Minggu, 21 Oktober 2018
Indonesia | English

Kepedulian bagi Korban Gempa di Sulawesi Tengah

09 Oktober 2018 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Dok. Tzu Chi Sinar Mas


Relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Gunung Mas juga turut menggalang donasi ke masyarakat. Penggalangan donasi ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2018.

"Cinta kasih yang tulus dapat menghangatkan batin yang menderita dan bersedih” Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tanggal 28 September 2018, bencana gempa yang disertai tsunami melanda wilayah Donggala, Palu, dan sekitarnya. Besarnya kekuatan gempa dan terjangan tsunami memporak-porandakan rumah warga,  bangunan, dan lainnya. Hingga kini, bencana tersebut telah merenggut lebih dari 1.600 korban jiwa, ribuan orang mengalami luka-luka, dan puluhan ribu orang mengungsi.

Kasmayadi (33 tahun), salah seorang relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah 1 sedang berada di lokasi pada saat bencana gempa terjadi, tepatnya di sekitar Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah. Dirinya bersama istri, tiga orang anaknya, dan satu orang keponakannya berada di Palu dalam rangka pulang ke rumahnya sekaligus berlibur. Kasmayadi merupakan karyawan perkebunan Sinar Mas wilayah Tasik Mas, Kalimantan Tengah. Dirinya tengah cuti untuk melakukan kunjungan ke kampung halaman. Kasmayadi bersama seluruh keluarga selamat, walaupun sempat melalui situasi yang mendebarkan pada saat gempa dan tsunami menerjang.


Kasmayadi (kanan) berkumpul bersama relawan Tzu Chi lainnya yang telah tiba di Palu untuk memberikan bantuan kepada para korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.


Relawan Tzu Chi Sinar Mas diberbagai wilayah juga turut melakukan penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Palu, seperti yang dilakukan oleh relawan Downstream Lampung.

“Kami sedang di anjungan bermain dekat pantai pada waktu kejadian. Pas gempa kami panik, besar sekali guncangannya, pas tsunami datang kami terpencar. Saya sempat terpisah delapan jam. Jam 3 subuh baru ketemu sama istri dan anak-anak. Semuanya selamat,” ungkapnya sambil membayangkan kembali ketakutan yang ia rasakan pada saat kejadian.

Setelah melewati beberapa hari di pengungsian, pada hari Kamis 4 Oktober 2018, Kasmayadi pun bertemu dan berkumpul dengan relawan Tzu Chi Indonesia yang telah berada di Palu.

“Saya dan warga di sini senang relawan Tzu Chi hadir di sini membawa logistik bantuan dan tim medis. Kami harus optimis Palu dan sekitarnya bisa bangkit,” ujarnya.

Sebagai wujud syukur, ia pun turut bersumbangsih membantu korban gempa lainnya. Kasmayadi bersama relawan Tzu Chi lainnya bersama-sama bergerak menyalurkan bantuan.

Tidak hanya Kasmayadi, relawan Tzu Chi Sinar Mas dari berbagai wilayah juga turut bergerak. Melihat keadaan dan kesedihan yang dialami para korban, para relawan Tzu Chi Sinar Mas yang berada di wilayah lainnya tergerak untuk turut mengobati rasa kesedihan dan kehilangan para korban melalui penggalangan donasi bagi korban gempa Donggala, Palu, dan sekitarnya.


Penggalangan kepedulian dalam bentuk donasi ini juga dilaksanakan oleh relawan Xie Li Siak.


Relawan juga bergerak galang donasi di wilayah perkantoran Head Office MSIG, Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Dimulai pada tanggal 1 oktober 2018, relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Gunung Mas, Siak, Downstream Lampung mulai bergerak dan berkeliling mengumpulkan donasi. Kemudian pada 2 oktober 2018, relawan yang berasal dari Xie Li Downstream Dumai juga bahu-membahu mengumpulkan wujud kepedulian melalui donasi.

Pada waktu yang sama, para relawan Xie Li Thamrin juga berkeliling mengumpulkan donasi di gedung Head Office Sinarmas Land Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat dan gedung Head Office MSIG, Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Donasi yang terkumpul tidak hanya berasal dari karyawan dan masyarakat di sekitar unit usaha Sinarmas Agribusiness and Food saja, tetapi juga unit usaha lainnya, seperti Bizzy, yang juga berlokasi di gedung MSIG.

Pada tanggal 4 oktober 2018, relawan dari Xie Li Sumatera Utara juga bergerak mengumpulkan donasi di sekitar wilayah perkebunan Sinar Mas. Kemudian keesokan harinya relawan Xie Li Downstream Tarjun juga berkeliling mengumpulkan donasi di sekitar pabrik di wilayah Kalimantan Selatan. Penggalangan hati ini terus berlanjut, keinginan untuk turut mengubah kesedihan para korban menjadi ketabahan dan kekuatan melalui bantuan donasi dilaksanakan di berbagai Xie Li.

Tzu Chi Sinar Mas mengajak semua insan untuk peduli dan mendoakan agar para korban dapat selamat dan memulihkan kehidupannya. Bantuan yang diberikan melalui para relawan Tzu Chi Sinar Mas selanjutnya disalurkan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk membantu para korban bencana gempa di Donggala, Palu, dan sekitarnya.


Tidak hanya karyawan perkebunan Sinar Mas, relawan Downstream Dumai juga turut bersumabngsih dalam penggalangan dana dari masyarakat sekitar.

Kiranya semakin banyak hati yang tergerak untuk membantu dan memberi kekuatan bagi saudara-saudara yang sedang berduka. Kami juga mengajak Anda untuk turut berbagi cinta kasih melalui kepedulian yang dapat disalurkan ke:

Rekening Bank Sinarmas 0005-799-899

A.n Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia

*mohon mencantumkan ”Palu” pada slip transfer atau angka "3" pada nominal terakhir donasi yang di transfer

Atau

Rekening BCA 865-002-4681

A.n Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia


Editor: Yuliati

Artikel dibaca sebanyak : 272 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat