Selasa, 13 April 2021
Indonesia | English

Mendukung Program Vaksinasi Pemerintah Bagi Lansia

07 April 2021 Jurnalis : Supardi (Tzu Chi Batam)
Fotografer : Supardi (Tzu Chi Batam)


Tzu Chi Batam bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Batam dan Panguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar vaksinasi Covid-19 untuk lansia pada 30 Maret - 1 April 2021 di Aula Jing Si Batam.

Bertempat di Aula Jing Si Batam, Tzu Chi Batam bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Batam dan Panguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Kegiatan yang diselenggarakan pada 30 Maret - 1 April 2021 ini menyasar untuk para lansia di Kota Batam.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini melibatkan lebih dari 30 orang relawan Tzu Chi, 5 anggota PSMTI, dan 20 orang tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Pemkot Batam. Target pelaksanaan vaksisnasi ini pun melayani 500 lansia setiap harinya.

“Karena Animo masyarakat terutama lansia yang merupakan prioritas pelaksanaan vaksinasi itu sangat banyak di Kota Batam, maka membutuhkan ruangan sangat besar. Kami pun bekerja sama dengan Tzu Chi Batam agar vaksinasi ini dapat mencapai target yang diharapkan,” terang dr. Agnes Sintalia, Kepala UPTD BLUD Puskesmas Lubuk Baja.


Relawan Tzu Chi Batam membagikan masker medis untuk para peserta vaksinasi Covid-19 serta menghimbau untuk mematuhi protokol kesehatan.


Para lansia peseta vaksinasi Covid-19 dan pendampingnya menunggu giliran untuk vaksinasi Covid-19 di pelataran Aula Jing Si Batam.

Kesempatan untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah sekaligus melayani warga Kota Batam ini tentunya disambut baik oleh segenap relawan Tzu Chi Batam. Untuk mengakomodir ratusan lansia serta pendamping mereka, relawan Tzu Chi kemudian memasang beberapa tenda sementara di sekelilingi Aula Jing Si Batam.

Di bawah tenda-tenda tersebut terdapat ratusan kursi yang telah tersusun rapi dan berjarak 1 meter dari kursi lainnya. Dengan mengalokasikan sebagian besar aktivitas vaksinasi di luar gedung Aula Jing Si Batam, relawan Tzu Chi berharap dapat mengurangi resiko penularan selama kegiatan.

Tim Medis dari Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Indonesia menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan para peserta setelah divaksinasi.

Para warga yang datang untuk menerima vaksinasi Covid-19 gratis dari pemerintah kemudian disambut oleh relawan Tzu Chi. Sebelum memasuki area kegiatan, setiap peserta diminta untuk cek suhu tubuh dan mencuci tangan. Setelah menunjukkan kartu identitas dan mengisi formulir pernyataan, para peserta dan pendamping akan akan menjalani proses tanya-jawab, screening kesehatan, dan penyuntikan vaksin Covid-19. Setelah penyuntikkan, peserta akan diobservasi selama 30 menit dan pendamping akan dipersilahkan untuk menunggu di luar. Jika tidak timbul gejala alergi dan keluhan selama observasi, peserta pun diperbolehkan untuk pulang setelah menerima kartu vaksinasi dan bingkisan dari PSMTI yang berisi roti, air mineral, hand sanitizer dan tisu.

“Sebagai pelaksana vaksinasi ini dengan dibantu oleh Pemkot Kota Batam, Tzu Chi, dan Maitreya kita berharap bermanfaat dalam membantu melindungi masyarakat di Kota Batam dari pandemi Covid-19, sehingga ekonomi juga bisa berputar,” jelas Danny Handali, Perwakilan PSMTI.


Danny Handali, salah satu perwakilan dari PSMTI mengarahkan peserta vaksinasi Covid-19 ke area mengisian formulir pernyataan.

Baksos Vaksinasi Lansia yang berlangsung selama 3 hari ini berjalan dengan sangat aman dan tertib. Total sebanyak 1.815 warga lansia Kota Batam yang berhasil divaksinasi lewat kegiatan yang diselenggarakan di Aula Jing Si Batam ini.

“Sangat berterima kasih kepada relawan Tzu Chi yang sangat aktif dan dapat mengakomodir keinginan kami untuk mencapai target. Relawan sangat membantu dalam mengarahkan lansia dan sangat mengerti akan kebutuhan lansia dalam hal vaksinasi. Terutama sangat memperhatikan kebutuhkan dan keperluan teman-teman tenaga kesehatan,” kata dr. Agnes Sintalia.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel dibaca sebanyak : 273 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat