Senin, 26 Agustus 2019
Indonesia | English

Makanan yang Baik untuk Kesehatan

17 Juni 2016 Jurnalis : Nuraina 傅麗蓉 (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Amir Tan 陳俊賓 (Tzu Chi Medan)

Dokter Johan MRCP (UK), Dip.Acc memberikan sharing tentang pentingnya pengetahuan tentang bagaimana mengkonsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari pada tanggal 7 Juni 2016.

Selasa, 7 Juni 2016, Tzu Chi Medan mengundang pakar kesehatan dari Singapura yaitu Dokter Johan MRCP (UK), Dip.Acc untuk menerangkan tentang pentingnya pengetahuan tentang bagaimana mengkonsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sayuran dan buah apa saja yang baik bagi tubuh dan bagaimana mencuci sayuran agar terbebas dari pestisida yang diselenggarakan di Jing Si Books and café Medan.

Acara dibuka oleh Juliana selaku pembawa acara dengan pengenalan singkat fungsi Jing Si Books and café, yaitu  dengan suasana tenang kita bisa merelaksasi batin, menenangkan diri sekaligus mempelajari intisari ajaran Master Cheng Yen lewat buku-buku yang dapat dibaca di Jing Si Books and cafe. Jing Si Books & Café mengemban tugas mewariskan intisari Dharma Jing Si, diharapkan keluarga dan seluruh komunitas dapat memanfaatkannya sebagai sarana relaksasi. Juliana juga menunjukkan produk-produk yang dijual adalah makanan yang bergizi seperti produk biji-bijian, sereal.

Jing Si Books and Cafe penuh dengan relawan dan tamu yang berjumlah 157 orang, sampai di setiap sisi diisi dengan kursi dan memenuhi ruangan.

Awal terciptanya sereal kacang-kacangan bermula dari seorang ahli gizi dari Kaohsiung yang merasa tersentuh atas kesibukan Master Cheng Yen yang setiap hari bekerja demi ajaran Buddha dan demi semua makhluk hidup. Agar kondisi fisik tetap prima untuk mencukupi asupan nutrisi Master, beliau mengajarkan kepada para biksuni di Griya Jing Si bagaimana memanaskan sereal hingga mengembang kemudian digiling hingga menyatu dan cukup diseduh dengan sedikit air akan menjadi makanan lezat dan kaya nutrisi. Produk ini sangat kaya nutrisi. Tidak hanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga dapat memberi manfaat tambahan pada fungsi pencernaan, maka tercetuslah niat untuk berbagi tentang sereal kacang-kacangan ini ke masyarakat luas.

Pada tahun 1984, sereal kacang-kacangan mulai diteliti dan dikembangkan akhirnya setahun kemudian mulai diedarkan. Ini merupakan produk makanan buatan dari Griya Jing Si yang memiliki sejarah tradisional dan makna yang kaya dan mendalam. Dengan cita rasa yang wangi, lembut dan hygienis serta bergizi, produk sereal mendapatkan sambutan yang baik dan reputasi yang luar biasa, sehingga tidak sedikit masyarakat yang menyukai produk ini.

Peserta Jing Si Talk kali ini sangat antusias mengikuti sharing yang diberikan pakar kesehatan dari Singapura yang di adakan di Jing Si Boks and Café Medan.

Di sela-sela acara, tim isyarat tangan membawakan lagu Gei Ni dan dengan gaya yang begitu familiar, Dr. Johan memulai topik pembahasan. Tamu dan juga relawan mendengarkan dengan seksama, karena materi yang dibawakan menyangkut kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita yang sering salah tafsir dan salah mengatur pola makan. Jing Si Books and Cafe penuh dengan relawan dan tamu, sampai di setiap sisi diisi dengan kursi dan memenuhi ruangan.

Koordinasi acara Jing Si Talk, Jusni Lina merasa sangat gembira  melihat  tamu dan relawan begitu serius mendengarkan pembahasan dari Dokter Johan. Sebangak 157 orang datang dalam acara ini bukan hanya datang untuk mendengarkan pemaparan dari dokter, melainkan interaksi tanya jawab juga mengalir karena rasa ingin tahu mereka. "Ini sesuai dengan tujuan diadakannya Jing Si Talk yaitu Eat Right is Wisdom, cara makan yang benar adalah kebijaksanaan dan bervegetarian adalah hidup yang sehat," tutur Jusni.

Artikel dibaca sebanyak : 2618 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat