Dua Ribu Tabung Oksigen untuk Bantu Penanganan Covid-19 di India

Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Arimami Suryo A.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah), dan Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti (kanan) berfoto di depan tabung oksigen yang telah didonasikan oleh para Pengusaha Peduli NKRI.

Pengusaha Peduli NKRI serta Kementerian Perindustrian RI menyerahkan 2.000 buah tabung oksigen untuk Pemerintah India guna membantu mengatasi ledakan kasus Covid-19 di sana. Tzu Chi Indonesia turut mendukung terwujudnya solidaritas kemanusiaan ini.

Penyerahan yang dilakukan secara simbolis tersebut dilakukan pada hari Jumat, 28 Mei 2021, di Aula Jing Si, Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, juga Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti.

Mewakili para industriawan, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan bahwa penyerahan hari ini merupakan penyerahan tahap dua. Sebelumnya pada 10 Mei yang lalu, Pemerintah Indonesia telah mengirim kloter pertama bantuan untuk India yakni sebanyak 1.400 tabung dan hari ini mengirim tambahan 2.000 tabung oksigen sehingga total ada 3.400 tabung.

Mewakili para industriawan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan laporan perihal bantuan 2.000 tabung oksigen untuk Pemerintah India.

Pada tahap dua ini, Menperin Agus memaparkan berbagai perusahaan yang ikut berpartisipasi, yang antara lain: PT. Asosiasi Gas industri Indonesia dan Samator (pengadaan tabung dan oksigen), PT. Sinarmas, PT. Indofood, PT. Agung Sedayu Grup, Yayasan Bakti Barito, PT. First Resources, PT. Inti Sumber Baja Sakti, PT. Asia Pacific Rayon dan Asia Pacific Indonesia, dan PT. Indorama Group.

“Walaupun India sudah mulai menurun kasusnya, kita tetap mendoakan bisa terus menurun. Mudah-mudahan bantuan yang sudah dikoordinir oleh para pelaku usaha dan industriawan ini tetap akan bisa membantu saudara kita di India yang sedang mengalami kesulitan,” ungkap Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Para perwakilan Pengusaha Peduli NKRI memberikan donasi 2.000 tabung oksigen secara simbolis kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Airlangga yang sekaligus merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyambut baik dukungan yang diberikan oleh para pengusaha. “Ini adalah kerja sama antara pemerintah dan swasta yang didukung oleh berbagai kelompok usaha di Indonesia. Mulai dari Sinarmas, Agung Sedayu, dan lainnya,” terang Menko Airlangga. “Tentu kami berharap kita dapat meningkatkan hubungan kedua negara dan juga hubungan kemanusiaan kedua negara yang sama-sama sedang menangani pandemi Covid-19 dan tentu kita membantu dengan apa yang kita bisa. Ke depannya, kita bisa belajar terus dari apa yang terjadi di india,” lanjutnya.

Secara estafet, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kemudian memberikan donasi 2.000 tabung oksigen kepada dan Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti.

Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti yang hadir langsung dalam kegiatan pun mengungkapkan terima kasih atas apa yang telah pemerintah Indonesia lakukan sejauh ini. Ia menjelaskan bahwa kondisi di India saat ini terus membaik dan kasus Covid-19 terus menurun per harinya. Meski begitu, ia sangat menyambut baik bantuan dari Indonesia yang memberikan apapun yang bisa diberikan dalam masa pandemi ini.

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang telah memberikan bantuan kepada kami untuk kedua kalinya, serta untuk semangat yang diberikan kepada kami mengingat situasi di India saat ini. Tak lupa juga terima kasih kepada para industriawan yang berada di bawah Menteri Perindustrian yang dengan tulus memberikan bantuan kepada kami,” ungkap Dubes India Manoj Kumar Bharti.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) dan Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti (kiri) memberikan keterangan pers usai kegiatan berlangsung.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah India sebelumnya telah membantu berbagai negara di awal-awal pandemi, kini India merasa terbantu oleh negara-negara sahabat seperti Indonesia. Hal itu merupakan wujud dukungan dan usaha bersama untuk memerangi pandemi.

“A friend in need is a friend indeed,” tuturnya di akhir perjumpaan dengan mengutip sebuah ungkapan yang kurang lebih berarti teman sejati adalah teman yang tetap ada di samping kita saat kita sedang berada di masa-masa sulit.

Komitmen Bersama Para Pengusaha

Alex Kusuma mewakili PT Agung Sedayu Grup sekaligus para industriawan menuturkan bahwa penggalangan bantuan ini merupakan kontribusi nyata dari para pebisnis di Indonesia untuk bersama menanggulangi pandemi secara global.

Alex Kusuma yang mewakili PT Agung Sedayu Grup sekaligus para industriawan menuturkan bahwa penggalangan bantuan tabung oksigen untuk India ini merupakan kontribusi nyata dari para pebisnis di Indonesia untuk bersama menanggulangi pandemi.

“Karena kami melihat di India angka penderitanya meningkat terus, kami ikut prihatin. Kalau misalnya dengan bantuan ini kondisi mereka membaik, kita optimis kondisi kita (Indonesia) juga akan terbantu dan membaik pula. Untuk menangani ini, kita tidak bisa berdiri sendiri,” ungkap Alex Kusuma.

Sebelum memulai acara penyerahan 2.000 tabung oksigen untuk pemerintah India, para menteri dan tamu undangan menyempatkan diri berkeliling Exhibition Hall di Tzu Chi Center untuk mengetahui sepak terjang Tzu Chi dalam memberikan bantuan.

Bukan hanya bantuan ke luar negeri, di dalam negeri, para pengusaha yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI bersama Tzu Chi Indonesia sejak awal pandemi telah berulang kali memberikan bantuan. Mulai dari berkomitmen dalam penggalangan dana sebesar 500 miliar, bantuan APD dan berbagai keperluan penunjang penanganan Covid-19, hingga pembagian satu juta paket beras dan masker bagi masyarakat terdampak pandemi.

“Sekarang pandemi sudah global, tentu kita tidak bisa diam saja. Bagi para pebisnis, untuk memulihkan ekonomi ya tidak bisa dilakukan sendiri tapi juga bersama-sama. (Berbagai bantuan ini) penting sekali karena ini upaya kita untuk memulihkan dunia,” terang Alex Kusuma.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Sembako Cinta Kasih untuk Warga Terdampak Covid-19 di Medan

Sembako Cinta Kasih untuk Warga Terdampak Covid-19 di Medan

30 April 2020

Senin, 27 April 2020, Yayasan Buddha Tzu Chi membagikan 10.000 paket sembako cinta kasih berupa beras 5 kg, 1 kotak mie instan @ 40 bungkus dan masker kain untuk meringankan penderitaan masyarakat yang terdampak bencana wabah Covid 19 bekerja sama dengan TNI.

Senin, 27 April 2020, Yayasan Buddha Tzu Chi membagikan 10.000 paket sembako cinta kasih berupa beras 5 kg, 1 kotak mie instan @ 40 bungkus dan masker kain untuk meringankan penderitaan masyarakat yang terdampak bencana wabah Covid 19 bekerja sama dengan TNI.
Dukungan Pengusaha Peduli NKRI Dalam Penanganan Wabah Covid-19

Dukungan Pengusaha Peduli NKRI Dalam Penanganan Wabah Covid-19

06 April 2020

Hari ini, Senin, 6 April 2020, para pengusaha yang bernaung di Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI menyerahkan bantuan alat medis dalam penanganan wabah Covid-19 di Indonesia kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Mengenal Lebih Jelas Tentang Vaksinasi Covid 19

Mengenal Lebih Jelas Tentang Vaksinasi Covid 19

29 Juli 2021

Yayasan Buddha Tzu Chi Kp. Palembang mengadakan acara Bincang Kesehatan dengan Tema “Vaksinasi Covid 19 Teman atau Musuh?” Pada Jumat, 23 Juli 2021 Pkl. 19.00 WIB – 21.00 Wib menggunakan Aplikasi Zoom.

Mendedikasikan jiwa, waktu, tenaga, dan kebijaksanaan semuanya disebut berdana.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -