Rabu, 18 September 2019
Indonesia | English

Bersih-bersih Rumah Oma Lim Kim Hiok

05 Juli 2019 Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Elsa Fany Luluk (DAAI TV Medan)


Relawan Tzu Chi Medan bergotong royong mengeluarkan barang-barang milik Oma Lim Kim Hiok (60) yang sudah tidak terpakai.

Di hari Sabtu yang cerah, 29 Juni 2019, relawan Tzu Chi Medan mendatangi rumah Oma Lim Kim Hiok yang merupakan Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi). Melihat kondisi tempat tinggal Oma Lim Kim Hiok yang sangat mengkhawatirkan, relawan Tzu Chi yang berasal dari komunitas Medan Utara langsung menuju ke lokasi untuk membantu membersihkan serta merenovasi rumah Oma Lim Kim Hiok.

Oma Lim Kim Hiok telah berusia 60 tahun dan tinggal di rumah yang sangat sederhana. Oma Lim memiliki lima orang anak dan enam cucu. Meski tinggal sendiri di rumah, anak-anak oma sering datang dan mengurusnya. Namun karena kemampuan mereka juga terbatas, salah satu anak Oma Lim memutuskan untuk meminta bantuan kepada Tzu Chi Medan.


Oma Lim Kim Hiok setuju rumahnya untuk dibersihkan dan direnovasi oleh relawan Tzu Chi.

Dulu Oma Lim Kim Hiok bekerja sebagai pembantu rumah tangga, sebelum kemudian jatuh sakit dan akhirnya memutuskan berhenti bekerja. Oma Lim Kim Hiok menderita penyakit diabetes sejak lama. Meski sakit, Oma Lim selalu tersenyum dan tidak pernah murung serta menyambut kedatangan relawan Tzu Chi dengan hangat dan ramah.

“Setelah survei, kami memutuskan untuk membantu Oma Lim Kim Hiok. Relawan yang datang juga sangat bersemangat membantu membersihkan rumah Oma Lim,” kata Juliani, koordinator kegiatan, “kami akan sering mengunjungi oma agar beliau lebih bahagia, dan kami juga akan berikan celengan bambu supaya oma juga bisa ikut membantu orang lain sesuai kemampuannya.”


Kondisi rumah Oma Lim Hiok yang sudah sangat memprihatinkan. Khususnya di lantai dua, kayu-kayunya sudah banyak yang lapuk.

Dengan semangat relawan bergotong royong mengeluarkan beberapa barang oma yang sudah tidak terpakai lagi. Setelah lantai pertama bersih, relawan kemudian bangunan di lantai dua. Relawan dengan hati-hati menaiki lantai dua rumah berukuran 3 x 3 meter itu karena kondisi kayu yang sudah lapuk. Dengan hati-hati relawan membersihkan bangunan di lantai dua ini.  

“Saya senang relawan Tzu Chi mau datang membantu. Saya juga dengar dari relawan kalau rumah oma akan direnovasi dan dibersihkan. Mendengar ini saya menjadi agak tenang karena oma tidak akan tidur hanya dengan beralaskan tikar,” kata Tanjong Willi, putri Oma Lim Kim Hiok, “Saya juga sangat berterima kasih kepada relawan Tzu Chi yang sering mengunjungi kami.”

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 384 kali


Berita Terkait


Mengembalikan Rumah Nyaman untuk Kho Seng Huat

19 Oktober 2017


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat