Jumat, 15 November 2019
Indonesia | English

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

25 Maret 2019 Jurnalis : Dannie (He Qi Barat 1)
Fotografer : Yuni Gunawan (He Qi Barat 1)


Relawan He Qi Barat 1 kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan itu dilakukan pada Sabtu 16 Maret 2019.

Kegiatan Donor Darah rutin diadakan oleh relawan He Qi Barat 1 di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Alur Dahlia setiap 3 bulan. Tujuannya adalah menggalang hati untuk berempati dan peduli terhadap sesama dengan mendonorkan darah bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Menurut PIC kegiatan, Rudy Rosadi, lokasi RPTRA Alur Dahlia dipilih karena di daerah Tegal alur terdapat 4 RPTRA yaitu Alur Dahlia, Anggrek, Kemuning, dan Flamboyan, sehingga kegiatan diharapkan mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat mulai dari pihak kelurahan, RW, RT, ibu-ibu PKK, puskesmas, sekolah swasta dan negeri sekitar RPTRA, staf RPTRA, dan warga masyarakat sekitar.

Kegiatan itu diadakan pada Sabtu, 16 Maret 2019. Ada sebanyak 16 relawan yang sudah bersiap di lokasi sejak pukul 7.00 WIB untuk mempersiapkan lokasi. Tim PMI sebanyak 7 orang juga hadir tepat waktu pada pukul 7.30 WIB. Relawan dan tim PMI menyiapkan meja untuk cek tensi, cek HB, dan ruang penggambilan darah.


Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan dan mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Masyarakat yang hadir mendaftarkan diri dan mengisi formulir lalu melakukan cek tensi dan cek HB. Beberapa syarat umum yang harus diperhatikan oleh calon pendonor adalah tidur yang cukup (8 jam) dalam 3 hari terakhir, sehat, tidak minum obat dan antibiotik, konsumsi sayuran hijau, dan banyak minum air putih. 

Dari 54 calon donor yang mendaftar, 18 orang tidak lolos cek HB. Ada batasan HB, untuk memastikan pendonor tidak merasa pusing setelah mendonorkan darahnya. Menurut Burianto yang sudah 20 kali mendonorkan darahnya, kegiatan donor darah punya dua kebaikan yaitu baik untuk diri sendiri, karena badan menjadi lebih segar dan berguna untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Relawan berharap semoga dengan rutinnya kegiatan donor darah diadakan di lokasi yang dekat dan terjangkau dapat mempermudah masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Perbuatan baik perlu didukung oleh saya, kamu dan dia.


Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 357 kali


Berita Terkait


Menjadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

17 September 2019

Menggunakan Kesempatan Berdonor darah

19 Agustus 2019

Donor Darah, Sebuah Wujud Kepedulian

30 Juli 2019

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

22 Maret 2019

Rasa Ingin Menolong, Mengalahkan Rasa Takut

29 November 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat