Rabu, 20 Maret 2019
Indonesia | English

Mengajarkan Kemandirian Melalui Daily Life Skill

08 Maret 2019 Jurnalis : Poppy Tanaka (He Qi Utara 1)
Fotografer : Poppy Tanaka (He Qi Utara 1)


Para siswa TK Tzu Chi Indonesia dibekali dengan tata krama kehidupan sehari-hari melalui kegiatan Daily Life Skill yang diadakan sejak 25 hingga 27 Februari 2019.

Setiap tahun, TK Tzu Chi Indonesia, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara mengadakan Minggu Budaya Humanis atau Ren Wen Week. Dengan tema Mencintai Gunung, Mencintai Air, Menghargai Sumber Daya Alam, kegiatan ini bertujuan agar para murid bisa belajar mencintai Bumi dengan tidak membuang sampah sembarangan, ikut serta dalam pelestarian lingkungan, dan juga menjadikan sampah menjadi hal yang bermanfaat.

Kegiatan ini diselenggarakan sejak 25 hingga 27 Februari 2019. Dimulai dengan Daily Life Skill, membuat dan bermain permainan, serta membuat kerajinan tangan dari sampah atau barang bekas. Kemudian pada 1 Maret 2019 diakhiri dengan sebuah pertunjukan drama, beberapa lagu, dan pertunjukan instrumen. Kegiatan Daily Life Skill ini juga dibantu oleh murid-murid SMP dan SMA Tzu Chi Indonesia.


Kegiatan ini mengajarkan para siswa untuk menghargai sumber daya alam, salah satunya dengan membuat permainan dari kertas bekas.


Hsu Min Yu laoshi, guru ren wen dan perancang kegiatan Daily Life Skill membimbing anak-anak untuk melipat baju yang merupakan bagian dari kegaitan Daily Life Skill.

Daily Life Skill ini dirancang oleh Lina Hon, koordinator Ren Wen, dan dibantu oleh Hsu Min Yu dan Li Jia Jung, guru Ren Wen di TK Tzu Chi. “Minggu Budaya Humanis kali ini, agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Hsu Min Yu laoshi, guru ren wen dan perancang kegiatan Daily Life Skill. “Tahun ini Minggu Budaya Humanis dan Daily Life Skill digabung menjadi satu,” lanjutnya.

Daily Life Skill bertujuan menjadikan murid-murid untuk lebih mandiri, sehingga mereka dibekali dengan bagaimana cara duduk, berdiri, dan berbaris dengan rapi. Tidak hanya itu saja, mereka pun dibekali dengan bagaimana cara memakai sepatu, wa tao, kaos kaki, baju sendiri, melipat baju dan sapu tangan, menyapu, mengelap meja, dan merapikan alat makan mereka sendiri.


Kakak-kakak dari SMP dan SMA Tzu Chi Indonesia turut membimbing dan memberikan penilaian kepada adik-adik di TK.

TK Sekolah Tzu Chi juga mengundang WWF (World Wide Fund for Nature) untuk menjelaskan kepada murid-murid akan pentingnya menjaga lingkungan, baik menjaganya dari sampah juga menjaga seisinya termasuk hewan. TK Tzu Chi juga berharap murid-muridnya dapat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan ikut serta dalam melestarikan lingkungan.


Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 149 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat