Senin, 18 November 2019
Indonesia | English

Gempa Nepal : Tzu Chi Indonesia Mengirimkan Bantuan Ke Nepal

01 Mei 2015 Jurnalis : Metta Wulandari
Fotografer : Teddy Lianto

Tim Tanggap Darurat Tzu Chi dan Tim Medis melakukan persiapan pemberian bantuan Ke Nepal dengan melakukan rapat koordinasi di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara pada 28 dan 29 April 2015.

Setelah Tim Tanggap Darurat dan Bantuan Medis Tzu Chi Taiwan sampai di Kathmandu pada Selasa, 28 April 2015. Tim Tanggap Darurat dan Bantuan Medis Tzu Chi Indonesia yang beranggotakan 15 orang juga akan bertolak menuju Kathmandu, Nepal pada 1 Mei 2015, untuk ikut serta memberikan bantuan bagi para korban gempa bumi Nepal. Tim ini terdiri dari 7 orang relawan, 3 dokter, 3 jurnalis (media cetak dan TV), 1 anggota TNI, dan 1 anggota Pencinta Alam. Mereka dijadwalkan bertolak menuju Kathmandu pada Jumat pagi melalui Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Rombongan relawan Tzu Chi Indonesia yang dipandu oleh Kolonel Ckm dr. Ben Yura Rimba, MARS dari TNI Angkatan Darat (AD) menuju Khatmandu dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. Perjalanan diperkirakan menempuh waktu sekitar 31 jam di udara dengan rute Jakarta – Medan – Bangkok (Thailand) – Dhaka (Bangladesh) – Khatmandu (Nepal). Berbagai persiapan telah dilakukan sesuai dengan hasil survei yang telah dilaporkan oleh Tzu Chi Taiwan. Mulai dari pengenalan medan, persiapan melalui meeting, dan kesiapan fisik serta barang-barang bantuan apa saja yang dibutuhkan dan akan dibawa.

Kol. CKM Ben Yura Rimba Mars melakukan pengecekan terhadap barang bantuan yang akan diberikan oleh Tzu Chi untuk para korban gempa di Nepal.

Pada tahap pertama, bantuan yang diberikan difokuskan pada kebutuhan pokok para korban. Relawan membawa barang bantuan berupa 70 buah tenda, 500 buah terpal, 500 buah tikar, dan 1 ton nasi instan Jing Si, serta obat-obatan dan alat medis. Pemberian bantuan ini akan berkoordinasi langsung dengan tim Tzu Chi Taiwan yang telah lebih dahulu tiba di lokasi.

Artikel dibaca sebanyak : 2692 kali


Berita Terkait


Gempa Nepal: Kekuatan Sebuah Kertas

25 Mei 2015

Gempa Nepal: Menggunakan Cinta Kasih untuk Mengobati Luka Batin

12 Mei 2015

Gempa Nepal : Memulai Penyaluran Bantuan Lanjutan

07 Mei 2015

Gempa Nepal: Memberikan Tempat yang Layak Huni untuk Pengungsi

06 Mei 2015

Gempa Nepal : Berharap Bencana Segera Berlalu

04 Mei 2015


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat