Minggu, 05 April 2020
Indonesia | English

Donor untuk Diri Sendiri dan Sesama

05 Desember 2017 Jurnalis : Yusniaty 陳麗菊 (He Qi Utara 1)
Fotografer : Yusniaty 陳麗菊 (He Qi Utara 1)

doc tzu chi indonesia

Relawan komunitas He Qi Utara 1 bekerja sama dengan RSUP Fatmawati rutin mengadakan kegiatan donor darah 3 bulan sekali. Kevin Jonathan (baju kuning) terus mendonorkan darah walaupun ada rasa perih yang harus dia rasakan ketika harus dilakukan berulang kali suntikan.

“Dapat nggak?” tanya Kevin Jonathan (31).

“Sudah keisi,” jawab pak Rendy petugas donor darah sambil menunjuk kantong darahnya.

“Oo, Sudah ya,” Kevin langsung lega dan tertawa senang. “Ini sih cepat, 3 kali sudah dapat,” ucap sambungnya.

Pembuluh darah Kevin yang termasuk dalam tidak mudah untuk disuntik dan diambil darah. Hal ini tidak membuatnya mundur untuk donor walaupun ada rasa perih yang harus dia rasakan ketika suntikan yang dilakukan tidak berhasil.

“Donor darah membuat saya terasa lebih ringan dan pegal-pegal hilang, dan sayang kan kalau sampai tidak jadi,” ungkap Kevin yang terhitung sudah ke-9 kalinya mendonorkan darahnya pada kegiatan donor darah yang diadakan relawan komunitas He Qi Utara 1 tanggal 26 November 2017 lalu.

doc tzu chi indonesia

Sebelum melakukan donor darah, para donor harus menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti berat badan,  tekanan darah, HB (Hemoglobin) dalam kegiatan donor darah yang berlangsung pada 26 November 2017.

doc tzu chi indonesia

Relawan Tzu Chi memeragakan Bahasa isyarat tangan untuk menghibur para donor yang masih menunggu giliran di Lobby Tzu Chi Primary School, PIK Jakarta Utara.

Kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan RSUP Fatmawati ini berlangsung di Lobby Tzu Chi Primary School, PIK Jakarta Utara dan rutin diadakan 3 bulan sekali. Bukan hanya Kevin yang senang berdonor, senyum penuh syukur juga menghiasi wajah Paul Tani Lokito (38) dan kakaknya, Elisha (44) usai donor.

Pengalaman pertama kali yang sempat pusing, kedua kali yang hampir pingsan tidak mengurungkan niat Paul untuk mendonorkan darahnya. Tekad yang kokoh untuk bisa bersumbangsih sungguh memberi kekuatan yang besar bagi Paul. “Saya ingin merubah kondisi tubuh saya, saya berharap lama-kelamaan jadi biasa, karna saya sendiri merasa bahagia bisa ikut bersumbangsih juga,” ucap Paul. Donor darah kali ini merupakan donor yang keempat bagi Paul.

Setiap kantong darah yang disumbangkan sangat berharga karena satu kantong darah bisa menyelamatkan 3 orang yang membutuhkan. “Darah yang diambil akan diproses menjadi 3 bagian yaitu sel darah merah, plasma, dan trombosit,” ungkap Rendy (31) petugas dari RSUP Fatmawati.

doc tzu chi indonesia

Rendy (baju merah), salah satu petugas dari RSUP Fatmawati selalu berusaha membuat nyaman para donor saat pengambilan darah.

doc tzu chi indonesia

Sepanjang tahun 2017, Paul Tani Lukito bisa 4 kali mendonorkan darah yang membawa kebahagiaan tersendiri baginya.

Donor darah merupakan satu tindakan sederhana yang bisa kita dilakukan, namun bisa memberikan manfaat besar hidup orang lain. Seperti kata Master Cheng Yen bahwa “Orang yang mampu bersumbangsih dengan sepenuh hati dan mengisi hidupnya melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang, baru bisa dikatakan menjalani kehidupan yang bermakna.” 

Dalam kegiatan donor darah kali ini sebanyak 91 kantong darah yang berhasil dikumpulkan dari 101 calon donor yang mendaftar. Terdapat 10 orang belum berjodoh untuk mengalirkan darahnya karena masalah tensi darah dan kadar HB (Hemoglobin) yang rendah atau terlalu tinggi.

Koordinator kegiatan donor darah, Sudarman Koh mengatakan, “Sangat senang melihat antusias donor dan semua berjalan lancar. Kita sempat menolak sekitar 8 orang yang datang ingin berdonor, karena terbatasnya waktu dan perlengkapan tes HB. Ke depannya akan dikoordinasikan lagi.”    Sudarman Koh berharap bahwa ke depannya bisa lebih banyak kantong darah yang bisa dikumpulkan sehingga bisa membantu lebih banyak orang. 

 Editor: Yuliati

Artikel dibaca sebanyak : 1038 kali


Berita Terkait


Mengenang Sosok Eka Tjipta Widjaja dalam Rangkaian Kegiatan Sosial

10 Februari 2020

Setiap Detik Berlombalah untuk Berbuat Kebajikan

20 Januari 2020

Niat Membantu Sesama

19 Desember 2019

Menjaga Kesehatan Diri Sekaligus Membantu Orang Lain

13 Desember 2019

Butuh Tekad untuk Membantu Orang Lain

13 Desember 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat