Rabu, 21 Oktober 2020
Indonesia | English

Langkah Penting Menuju Pola Hidup Sehat

03 September 2020 Jurnalis : Supardi (Tzu Chi Batam)
Fotografer : Supardi (Tzu Chi Batam)


Tim Konsumsi mempersiapkan gulai di hari pertama PO Catering.

Bervegetaris Sebenarnya Sangat Mudah, inilah tema yang diangkat oleh relawan Tzu Chi Batam dalam menggalakkan pola makan vegetaris di Bulan 7 Penuh Berkah ini. Setelah menghimpun peserta untuk bervegetaris lewat serangkaian sosialisasi, Tzu Chi Batam juga mengadakan PO Catering untuk mempermudah peserta menginjak langkah pertama mereka menuju pola hidup sehat.

PO Catering merupakan program di mana peserta yang telah berikrar untuk bervegetaris selama minimal 15 hari dapat memesan Catering Vegetaris dengan mendonasikan Rp 10.000,- per porsi. Program ini diselenggarakan selama 7 hari berturut-turut atau lebih tepatnya dari tanggal 20-26 Agustus 2020.

 

Tzu Chi Batam membuka PO Catering Vegetarian dari tanggal 20-26 Agustus 2020.


Hidangan vegetarian ini diisi ke dalam tas daur ulang yang telah ditempelkan dengan nama pemesan.

“Kali ini program kita berbeda banget. Pertama kita sebut sebagai PO Catering karena kita berjalan selama 7 hari berturut-turut. Ini terus terang menjadi tantangan buat kami karena relawan tiap hari keluar dan berkegiatan itu susah sehingga kita akan maksimalkan 7 hari. Kita juga ingin peserta bisa usaha sendiri juga untuk bervegetaris ini.” Tutur Yasin Zhu, Koordinator Kegiatan He Qi Batam.

Program PO Catering ini diikuti oleh sebanyak 400 orang peserta dan melibatkan 70 orang relawan konsumsi dan pelayanan konsumsi. Agar rantang catering sudah bisa dijemput pada pukul 10.00 WIB, relawan tim konsumsi sudah tiba di Dapur Aula Jing Si Batam sejak pukul 6 pagi. Saat tim konsumsi selesai memasak 4-5 jenis masakan vegetaris pada pukul 10.30 WIB, tim pelayanan konsumsi segera mengisi satu per satu rantang dengan nasi serta lauk-pauknya. Kemudian, rantang tersebut diisi ke dalam kantong daur ulang untuk dapat segera diangkut oleh peserta.

 

Dengan mendonasikan Rp 10.000,- per porsi, peserta program Tulus Bervegetaris dapat menikmati catering vegetarian selama satu pekan.


Relawan mendaurulang setiap kantong plastik yang digunakan.

Untuk menjamin keselamatan peserta dan juga relawan, Tzu Chi Batam memberlakukan beberapa protokol kesehatan umum seperti cek suhu, masker dan pembatasan fisik. Namun, agak berbeda dengan kegiatan Catering Vegetaris pada umumnya, relawan menaruh perhatian pada kebersihan diri, lingkungan serta kotak catering yang dikembalikan.

“Biasanya kalau orang kembaliin kotak, kita lihat kalau berminyak kita singkirkan untuk dibersihkan lagi. Kalau tidak berminyak, kita tidak cuci lagi. Karena Covid ini, kita bersihkan semua agar higienis,” terang Sukimah, Koordinator Tim Pelayanan Konsumsi.

 

Setiap pagi relawan berdoa agar kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

Salah satu peserta yang PO Catering ini ialah Suwati, relawan seragam Abu-logo Tzu Chi Batam. Lewat program ini, ia dapat mengajak anggota keluarganya sebanyak 8 orang untuk turut bervegetaris. Kerinduannya untuk mengajak keluarga untuk bervegetaris timbul saat mengikuti pelatihan relawan 4-in-1. Lewat sharing dan gambar perbandingan usus orang yang vegetarian dan yang tidak, Suwati sadar bahwa vegetaris mendatangkan dampak yang besar bagi kesehatan. Sejak saat itu, timbullah niatnya untuk bervegetaris serta mengajak segenap keluarganya untuk bervegetaris.

“Saya bahagia banget bisa mengajak saudara saya, tepatnya keluarga. Papa sama ipar saya itu susah banget untuk vegetarian mereka itu setiap hari tidak bisa tanpa daging. Pas berhasil atau pas mereka mau itu, itu kebahagian buat saya,” ungkap Suwati.

 

Sukimah menghitung kotak catering yang dikembalikan oleh peserta.

Lewat program Tulus Bervegetaris serta program PO Catering He Qi Batam, insan Tzu Chi di Kota Batam seperti Suwati memiliki momen dan sarana untuk mengajak keluarga, rekan kerja dan orang sekitar untuk bervegetaris. Sampai dengan hari terakhir PO Catering, Tzu Chi Batam telah berhasil mempersiapkan 3.400 porsi catering. Semoga para peserta dapat terus melanjutkan ikrar mereka bahkan melampaui hari yang ditentukan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 340 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat