Memberi Perhatian Kepada Para Lansia

Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Rel. Dokumentasi Tzu Sinar Mas


Kebahagiaan terlihat dari wajah para penerima bantuan ketika menerima bingkisan cinta kasih dari relawan. Perhatian ini menjadi penyemangat mereka dalam  menjalani hidup di usia senjanya.

“Anak yang berbakti pada orang tua adalah anak yang paling beruntung.”

(Master Cheng Yen)

 

Pagi itu langkah relawan beriringan menuju lokasi kegiatan kunjungan kasih. Semangat untuk menebar cinta kasih inilah yang menjadi kekuatan bagi para relawan untuk memberikan perhatian dan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tujuh orang relawan Tzu Chi Sinar Mas, Xie Li Kalimantan Selatan 2 pada tanggal 25 Mei 2019 melakukan kegiatan kunjungan kasih ke  desa-desa di sekitar Perkebunan Sungai Magalau di wilayah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kegiatan kunjungan kasih ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen relawan Tzu Chi dalam membantu masyarakat sekitar. Kali ini ada tujuh orang relawan Tzu Chi Sinar Mas yang berpartisipasi melaksanakan kunjungan kasih bagi orang tua lanjut usia.


Selain memberi paket bantuan kebutuhan sehari-hari, relawan Tzu Chi juga menghibur dan memberikan motivasi kepada mereka (penerima bantuan) yang berusia lanjut (lansia).


Relawan Tzu Chi juga menjadi “pendengar” yang baik dalam mendengarkan suka duka para penerima bantuan. Kehangatan seperti inilah yang memberi warna kekeluargaan menjadi sangat terasa.

Relawan berharap kunjungan kasih ini dapat meringankan beban para orang tua lanjut usia yang membutuhkan perhatian dan uluran tangan. Dalam kunjungan kasih ini relawan memberikan paket bantuan berupa bahan-bahan makanan, yang terdiri beras, minyak goreng, gula, teh, mi instan, dan telur.

Kondisi cuaca yang tidak menentu, hujan dan panas, serta jauhnya jarak rumah penerima bantuan yang satu dan lainnya tidak menjadi halangan bagi para relawan untuk tetap melaksanakan kegiatan kunjungan kasih ini. Semua letih dan lelah seolah terbayar ketika melihat kegembiraan dari para orang tua lanjut usia sewaktu bercengkarama dengan para relawan dan menerima bingkisan cinta kasih.


Kepada para lansia yang tengah sakit, relawan juga memberi semangat kepada keluarga untuk selalu sabar, sayang, dan merawat mereka.

”Makasih ya, sudah lihat kita di sini, sudah bawa makanan juga. Terima kasih sekali sudah menyempatkan lihat kami yang sudah tua ini,” ungkap Iyum dengan haru.

Sukacita para orang tua lanjut usia ini menjadi rasa syukur yang mendalam bagi para relawan atas kesempatan mereka untuk berbuat kebaikan. Melalui kunjungan kasih ini diharapkan semangat para orang tua lanjut usia ini dapat kembali menyala, serta menginspirasi masyarakat di sekitar desa untuk turut memberikan perhatian kepada mereka yang telah lanjut desa sehingga cinta kasih dapat dirasakan oleh lebih banyak oleh mereka yang membutuhkan.

Editor: Hadi Pranoto


Artikel Terkait

Paket Lebaran 2019: Paket Lebaran untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas di Desa Maruyung

Paket Lebaran 2019: Paket Lebaran untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas di Desa Maruyung

10 Juni 2019

Para relawan Tzu Chi Bandung terus meluangkan waktu untuk berbagi kasih dengan anak-anak penyandang disabilitas di Desa Maruyung. Pada kesempatan ini relawan Tzu Chi juga membagikan paket lebaran yang terdiri dari beras, minyak goreng dan bermacam biskuit bagi 32 anak berkebutuhan khusus.

Bersyukur Atas Apa Yang Kita Miliki

Bersyukur Atas Apa Yang Kita Miliki

24 April 2019

Untuk mengajari anak-anak Jingsi Ban (Kelas Kata Perenungan Master Cheng Yen) agar belajar bersyukur atas apa yang mereka miliki, mereka diajak berkunjung ke YAPENTRA. YAPENTRA yang berada di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara adalah yayasan yang memberikan pendidikan dan pelatihan kepada disabilitas netra yaitu mereka yang penglihatannya terganggu.

Kunjungan Kasih ke Panti Rehabilitasi Narkoba

Kunjungan Kasih ke Panti Rehabilitasi Narkoba

14 Maret 2019
Relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Siak melakukan kunjungan kasih di Panti Rehabilitasi IPWL Yayasan Mercusuar, Riau, Minggu, 10 Februari 2019. Relawan mengunjungi dua pasien mantan pecandu Narkoba yang tinggal di Panti Rehabilitasi ini. Relawan memberikan semangat serta dukungan moril kepada para pecandu agar berusaha untuk sembuh.
Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -