Rabu, 18 September 2019
Indonesia | English

Gempa Nepal : Keberangkatan Tim Tanggap Darurat Tzu Chi ke Nepal

27 April 2015 Jurnalis : Tzu Chi Taiwan
Fotografer : Tzu Chi Taiwan

Pascagempa Nepal, Tim Tanggap Darurat dan Bantuan Medis dari Yayasan Buddha Tzu Chi yang beranggotakan 15 orang akan diberangkatkan ke lokasi bencana pada tanggal 27 April 2015. Selain akan memberikan bantuan medis darurat, Tim Tanggap Darurat Tzu Chi kloter pertama ini juga akan mengadakan survei tentang materi bantuan yang dibutuhkan di daerah bencana dan evaluasi rencana bantuan lanjutan yang dapat diberikan. Diharapkan dalam waktu sesingkat mungkin, Tzu Chi dapat mengantarkan kepedulian dan cinta kasih universal dari warga Taiwan ke sana.

Tim Tanggap Darurat dan bantuan medis Tzu Chi ini akan dipimpin oleh Direktur RS Tzu Chi Taichung, dr. Jian Shuo-xin, sedangkan wakilnya adalah Direktur RS Tzu Chi Taipei, dr. Zhao You-cheng. Dalam rombongan ini juga ada Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Tzu Chi Dalin, dr. Li Yigong, Kepala Tim Trauma RS Tzu Chi Hualien, dr. Wang Jian-xing, dan tenaga medis lainnya yang merupakan gabungan dari poli internis, poli bedah dan gawat darurat.

Selain 10 orang anggota tim asal Taiwan yang akan berangkat ke Nepal, 5 anggota lainnya adalah anggota tim tanggap darurat yang sudah sangat berpengalaman dalam pemberian bantuan bencana internasional. Mereka terdiri dari relawan berbagai negara, seperti Malaysia, Thailand, India, Filipina, dan Amerika Serikat untuk membantu penerjemahan bahasa Nepal dan melakukan evaluasi materi pemberian bantuan.

Pascagempa Nepal, pada tanggal 26 April 2015, pukul 7 pagi waktu setempat, Yayasan Buddha Tzu Chi telah mendirikan “Pusat Kordinasi Bantuan Bencana Tzu Chi”, dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan segera menggerakkan kegiatan tanggap darurat. Pusat koordinasi bencana telah mempersiapkan materi bantuan, di antaranya adalah ranjang lipat serbaguna yang paling dibutuhkan di daerah bencana, nasi instan yang dapat diseduh dengan air panas maupun dingin, serta selimut ramah lingkungan, yang mana semua barang ini siap diangkut setiap saat ke daerah bencana untuk menenangkan jasmani dan batin para korban bencana.

Setelah tim tanggap darurat dan bantuan medis ini tiba di Kathmandu, terlebih dahulu mereka akan memberikan bantuan medis darurat dan pembagian bantuan. Setelah itu, selanjutnya mereka akan melakukan penilaian akan jenis-jenis bantuan yang akan diberikan: untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

( Sumber: www.tzuchi.org )

Artikel dibaca sebanyak : 2486 kali


Berita Terkait


Gempa Nepal: Kekuatan Sebuah Kertas

25 Mei 2015

Gempa Nepal: Menggunakan Cinta Kasih untuk Mengobati Luka Batin

12 Mei 2015

Gempa Nepal : Memulai Penyaluran Bantuan Lanjutan

07 Mei 2015

Gempa Nepal: Memberikan Tempat yang Layak Huni untuk Pengungsi

06 Mei 2015

Gempa Nepal : Berharap Bencana Segera Berlalu

04 Mei 2015


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat