Jumat, 15 November 2019
Indonesia | English

Bersih-bersih Pantai di World Cleanup Day

24 September 2019 Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)


Relawan Tzu Chi Biak ikut berpartisipasi membersihkan Pantai Tip Top Biak dalam kegiatan World Cleanup Day 2019.

Sabtu, 21 September 2019, berlokasi di Pantai Tip Top, Distrik Biak Kota diadakan kegiatan pembersihan pantai. Kegiatan yang diinisiasi oleh Romawa Biak Peduli Lingkungan dan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Biak Numfor juga melibatkan organisasi masyarakat dan yayasan-yayasan se-Kota Biak yang peduli dengan lingkungan. Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang salah satu Misinya adalah pelestarian lingkungan juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

World Cleanup Day 2019 ini adalah aksi sosial global yang bertujuan memerangi masalah limbah padat global, termasuk masalah puing-puing laut. Tahun ini untuk pertama kalinya juga diadakan di Provinsi Papua dan dipusatkan di Kabupaten Biak Numfor. Ada tiga titik di Papua dalam aksi WCD ini: Biak 1 dan Jayapura 2. Tahun ini kegiatan pembersihan diadakan serentak di 158 negara di seluruh dunia. Untuk Indonesia sendiri diadakan di 34 provinsi dan diharapkan dapat melibatkan 13 juta relawan di seluruh Indonesia.


Pembersihan di Pantai Tip Top ini melibatkan 380 relawan dan berhasil membersihkan 3,5 ton sampah.


Kepala DLH Biak Numfor Iwan Ismulyanto berterima kasih atas kepedulian para relawan terhadap kebersihan Pantai Tip Top di Biak.

Cuaca sangat cerah dan panas, tetapi relawan Tzu Chi Biak tetap melangkahkan kaki bergabung dengan relawan lain. Pantai Tip Top ini dipilih karena terletak di tengah kota dan menjadi tempat berlabuh bagi banyak speed boat. Selain itu, seperti juga di banyak tempat-tempat lainnya, banyak sampah dari laut yang hanyut dan terdampar di pantai ini.

Kepala DLH Biak Numfor Iwan Ismulyanto mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kepedulian para relawan dalam memperhatikan masalah lingkungan. Dengan adanya pembersihan Pantai Tip Top ini secara tidak langsung telah membantu Pemda Biak Numfor untuk penilaian Adipura 2019.” Pemda Biak Numfor dalam hal ini DLH menerjunkan motor roda 3, bak sampah, dan truk sampah untuk mendukung kelancaran kegiatan ini.


Anak-anak sekolah juga ikut terlibat dalam kegiatan pembersihan sampah.

Olivia Rumere,  Leader Core Team Provinsi Papua WCD 2019 mengatakan, “Bertepatan dengan Hari Perdamaian Internasional maka diadakanlah aksi ini untuk merangkul segenap masyarakat untuk peduli dengan sampah di Indonesia, khususnya di Biak. Pantai Tip Top ini dipilih juga karena terletak di tengah kota dan merupakan wajah Kota Biak. Jika orang dari luar datang melihat wajah yang kotor akan berkurang kesannya akan kota ini, tetapi jika wajah kota bersih maka semakin berkesan bagi orang luar.”

Kegiatan kali ini tidak sekadar membersihkan sampah, melainkan juga ditimbang sampahnya agar diketahui hasil dari kegiatan pembersihan ini. Ini juga sebagai bahan evaluasi saat kegiatan-kegiatan bersih pantai lainnya. Pembersihan di Pantai Tip Top ini melibatkan 380 relawan dan berhasil membersihkan 3,5 ton sampah. Dan total untuk World Cleanup Day Papua 2019 melibatkan 461 relawan dan berhasil membersihkan dan mengangkut 4.223 kg sampah dari pantai-pantai di Papua.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 294 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat