Kamis, 12 Desember 2019
Indonesia | English

Galang Hati, Galang Dana di Festival Kue Bulan

16 September 2019 Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)


Tzu Chi Medan mengadakan Festival Kue Bulan Cinta Kasih dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para pengunjung mal dari tanggal 6 September 2019 sampai dengan 13 September 2019 di tiga mal: Mall Center Point lantai 3 A, Sun Plaza lantai 4 dan Binjai Supermall lantai 1.

Tzu Chi Medan mengadakan penjualan Kue Bulan Cinta Kasih di beberapa mal di Kota Medan, diantaranya Mal Center Point lantai 3A, Sun Plaza lantai 4 dan Binjai Supermall lantai 1. Selain di Medan, relawan Tzu Chi di beberapa kota di luar Medan juga mengadakan penjualan kue bulan yaitu di Tebing Tinggi dan Aceh. Penjualan kue bulan dimulai tanggal 6 - 13 September 2019. Dikatakan Kue Bulan Cinta Kasih karena hasil dari penjualan kue bulan ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan kemanusiaan Tzu Chi. Dengan membeli Kue Bulan Cinta Kasih Tzu Chi, masyarakat juga ikut berdana karena hasil penjualan kue bulan ini akan disalurkan untuk pembangunan Kantor Tzu Chi dan sebagian akan digunakan untuk mendukung kegiatan di misi amal.

Penjualan Kue Bulan Cinta Kasih Tzu Chi ini sangat didukung oleh pihak manajemen mal yang kerap kali memberikan lokasi yang strategis dan tanpa dipungut biaya. Yoki salah satu bagian marketing Sun Plaza yang sudah mengenal Tzu Chi lebih dari 10 tahun dari DAAI TV mengatakan, “Kita dari pihak Sun Plaza sangat mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang bisa membantu banyak orang dan kita selalu mendukung kegiatan Tzu Chi karena Tzu Chi itu tidak membedakan suku, agama dan ras. Orang-orang yang tergabung di Tzu Chi juga baik dan pastinya kita selalu mendukung orang-orang yang berbuat kebajikan.”

 

Selama dua hari pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, ada 48 orang pengunjung yang memeriksakan kondisi kesehatan mereka.


Gunawan Tjiu, salah seorang pengunjung mal yang ikut dalam pemeriksaan kesehatan.  Menurutnya kegiatan sangat efisien karena bisa tensi darah dan cek kadar gula tanpa harus antri.

Dari dalam, penjualan kue bulan ini sangat didukung oleh para relawan. Sejak jauh-jauh hari, para relawan sudah membentuk tim yang bersedia dan mau bersumbangsih waktunya untuk menjaga stan penjualan kue bulan. Layaknya seorang penjual yang sudah mahir dan profesional, dengan penuh semangat para relawan mengumpulkan barang-barang yang akan diangkat ke mal sehari sebelumnya.

Relawan memasukkan barang-barang ke mal pada jam 10 malam karena memang peraturan dari pihak mal kalau mau memasukkan barang harus di  saat toko-toko belum dibuka ataupun saat toko-toko sudah tutup. Relawan lebih memilih memasukkan barang pada malam hari supaya bagian dekorasi bisa mulai mendekor penjualan kue bulan keesokan harinya.

Selain menjual kue bulan,  Tzu Chi Medan juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pengukuran tensi darah, gula darah, pemeriksaan gigi dan mulut, dan konsultasi kesehatan gratis yang diadakan di Mall Centre Point pada tanggal 7 September 2019, dari pukul 18.00 - 21.00 WIB. Selama dua hari stan pemeriksaan kesehatan dibuka ada 48 orang yang memeriksakan kondisi kesehatan mereka.

 

Dokter Wilson Arthur Zein dari TIMA Medan merasa sangat bahagia bisa ikut mendukung kegiatan Festival Kue Bulan ini.

Gunawan Tjiu, salah seorang pengunjung mal yang ikut dalam pemeriksaan kesehatan secara Cuma-Cuma ini merasakan sangat efisien bisa tensi darah dan cek kadar gula di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari. “Kadang terlintas di pikiran harus antri kalau periksa ke dokter atau laboratorium, akhirnya kita tidak jadi periksa,” kata Gunawan.

Salah seorang dokter dari TIMA Medan, Dr. Wilson Arthur Zein juga merasa sangat bahagia karena bisa membantu menyebarkan cinta kasih. “Awalnya saya merasa kurang optimal mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengunjung mal yang rata-rata orang yang berkecukupan dan kategori sehat, namun setelah mengikuti baksos di mal yang merupakan pertama kalinya bagi saya, akhirnya saya merasa bahwa tidak semua orang yang jalan-jalan di mal itu sehat, malah kadang orang lebih mempunyai waktu jalan-jalan di mal daripada memeriksakan kesehatannya,” ungkapnya.

 

Menurut Nuraina, kegiatan penjualan kue bulan ini selain untuk menggalang dana juga menggalang hati masyarakat untuk ikut serta berbuat kebajikan.

Dokter Wilson akhirnya mengerti mengapa Tzu Chi  memberikan pemeriksaan kesehatan gratis di mal, yaitu agar orang bisa membiasakan diri memeriksa kesehatannya secara dini. “Apalagi yang sudah berusia 40 tahun ke atas.  Semoga dengan pelayanan yang diberikan Tzu Chi ini juga bisa mengetuk hati para pengunjung mal untuk bergabung dengan Tzu Chi di dalam berbuat kebajikan,” kata Dr. Wilson menambahkan.

“Penjualan Kue Bulan,  selain bertujuan untuk menggalang dana , sebenarnya juga bertujuan untuk menggalang hati, karena relawan sambil menawarkan kue bulan, mereka juga mempunyai kesempatan untuk menceritakan tentang apa yang Tzu Chi sumbangsihkan untuk masyarakat.  Harapan para pengunjung bisa lebih mengenal Tzu Chi dan tertarik untuk bergabung menjadi relawan,” kata Nuraina , koordinator penjualan Kue Bulan Cinta Kasih di Medan. Dan hasilnya sangat menggembirakan, banyak calon-calon relawan dari kegiatan selama dua hari ini.  

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 358 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat