Jumat, 15 November 2019
Indonesia | English

Donor Darah, Sebuah Wujud Kepedulian

30 Juli 2019 Jurnalis : Eli (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Dok. Tzu Chi Sinar Mas

Ada 65 orang yang berhasil mendonorkan darahnya.

“Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Bila hanya menunggu, kesempatan itu akan berlalu dan semuanya akan terlambat.”
(Master Cheng Yen)

Hari Kamis, 18 Juli 2018, Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xie Li Downstream Marunda bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) unit Bekasi kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini telah secara rutin dilaksanakan oleh relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas, Xie Li Downstream Marunda sekali dalam empat bulan. Ini merupakan wujud kepedulian para relawan terhadap kebutuhan darah di PMI— untuk para pasien— yang terus meningkat.

Kegiatan donor darah ini diadakan di Auditorium Filma, dimulai dari pukul 08.30 WIB hingga 12.30 WIB. Dengan antusias para karyawan Sinar Mas Agribusiness and Food Refinery Marunda dan pengunjung lainnya yang secara kebetulan berada di lokasi turut serta mendonorkan darah mereka.


Para donor diperiksa lebih dulu kondisi kesehatannya.

Sebanyak 9 orang relawan bahu membahu untuk melaksanakan kegiatan. Relawan bertugas dari tahap registrasi hingga tahap para donor selesai mendonorkan darahnya. Ada 135 orang peserta yang menyumbangkan darah mereka. Banyak diantara mereka yang baru kali pertama mendonorkan darahnya, namun tidak sedikit  juga yang telah rutin mendonorkan darah mereka.

Setiap donor memiliki motivasi masing-masing dalam berdonor, mulai dari rasa ingin tahu, ingin beramal, demi kesehatan, dan bahkan ada yang beralasan untuk menghilangkan rasa takut dari jarum suntik.


Kegiatan ini telah secara rutin dilaksanakan oleh relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas, Xie Li Downstream Marunda sekali dalam empat bulan.

Salah satu donor yang baru pertama kali mendonorkan darahnya salah satunya adalah Taufik Ibnu Azis. “Sebenarnya sudah kepengen beberapa kali kalau kantor ngadain donor, tapi baru kali ini kesempatannya dan Alhamdulillah kali pertama dan berhasil. Semoga bisa bermanfaat buat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dari kegiatan donor darah kali ini terkumpul 69 kantong darah. Memang tidak semua pendaftar berhasil mendonorkan darahnya, ada berbagai alasan yang melatarbelakangi hal tersebut mulai dari kurang kurang sehatnya kondisi tubuh donor, tensi dan Hb yang terlalu tinggi ataupun rendah, sedang menyusui, dan berat badan yang kurang dari yang ditetapkan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 289 kali


Berita Terkait


Menjadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

17 September 2019

Menggunakan Kesempatan Berdonor darah

19 Agustus 2019

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

25 Maret 2019

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

22 Maret 2019

Rasa Ingin Menolong, Mengalahkan Rasa Takut

29 November 2018


1 komentar


Legati Esaputri Bawinar On Wednesday, 31 Juli 2019, 11:05:51 wrote:

Senang sekali bisa ikut menyumbang sedikit darah untuk membantu seksama yg membutuhkan



Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Tak perlu khawatir bila kita belum memperoleh kemajuan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila kita tidak pernah melangkah untuk meraihnya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat