Senin, 25 Mei 2020
Indonesia | English

Bersatu Hati Melewati Masa Pandemi Covid-19

18 Mei 2020 Jurnalis : Lily Tedja (He Qi Pusat)
Fotografer : Koerniawan Soesilo, Lily Tedja (He Qi Pusat)


Salah satu penerima paket sembako adalah Sukatmi, nenek berusia 90 tahun. Nenek Sukatmi tinggal di rumah yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Dampak pandemi wabah Covid-19 mulai dirasakan masyarakat Indonesia sejak Maret 2020 hingga saat ini, salah satunya di sektor pangan. Banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan untuk melewati masa sulit ini. Salah satu wujud cinta kasih Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia selain pemberian bantuan alat kesehatan, juga bantuan paket sembako untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan.


Serah terima secara simbolis paket sembako dari Tzu Chi yang diwakili oleh Veriyanto The, Ketua Xie Lie Cikarang kepada pihak Kodim 0509/Bekasi.

Sebanyak 500 paket sembako diberikan kepada masyarakat bekerja sama dengan Kodim 0509/Bekasi dan Koramil 07/Cikarang pada 15 Mei 2020. Paket sembako ini juga diberikan untuk warga desa binaan di Sukaraya sebanyak 100 paket dan Desa Karang Asih sebanyak 150 paket. Cuaca sangat terik di Jumat pagi tidak mengurangi semangat para relawan untuk melaksanakan amanat mulia ini. Jarum jam menunjukkan pukul 09.00 WIB, dan dimulailah acara penyerahan secara simbolis di Kodim 0509/Bekasi yang di pimpin oleh Komandan Kodim 0509/ Kab. Bekasi Letkol Inf. Perry Sandhi Sitompul beserta jajarannya dengan relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi yang di wakili oleh 9 relawan dari Cikarang, 7 relawan dari Jakarta dan 2 relawan dari Karawang.


Dengan menggunakan sepeda motor, puluhan anggota Kodim 0509/Bekasi mengantarkan paket sembako ke rumah-rumah warga yang membutuhkan bantuan.

Pada kesempatan ini Letkol Inf. Perry mengungkapkan, “Penyerahan paket sembako terkait Covid-19 ini diserahkan ke-9 kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi, dimana 9 kecamatan ini masih ada warga yang belum menerima bantuan. Setelah kita data sekitar 500 paket dan  bersama Yayasan Buddha Tzu Chi dan Kodim 0509 juga dengan Polres Metro Bekasi untuk mendistribusikan kepada warga yang menbutuhkan dari 9 kecamatan wilayah Bekasi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kecamatan Serang Baru, Kecamatan Cibarusah, Kecamatan Setu dan Wilayah Pabayuran.”


Barisan relawan mengantarkan sembako langsung ke warga Desa Sukaraya, Kec. Cikarang Utara didampingi oleh Kapten Bahrul Hadi.

Latar belakang masyarakat sebelum pandemik ini ada 20% warga kurang mampu (membutuhkan bantuan), dan sekarang di masa pandemik ini jumlahnya meningkat tajam menjadi di atas 60% warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan. “Ini salah satu bentuk aksi kita untuk memberikan bantuan nyata mengurangi penderitaan masyarakat. Kerjasama TNI, Polri dan Yayasan Buddha Tzu Chi sudah berlangsung lama tidak hanya pada saat pandemik saja, Tzu Chi sebagai yayasan yang sangat aktif sudah sering bekerjasama dengan TNI dan Polri seperti dalam baksos kesehatan. Harapannya kegiatan ini bisa diikuti oleh organisasi dan LSM lainnya, mari sama-sama kita meringankan penderitaan masyarakat,” kata Letkol Perry.


Semangat dan cinta kasih relawan dari Jakarta Sarpen, Yeyen dan Indra kepada warga Cikarang.

Acara dilanjutkan dengan pesan cinta kasih dari Veriyanto The, Ketua Xie Lie Cikarang yang mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan kerja sama dalam pembagian sembako kepada masyarakat yang belum mendapat kesempatan. Veriyanto The mengungkapkan, ”Awalnya kami prihatin melihat kondisi warga Kabupaten Bekasi yang terdampak Covid-19, tetapi ada yang masih belum mendapat bantuan sama sekali padahal kehidupan mereka amat sulit.  Semoga dengan pemberian paket sembako ini dapat menbantu mengurangi beban kesulitan yang dialami warga, apalagi di saat menjelang lebaran.”

Penyerahan secara simbolis paket sembako kepada tim Kodim 0509 yang diwakili oleh para relawan Buddha Tzu Chi dan segera diberikan kepada warga oleh pasukan motor dan mobil dari Kodim 0509/Bekasi dengan rasa syukur dan kebahagian yang terpancar.


Ibu Ana, usia 80 tahun salah yang hidup sebatang kara sangat terharu sekali menerima bantuan paket sembako.

Selanjutnya relawan menuju ke Koramil 07/Cikarang Utara untuk penyerahan paket sembako sebanyak 250 paket yang diterima Kapten Bahrul Hadi untuk desa binaan di Desa Sukaraya dan Desa Karang Asih. Serah terima dilakukan di depan Kantor Koramil 07/Cikarang Utara dan relawan menuju sebagian pemukiman warga untuk penyerahan paket sembako. Salah satu penerima bantuan paket sembako adalah Nenek Ana, berusia 80 tahun. Nenek Ana tinggal seorang diri, tanpa anak dan saudara. Ia merasa sangat terharu sekali. “Saya belum mendapatkan bantuan sampai saat ini, bingung, selama ini hanya mendapat bantuan dari tetangga untuk makan sehari-hari dan bantuan tempat tinggal. Terima kasih, akhirnya dapat bantuan ini,” ungkapnya.


Pembagian paket sembako untuk Desa Sukaraya kepada warga langsung oleh relawan bersama Kapten Bahrul Hadi.

Senyum indah dan pancaran kebahagian terpancar di wajah para relawan dalam perjalanan kembali ke rumah masing-masing. Walau lelah dan berpeluh keringat, doa dan semangat terus membara di sanubari untuk terus melangkah di ladang kebajikan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 73 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat