Minggu, 27 September 2020
Indonesia | English

Ekonomi Masyarakat Menurun, Tzu Chi Biak Bagikan Sembako di Lima Titik

24 April 2020 Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo AT, Yanti, Sarah T (Tzu Chi Biak)


Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, dalam sambutannya mengatakan penyebaran virus corona menyebabkan ekonomi masyarakat menurun. Karena itu ia sangat berterima kasih, Tzu Chi Indonesia beserta PSMTI, Perbankan dan seluruh donatur, juga olres Biak Numfor bisa bersama menyalurkan bantuan kemanusiaan ini. 

Pagi itu Selasa 21 April 2020, relawan Tzu Chi Biak mulai berdatangan di Mapolres Biak Numfor, yang rencananya bakal membagikan paket sembako tahap ke-2 kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di lima titik di Kota Biak. Ada 1.168 paket yang sudah disiapkan. Pembagian paket kali ini juga merupakan bagian dari agenda Polri bertajuk Gerakan Bhakti Sosial Serentak Polri Peduli Covid-19.

Ikut juga relawan PSMTI dan Perbankan dalam pembagian paket sembako ini. Tzu Chi Biak bersama PSMTI menggalang dana dari relawan, donatur, pengusaha dan masyarakat Biak Numfor untuk membantu masyarakat yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 ini. Dari dana yang sudah terkumpul, diwujudkan dalam paket sembako yang masing-masing terdiri dari 10 kg beras, 1 dus mi instan dan 1 liter minyak goreng. Sebelumnya pada 18 April 2020, telah dibagikan juga paket sembako tahap-1 sebanyak 165 paket.


Ada 1.168 paket yang siap dibagikan.

Setelah mengikuti arahan singkat di Mapolres Biak, relawan Tzu Chi mulai bergerak ke lima titik yang sudah didata oleh Polres Biak Numfor. Pembagian ini dilakukan serentak di lima titik agar meminimalisir kerumunan yang dapat terjadi saat pembagian berlangsung.

Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, S.IK,M.Si dalam sambutannya di Pelabuhan Laut Biak mengatakan, dampak penyebaran virus corona menyebabkan ekonomi masyarakat mengalami penurunan. Karena itu pentingnya ditanamkan rasa peduli dalam diri masing-masing individu untuk menjaga kebersihan, menjaga kesehatan dan melindungi diri serta mengikuti himbauan oleh Pemda Biak Numfor untuk memutus rantai penyebaran Covid 19.

“Selain itu terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia beserta PSMTI, Perbankan dan seluruh donatur yang bersama Polres Biak Numfor bersama menyalurkan bantuan kemanusiaan ini,” ujar Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta.


Pembagian di Pasar Inpres Biak.

Yanti Rumbiak (46), sehari-hari berjualan di Pasar Inpres Biak. Ibu dari lima anak ini menuturkan, sejak ada virus Corona penghasilannya menurun karena berkurangnya jumlah pembeli.

“Saya biasanya berjualan dari jam 8 pagi sampai 9 malam merasakan sekali dampak corona ini. Pembeli sedikit yang datang ditambah lagi adanya pembatasan aktifitas jual beli di atas jam 18.00 WIT,” kesahnya.

Karena itu bagi Yanti, bantuan dari Tzu Chi Biak ini sangat terasa manfaatnya.

“Terima kasih saya atas perhatian Tzu Chi kepada kami. Ini bantuan yang baru pertama kali saya terima semenjak Kabupaten Biak mulai mengadakan isolasi,” tambah Yanti.  

Sementara itu di Pasar Induk Darfuar, keadaannya juga sama seperti di Pasar Inpres Biak, banyak hasil kebun yang dibawa ke pasar namun tidak banyak yang laku.

“Hasil kebun saya tidak banyak yang terjual semenjak covid ini terjadi. Orang takut ke pasar karena takut terkena virus ini,” ujar Marice (40).

Karena itu Marice, ibu dari enam anak yang tinggal di Desa Warsansan ini senang bisa mendapatkan bantuan sembako dari Tzu Chi.

“Terima kasih atas sembako ini kiranya Tuhan saja yang bisa balas,” ucapnya.


Sejak virus corona menyebar, penghasilan Yanti Rumbiak menurun karena berkurangnya jumlah pembeli. Yanti Rumbiak sangat berterima kasih dengan paket sembako ini.

Di pasar yang lainnya, Pasar Mama-mama di Lapangan Cendrawasih, Marta Boma yang berasal dari Nabire juga mengungkapkan rasa senangnya bisa menerima paket sembako ini. “Terima kasih banyak atas bantuan ini,” ujar Ibu Martha Boma yang sangat pemalu. Ia hanya berkata itu saja dan mulai menata barang jualannya.

Susanto Pirono, Ketua Tzu Chi Biak mengaku bahagia karena Tzu Chi Biak kembali dapat menyalurkan bantuan sembako tahap ke-2 ini bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 di beberapa titik di Kota Biak.

“Pemberian sembako ini merupakan bentuk perhatian kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Semoga paket ini bisa sedikit membantu kebutuhan masyarakat. Terima kasih juga kepada seluruh donatur dan relawan yang terlibat dalam penyaluran paket sembako ini,” tuturnya seraya tersenyum.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 483 kali


Berita Terkait


Peduli Sesama Dengan Membagikan Sembako

20 April 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat