Minggu, 27 September 2020
Indonesia | English

Gedung Baru untuk SD Kartika X-5

06 September 2020 Jurnalis : Arimami Suryo A
Fotografer : Arimami Suryo A

Penandatanganan prasasti peresmian gedung baru SD Kartika X-5 oleh pihak Korem 052/Wijayakrama dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Komplek Kodam Jaya Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu, 5 September 2020.

Kerja sama antara Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan TNI dalam bidang pendidikan terus berlanjut. Salah satunya dengan persmian gedung baru sekolah SD Kartika X-5 di Komplek Kodam Jaya, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu, 5 September 2020. Bangunan sekolah yang sebelumnya kurang layak digunakan kini di tahun 2020 sudah memiliki gedung baru yang dibangun Tzu Chi.

Proses pembangunan Gedung SD Kartika X-5 ini dimulai dengan peletakan batu pertama pada bulan Mei 2019. Setelah pembangunan selama 1 tahun lebih, gedung baru pun sudah rampung dan siap digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Seluruh ruang kelas, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang UKS, kantin, musala, serta beberapa fasilitas lainnya yang kondisinya berbeda-beda, kini sudah seragam setelah direnovasi oleh Tzu Chi Indonesia.


Danrem 052/ Wijayakrama, Brigjen Tri Budi Utomo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan hibah bangunan untuk SD Kartika X-5 dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

“Kami atas nama Komando Korem 052/Wijayakrama dalam hal ini adalah Yayasan Kartika Korem 052, mengucapkan banyak terima kasih sekali atas bantuan hibah bangunan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Kami juga berharap agar kedepan bangunan ini dapat meningkatkan pendidikan sehingga anak-anak yang ada di sekolah ini tahu teknologi dan tidak tertinggal dengan sekolah yang lain,” ungkap Danrem 052/ Wijayakrama, Brigjen TNI Tri Budi Utomo saat acara peresmian gedung sekolah SD Kartika X-5.

Peresmian SD Kartika X-5 ini pun ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Danrem 052/ Wijayakrama dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan gedung baru sekolah dan penambahan ruang kelas, serta penanaman pohon sebagai upaya untuk penghijauan lingkungan sekolah.


Kepala Sekolah SD Kartika X-5, Muhdorin (baju batik) mendampingi Danrem 052/ Wijayakrama dan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengunjungi salah satu kelas.


Mewakili Tzu Chi Indonesia, Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riadi merasa sangat bersyukur dengan hadirnya gedung baru untuk SD Kartika X-5.

Dalam kesempatan ini, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia diwakili oleh Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riadi. Ia pun turut bersukacita karena kerja sama Tzu Chi bersama TNI dalam merenovasi gedung sekolah SD Kartika X-5 berjalan lancar."Tzu Chi sudah ada MoU dengan TNI dan Polri dalam Empat Misi Tzu Chi. Salah satunya adalah Misi Pendidikan Tzu Chi. Pembangunan sekolah ini penting sekali, dengan gedung sekolah yang bagus, mungkin bisa meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas anak didik itu sendiri," ungkap Joe Riadi disela-sela peninjauan gedung SD Kartika X-5.

SD Kartika X-5 merupakan sekolah ke-38 yang sudah direnovasi oleh Tzu Chi Indonesia. Pihak sekolah pun menceritakan kondisi sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 1974 tersebut. “Sebelum dibangun kembali, bisa dikatakan kondisinya kurang layak. Terutama saat musim hujan, genteng bocor dan takut mengakibatkan plafon ambruk. Jadi untuk itu kita mengajukan permohonan dan kita laporkan kondisi sekolah ini, Karena kami juga tidak mau sesuatu terjadi nanti,” kata Muhdorin, Kepala Sekolah SD Kartika X-5.


Plafon yang jebol di SD Kartika X-5 sebelum dan sesudah direnovasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Selama satu tahun pembangunan, para siswa dari SD Kartika X-5 juga tetap melakukan kegiatan belajar mengajar disesuaikan dengan proses pembangunan yang bertahap. Namun semenjak mewabahnya Covid-19, kegiatan belajar mengajar kemudian disesuaikan dengan peraturan pemerintah. Kehadiran gedung baru SD Kartika X-5 ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

“Sekarang sudah jauh berbeda, sudah bagus, sudah bersih. Harapan kami sebagai pendidik tentunya SDM-nya dapat meningkat, guru-guru dapat bersemangat untuk memberikan ilmunya, anak-anak sekolah juga nyaman, aman, tentram, sehingga semangat untuk belajarnya lebih giat lagi,” jelas Muhdorin.


Relawan Tzu Chi Indonesia dan Danrem 052/ Wijayakrama berkeliling mengunjungi gedung baru SD Kartika X-5. Tampak salah satu bangunan SD Kartika X-5 yang telah direnovasi oleh Tzu Chi Indonesia.

Atas nama sekolah SD Kartika X-5, Muhdorin sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Tzu Chi Indonesia. “Terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah membantu kami dalam merenovasi dan membangun gedung baru SD Kartika X-5 sehingga menjadi gedung yang representatif untuk kegiatan belajar mengajar,” ungkapnya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 109 kali


Berita Terkait


Membangun Kesadaran Melindungi Bumi

16 September 2020

Makin Mantap Menjalankan Misi Pendidikan

30 April 2019

Menjadi Komunikator yang Baik

24 Juli 2017

Apresiasi Untuk Siswa Berprestasi

11 November 2016

Persatuan Dalam Keberagaman

02 November 2016


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat