

Lalu bagaimana?

Sebagai masyarakat, sudah seharusnya kita menjadi sadar dan bijaksana dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah untuk melawan Covid-19 bersama-sama. Seperti mematuhi arahan Presiden Joko Widodo untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Karena dari gerakan satu orang bisa, kita bisa memutus rantai penyebaran Covid. Begitu pun apabila kita melakukannya secara bersama-sama, hasilnya diharapkan akan lebih maksimal. Sehingga dengan menjaga diri kita agar tetap sehat, kita juga mendukung sekaligus membantu meringankan beban kerja tim medis.

Sementara itu, selain dari diri pribadi, dukungan bagi tim medis terus diberikan oleh Tzu Chi Indonesia. Sejak tanggal 17 hingga 22 Maret 2020, Tzu Chi memberikan bantuan sejumlah 2.845 baju isolasi dan 279.000 buah masker. Ditambah lagi, 25.200 Alat Rapid Tes telah disalurkan untuk Kementerian Kesehatan RI yang diterima langsung oleh Menteri Kesehatan RI Dr. Terawan Agus Putranto. Seluruh bantuan tersebut ditujukan bagi rumah sakit rujukan Covid-19 dan rumah sakit lainnya.

Jumlah bantuan tersebut masih akan terus bertambah seiring dengan upaya kita menuntaskan wabah Covid-19.

Semua ini berkat ketulusan hati para donatur di tengah melonjaknya harga dan permintaan kebutuhan medis, terutama kebutuhan akan baju isolasi dan masker bagi garda terdepan yang tengah melawan wabah.


Bantuan berupa alat-alat medis terus diupayakan Tzu Chi bagi rumah sakit-rumah sakit yang menangani pasien yang positif Covid-19 di Jakarta.

Belum lagi upaya para pengusaha yang juga tengah bekerja keras bersama Tzu Chi untuk menggalang donasi dengan capaian Rp 500 Miliar. Donasi bertahap yang digalang Tzu Chi itu berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah, 20 ribu baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), berikut 1 juta masker. Penyaluran bantuan berlangsung di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan BNPB.

Tentunya dengan gerakan cinta kasih yang dibarengi dengan kesadaran kita bersama ini, semoga kita bisa melawan wabah Covid-19 secepat mungkin. Semoga karma baik dari seluruh masyarakat bisa berbuah pada waktunya, memulihkan Bumi kita beserta isinya.


Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan 25.200 alat rapid test kepada Kementerian Kesehatan RI yang diterima langsung oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, 22 Maret 2020.

Bersama Kita Bisa Atasi Wabah Corona!!
Salurkan kepedulian Anda melalui:
Bank BCA Norek. 865 002 4681
an. Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
Bank BCA Pantai Indah Kapuk

Selain menggalang dana untuk penyediaan APD bagi tenaga medis yang bertugas di rumah sakit, Tzu Chi Indonesia juga menerima donasi berupa:

1. Suplemen Vit C
2. Biscuit
3. Susu kotak / susu kaleng
4. Air Mineral

Untuk didistribusikan ke Rumah Sakit yang merawat pasien Corona.
Barang donasi dapat langsung di drop di :
Gudang Logistik Tzu Chi
Lantai Basement Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 922 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat