Rabu, 02 Desember 2020
Indonesia | English

Kursi Roda yang Dinantikan

11 Mei 2016 Jurnalis : Khusnul Khotimah
Fotografer : Arimami Suryo A


Teguh Bunarto Tjhai, relawan Tzu Chi dari He Qi Barat sedang membantu Khusnul (tengah) dalam penyerahan simbolis 10 kursi roda kepada warga Jakarta Barat yang membutuhkan.

Raut wajah Khusnul (12 tahun) sejak pagi terlihat sumringah. Usai bangun tidur, ibunya Rohami segera memandikannya, memakaikan baju favorit putri kesayangannya untuk hadir dalam acara bakti sosial yang digelar Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Kodim 05/03 Jakarta Barat. Rupanya Khusnul yang merupakan penyandang kebutuhan khusus ini mengerti, ia akan menerima bantuan kursi roda.

“Kemarin saya bilangin akan dapat kursi roda, langsung dia semangat. Saya senang karena Khusnul tak bosan lagi. Tadi saja dia tak mau turun dari kursi roda,” ujar Rohami usai mengantar anaknya menerima bantuan kursi roda dari Tzu Chi di Komplek TPU Islam Tegal Alur Kalideres Jakarta Barat, lokasi digelarnya bakti sosial, Rabu, 11 Mei 2016.

Sejak usia empat tahun, Khusnul tak bisa berjalan dan juga berbicara. Berawal dari sakit panas lalu berlanjut kejang. Permohonan bantuan berupa kursi roda sebelumnya sudah pernah Rohami sampaikan pada berbagai pihak, diantaranya Perkumpulan Ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di Kecamatan Kalideres. Namun baru kali ini harapannya terpenuhi. Profesinya sebagai buruh cuci dan suaminya yang seorang tukang ojek, seringkali membuat tabungan untuk membeli kursi roda akhirnya terpakai untuk kebutuhan lainnya. Karena itu ia mengaku sangat senang dengan bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi tersebut. “Selama ini Khusnul tidak pernah ke mana-mana untuk sekedar jalan-jalan. Kalau ada rezeki saya mau ajak rekreasi,” tambahnya.

Beberapa relawan Tzu Chi beserta staf Yayasan Buddha Tzu Chi berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam pembukaan Pencanangan TNI Manunggal Kesehatan dan Keluarga Berencana.


Teguh Bunarto Tjhai (dua dari kiri), berfoto bersama Walikota Jakarta Barat, H.M. Anas Efendi, SH, MM dan perwakilan dari Pangdam Jaya, Kolonel Arm. Broto Guncahyo, S.Sos dalam kegiatan Pencanangan TNI Manunggal Kesehatan dan Keluarga Berencana di jalan Benda Raya, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

Teguh Bunarto Tjhai, relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Barat mengaku bantuan 10 kursi roda bagi penyandang kebutuhan khusus dari keluarga yang tidak mampu ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh KODIM 05/03 Jakarta Barat. “Kebetulan kan Tzu Chi ada kerjasama dengan TNI, jadi Tzu Chi diajak kerjasama untuk memberi bantuan berupa kursi roda. Kebetulan setelah disurvei, di daerah ini banyak yang membutuhkan kursi roda,“ kata Teguh, mewakili relawan lainnya.

Kegiatan ini berlangsung meriah. Warga di Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat antusias mengikuti berbagai kegiatan seperti layanan kesehatan umum, pembagian akta kelahiran, penyerahan bibit pohon dan bibit lele serta pembagian sembako.

Rohami, ibu dari Khusnul yang merupakan salah satu warga yang menerima bantuan berupa kursi roda pada saat acara Pencanangan TNI Manunggal Kesehatan dan Keluarga Berencana.

Sementara itu Irdam Jaya Kolonel Arm Broto Guncahyo menyampaikan kegiatan yang digalakkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini merupakan bentuk dari penguatan soft power yang menjadi tugas TNI. Menurutnya musuh datang dari semua penjuru sehingga tak mungkin TNI hanya melakukan penguatan dari sisi militer. Karena itu masyarakat yang sehat sangat penting untuk diwujudkan.

“Sehingga hard power bergabung dengan soft power itu kan jadi smart power. Tanpa pemuda yang sehat dan kuat maka tak bisa dibangun komponen utama pertahanan, “ujar Irdam Jaya Kolonel Arm. Broto Guncahyo.

Hadir dalam acara ini Walikota Jakarta Barat Anas Effendi yang mengajak masyarakat untuk menyukseskan program Keluarga Berencana. Menurutnya, keluarga yang sehat dan sejahtera memang harus direncanakan termasuk jumlah anak.

Artikel dibaca sebanyak : 2496 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat