Rabu, 08 April 2020
Indonesia | English

Donor Darah, Salah Satu Tindakan Nyata dalam Bersyukur

05 September 2018 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)


Albert Cahyadi secara rutin mendonorkan darahnya dalam kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan tiga bulan sekali oleh Tzu Chi Sinar Mas.

“Perasaan bersyukur harus ditunjukkan dalam tindakan nyata”

-Master Cheng Yen-

Tzu Chi Sinar Mas kembali menggelar kegiatan donor darah, Kamis 30 Agustus 2018. Sebuah kegiatan rutin tiga bulan sekali yang digelar di Ruang Narwastu, Plaza Sinar Mas Land, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dimulai dari pukul 8 pagi hingga 12 siang dan diikuti oleh para karyawan di sekitar gedung perkantoran tersebut.

Sebanyak 18 relawan turut serta dalam kegiatan donor darah kali ini. Para relawan bertugas dari menyambut para donor di pintu registrasi, hingga mengarahkan mereka satu per satu mengikuti alur hingga tahap mendonorkan darahnya.

Sebanyak 324 orang mendaftar untuk menyumbangkan darahnya melalui kegiatan yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini. Beberapa di antaranya baru pertama kali merasakan donor darah, namun tak sedikit juga yang sudah kesekian kali bahkan hingga belasan kali berdonor. Masing-masing donor memiliki alasannya dalam berbuat kebaikan melalui donor darah ini. Selain membantu mereka yang membutuhkan darah, menjaga kesahatan, hingga sebagai tindakan nyata yang dilakukan dirinya dalam bersyukur.


Di tengah aktivitas sehari-hari, kegiatan di gedung perkantoran Sinar Mas Land Plaza ini memudahkan para pekerja yang ingin turut membantu sesama.


Sejak pukul 8 pagi, Ruang Narwastu, lokasi donor darah dilaksanakan telah ramai didatangi orang-orang yang berniat mulia ini.


Kegiatan ini juga jadi momen bagi relawan Tzu Chi menyampaikan terima kasih atas kepedulian para karyawan terhadap korban bencana gempa Lombok.

Donor darah pada hari itu adalah donor darah kesekian kalinya bagi Albert Cahyadi. Secara rutin dia melakukan donor darah dengan keinginan yang kuat untuk memberikan pertolongan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan darah. “Saya rutin donor darah. Anak saya dulu lahirnya prematur dan butuh transfusi darah. Di situ saya betul-betul merasa bahwa dengan mendonorkan darah, kita bisa menyelamatkan seseorang,” ungkapnya.


Pada kegiatan donor darah ini, relawan juga mengajak para karyawan di sekitar Sinar Mas Land Plaza untuk mengikuti penuangan Celengan Bambu.

Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mendonorkan darahnya. Walaupun yang mendaftarkan diri mencapai lebih dari tiga ratus orang, yang berhasil mendonorkan darah adalah sebanyak 284 donor. Berbagai alasan menjadi penyebabnya, salah satunya kondisi kesehatan pada hari tersebut hingga kondisi kekentalan darah.


Sebagai ucapan syukur, relawan memberikan bingkisan cinta kasih bagi para pendonor.

Terdapat berbagai cara untuk membantu orang lain sebagai wujud rasa syukur, selain dengan materi, energi, waktu, juga melalui donor darah. Tidak melihat besar kecilnya, yang terpenting adalah keinginan untuk membantu sesama.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 994 kali


Berita Terkait


Rasa Ingin Menolong, Mengalahkan Rasa Takut

29 November 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat