Sabtu, 21 September 2019
Indonesia | English

Kunjungan Mahasiswa dari Negara Tetangga

02 Agustus 2019 Jurnalis : Henny (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Ryanto Budiputra, Hasan Tiopan, Gunawan Halim (Tzu Chi Medan)


Tony Honley, Manajer Operasional DAAI TV Medan menjelaskan Visi dan Misi DAAI TV kepada para mahasiswa dari Malaysia.

Tzu Chi Medan mendapat kunjungan dari mahasiswa medis dari negara tetangga yakni Malaysia dalam dua hari yaitu pada Sabtu 13 dan Minggu 14 Juli 2019. Tiga puluh lima  mahasiswa jurusan medis yang datang berkunjung ini ada yang berasal dari negara Maldives, Srilanka, Filipina, Singapura, dan Malaysia. Di hari pertama pada Sabtu 13 Juli 2019, kunjungan para mahasiswa medis dari Malaysia tersebut didampingi oleh relawan Tzu Chi Medan mengunjungi salah satu rumah sakit kota Medan yaitu Rumah Sakit Murni Teguh dari pagi hingga tengah hari. Dari kunjungan ke rumah sakit, para mahasiswa dibawa ke Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Medan di Komplek Jati Junction No.P1, Jalan Perintis Kemerdekaan untuk makan siang bersama. 

Rombongan mahasiswa medis yang berkunjung ke Tzu Chi Medan kemudian berkumpul di lantai 5 untuk mendengarkan sharing dari Tony Honkley mengenai Visi dan Misi DAAI TV lalu mengunjungi kantor dan ruang kerja DAAI TV Medan. Jingsi Books & Cafe Medan yang berada di lantai 1 pun tidak luput dari kunjungan mereka. Natassia dan Yenny menjelaskan apa itu Jingsi, barang apa saja yang ada di Jingsi Books & Cafe Medan serta manfaat produk yang ada di Jingsi Books & Cafe Medan.


Para Mahasiswa International Medical University mengunjungi ruang kerja DAAI TV Medan.

Dari Jingsi Book & Cafe Medan rombongan mahasiswa medis mengunjungi Depo Pelestarian Lingkungan Mandala, Jalan Pukat VII Gang Indah No. 17 Medan untuk mendengarkan sejarah dibangunnya Perumahan Cinta Kasih Bakung di Jalan AR. Hakim lingkungan XII Gang Bakung yang lokasinya tidak jauh dari Depo Pelestarian Lingkungan Mandala. Tidak hanya mendengarkan sejarahnya, para mahasiswa juga mengunjungi langsung Perumahaan Cinta Kasih Tzu Chi Bakung dengan didampingi oleh 11 relawan Tzu Chi.

Kok An adalah salah satu anak warga Perumahan Cinta Kasih Bakung yang merasa sangat senang mendapat kunjungan Mahasiswa dari Malaysia. Ia pun mengikuti rombongan mahasiswa berkeliling melihat kehidupan di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Bakung. Ketika rombongan mahasiswa melewati rumahnya, Kok An memperkenalkan neneknya kepada rombongan mahasiswa. Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan mereka menuju rumah Lai Heng. Tiba-tiba Kok An bergegas pulang ke rumahnya dan tidak lama kemudian ia datang kembali dengan membawa dua buah boneka yang masih baru. Boneka itu ia dapatkan dari hasil bermain di salah satu wahana bermain di Medan. “Apakah boneka ini boleh untuk kakak-kakak?” tanya Kok An kepada relawan. Relawan pun mengizinkan Kok An memberikan bonekanya kepada mahasiswa dari Malaysia dengan perasaan haru dan bahagia. Sungguh sebuah jalinanan jodoh yang sangat indah.


Untuk lebih  mengenal Misi Pelestarian Tzu Chi Medan, para mahasiswa International Medical University mengunjungi Depo Pelstarian Lingkungan Tzu Chi Medan Cemara Asri.

Hari kedua,  Minggu, 14 Juli 2019 para  Mahasiswa Medical University International berkumpul di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Komplek Cemara Asri Jalan Cemara Boulevard Blok G/1 No.1-3 Medan pukul 09.00 WIB. Rombongan  dibagi menjadi delapan kelompok untuk mengikuti relawan melakukan kunjungan kasih ke-16 rumah penerima bantuan  Tzu Chi Medan dan ke satu sekolah yang bekerja sama dengan Tzu Chi Medan yaitu Sekolah Putra Bangsa Berbudi Medan.

Sepulangnya melakukan kunjungan kasih bersama relawan Tzu Chi Medan, rombongan mahasiswa makan siang bersama. Kemudian mereka mengunjungi Depo Pelestarian Cemara Asri, lalu diajak untuk sharing pengalaman mereka melakukan kunjungan kasih. Mereka mengaku baru sekali ini bisa melihat langsung penderitaan manusia. Perasaan bersyukur pun ikut tumbuh pada diri mereka jika dilihat dari kehidupan mereka yang sekarang. Rasa haru menyelimuti para mahasiswa melihat sumbangsih para relawan Tzu Chi yang begitu bersungguh hati membantu dan mendampingi orang yang menghadapi masalah atau penderitaan dalam mengarungi cobaan hidup ini.


Pembagian souvenir kepada Mahasiswa International Medical University sebagai kenang-kenangan “Terima kasih atas sambutan dan pendampingan yang luar biasa selama kami di sini,” kata Goh You, salah satu mahasiwi mewakili teman-temannya. 

Sebelum para mahasiswa menyaksikan kilas balik kunjungan mereka dalam dua hari, terlebih dahulu Agnes Jauhari memberikan pesan cinta kasih kepada para Mahasiswa International Medical University. Setelah itu Agnes membagikan suvenir kepada para mahasiswa sebagai kenangan. “Terima kasih atas sambutan dan pendampingan yang luar biasa selama kami di sini,” kata Goh You, salah satu mahasiwi mewakili teman-temannya. Goh You juga menyampaikan cenderamata dari International Medical University Malaysia kepada relawan Tzu Chi Medan. Mendapatkan pelayanan layaknya keluarga dan orang tua sendiri dalam dua hari kunjungan membuat mereka tidak dapat melupakan kunjungan mereka kali ini. Mereka mengaku mendapatkan banyak pengetahuan dalam kunjungan ke Tzu Chi Medan. Hati mereka juga tergerak untuk memberikan donasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Medan dengan harapan semoga dana yang mereka donasikan bisa membantu meringankan penderitaan orang lain.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 245 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat