Minggu, 22 September 2019
Indonesia | English

Kesadaran untuk Mencintai Bumi yang Terus Meningkat

12 Agustus 2019 Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Lukman(Tzu Chi Medan)


Su Pun Wui Shixiong menjelaskan tentang daur ulang kepada warga di Komplek Grand Polonia.

Bertambahnya titik daur ulang di Komplek Grand Polonia disambut dengan antusias oleh warga. Sebelumnya, setiap hari Kamis mobil daur ulang selalu berkunjung ke Komplek Grand Polonia serta mengambil barang–barang daur ulang dari rumah ke rumah. Karena melihat warga yang semangat mengumpulkan barang daur ulang, Tzu Chi Medan akhirnya membuat titik daur ulang di Komplek Grand Polonia.

Titik daur ulang ini pun diresmikan oleh komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Medan Selatan pada Minggu 7 Juli 2019. Acara dimulai pukul 10 pagi, MC memberi kata sambutan serta pengenalan tentang Tzu Chi kepada warga yang sudah berkumpul di aula serbaguna Komplek Grand Polonia. Warga juga dibekali pengetahuan tentang daur ulang yang dibawakan oleh Su Pun Wui shixiong. 

Su Pun Wui menjelaskan dengan detil barang apa saja yang bisa didaur ulang kembali, serta mengajak warga di sana untuk bersama-sama menjaga Bumi ini.


Johan Hendra memberikan kata sambutan kepada relawan Tzu Chi dan warga yang datang.


Relawan bersama warga memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga.

“Kami juga dibekali dengan pengetahuan tentang daur ulang yang kurang kami ketahui saat ini serta kegiatan Tzu Chi. Sebelum adanya titik daur ulang ini kami mengumpulkan barang-barang ini di rumah masing-masing. Harapan saya dengan adanya titik daur ulang bisa bermanfaat bagi semua warga,” tutur Johan Hendra selaku penanggung jawab Komplek Grand Polonia Medan.

Acara pun dilanjutkan dengan menampilkan isyarat tangan yang berjudul Satu Keluarga di mana relawan lebih dulu memperagakan isyarat tangan tersebut kemudian warga bersama-sama ikut  memperagakan. Setelah isyarat tangan selesai, relawan mengajak warga menuju ke Titik Kumpul (Green Point) yang ada di lapangan. Sebagai tanda resminya Titik Kumpul yang berada di Komplek Grand Polonia, ada beberapa warga yang datang dengan membawa beberapa barang daur ulang yang telah dikumpulkan dan diletakkan ke dalam keranjang yang telah disediakan di Titik Kumpul (Green Point).


Foto bersama relawan dan warga.

“Dengan adanya titik daur ulang, kami berharap bisa mengurangi sampah di lingkungan sekitar kita dan dunia ini, serta mengajak warga-warga di sini melakukan daur ulang karena pentingnya daur ulang itu untuk kondisi bumi saat ini,” ucap Lukman sebagai Kordinator Utama dalam kegiatan ini.

Melihat semangat warga di Komplek Grand Polonia yang sering mengumpulkan barang daur ulang serta menyerahkan barang daur ulang yang telah dikumpulkan, menbuat relawan semakin percaya akan terwujudnya dunia yang hijau dan sehat. Seperti kata perenungan Master Cheng Yen bahwa, “Orang yang melalui setiap hari tanpa berbuat sesuatu, berarti ia telah menyia-nyiakan hidupnya. Orang yang aktif bersumbangsih, baru disebut telah menciptakan sesuatu di dalam hidupnya.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 160 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat