Rabu, 20 November 2019
Indonesia | English

Kunjungan Presiden Jokowi ke Perumahan Tzu Chi di Palu

29 Oktober 2019 Jurnalis : Arimami Suryo A.
Fotografer : Arimami Suryo A.

Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Kota Palu juga menjadi perhatian Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo. Dalam kesempatan kunjungan kerjanya, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri mengunjungi Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah pada Selasa, 29 Oktober 2019.

Didampingi ibu negara dan jajaran menteri, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Sulteng Longki Djanggola, dan Walikota Palu Hidayat, Presiden Joko Widodo disambut langsung oleh Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma dan Franky O Widjaja, beserta relawan Tzu Chi Indonesia lainnya di lokasi Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako.

Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma dan Franky O Widjaja menyambut langsung Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo saat berkunjung ke Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungannya, presiden juga diberikan pemaparan tentang kegiatan Tzu Chi Indonesia dalam membantu memulihkan kondisi Kota Palu pascabencana gempa bumi, likuefaksi, dan tsunami pada September 2018 lalu. Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo juga meninjau salah satu rumah yang dibangun Tzu Chi Indonesia untuk para korban bencana di Kota Palu.

Setelah diberi pemaparan serta mengunjungi salah satu rumah yang berlangsung selama 30 menit lebih, Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi apa yang dilakukan Tzu Chi Indonesia dalam membangun perumahan yang relatif cepat pengerjaannya. “Yang cepat ini bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, saya kira model-model seperti ini harus dikembangkan, sehingga pemerintah dan swasta bisa bekerja sama. Saya mengucapkan terima kasih atas nama pemerintah dengan bantuan yang sebagian telah selesai ini,” ungkap Presiden Joko Widodo.


CEO DAAI TV Indonesia, Hong Tjhin menjelaskan kepada Presiden Joko Widodo kegiatan Tzu Chi Indonesia dalam membantu memulihkan Palu dan sekitarnya pascabencana gempa, tsunami, dan likuefaksi pada September 2018 silam.


Presiden Joko Widodo meninjau langsung rumah yang dibangun Tzu Chi Indonesia untuk para korban bencana di Palu dan sekitarnya.

Apresiasi dan Progres Pembangunan Huntap Yang Baik
Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma merasa senang dengan adanya kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Perumahan Cinta kasih Tzu Chi Tadulako, Kota Palu. “Tanggapan Bapak Presiden sangat puas sekali, bahwa untuk bangunannya sangat-sangat manusiawi. Dan saya rasa kalau sudah jadi rumahnya, ini bisa bisa menyembuhkan luka warga yang rumahnya hancur. Mudah-mudahan nantinya mereka di sini bisa betah, berkembang (kehidupannya), bisa mencari nafkah, dan memulai hidup yang baru,” jelas Sugianto Kusuma.

Saat mendampingi Presiden Joko Widodo mengunjungi salah satu rumah, Sugianto kusuma juga menjelaskan target selesainya perumahan yang dibangun Tzu Chi di tahun 2020 nanti. “Saya rasa planning kita sudah jelas, sebelum Lebaran 2020 harus selesai semuanya supaya warga bisa pindah dan ada harapan baru. Tzu Chi kan juga melakukan pendampingan nantinya kepada warga,” tambahnya.


Presiden RI Joko Widodo beserta ibu negara berfoto bersama dengan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.


Didampingi relawan Tzu Chi Indonesia, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia atas pembangunan perumahan kepada awak media yang hadir dalam kunjungan Presiden RI ke Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Franky O. Widjaja yang juga ikut menemani Presiden Joko Widodo berkunjung juga sempat menyimak pesan dan apresiasi dari Presiden RI tersebut. “Pak Presiden bilang kaget karena jadinya cepat sekali karena beliau tinjau tempat lain tidak begitu,” kata Franky O. Widjaja.

Franky O. Widjaja yang meninjau sendiri progres pembangunan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Palu ini juga melihat bangunan yang nantinya akan diberikan ke warga sangat baik dan sangat layak kondisinya. “Saya rasa itu seperti yang Master Cheng Yen, pendiri Tzu Chi katakan bahwa apa yang kita mau berikan ke warga ya harus bisa kita tinggali sendiri. Itu sudah menjadi standar di Tzu Chi untuk diberikan kepada warga supaya nantinya mereka bisa kembali confident dan memiliki harapan baru ke depannya,” kata Franky O. Widjaja menjelaskan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 1250 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat