Sabtu, 15 Desember 2018
Indonesia | English

Mengantarkan Kehangatan Imlek kepada Oma Opa

13 Maret 2018 Jurnalis : Henny (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Dinarwaty, Liani (Tzu Chi Medan

doc tzu chi indonesia

Para Xiao Pu Sa menyuapi akong dan amma di Panti Jompo Taman Bodhi Asri Medan layaknya keluarga sendiri.

Yang paling nyaman dalam kehidupan manusia adalah kehangatan keluarga. Oleh karena itu pada Minggu, 4 Maret 2018 sebanyak 93 Xiao Pu Sa Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan mengunjungi Panti Jompo Taman Bodhi Asri Medan dalam rangka mengantarkan kehangatan keluarga pada suasana Imlek kepada akong dan amma di sana. Xiao Pu Sa didampingi oleh 47 Relawan & Da Ai Mama serta 50 orang tua murid bersatu hati memberikan kenyaman dan kehangatan layaknya keluarga sendiri.

Sebelum pukul 08.00 WIB Xiao Pu Sa berkumpul di Jingsi Book & Cafe, Komplek Grand Jati Junction Medan untuk bersama-sama menggunakan bus menuju ke panti. Setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang satu jam, Xiao Pu Sa tiba di lokasi dan segera berbaris turun dari bus menuju Aula Panti. Da Ai Mama membimbing para Xiao Pu Sa duduk di kursi yang telah disusun rapi oleh relawan tim akomodasi serta disambut oleh relawan tim penyambutan yang berbaris rapi di depan Aula Panti dengan wajah tersenyum.

Diiringi lagu-lagu Imlek Mandarin, suasana terasa sangat meriah penuh kehangatan keluarga. MC Mei Yen menyampaikan salam pembuka setelah itu semua yang hadir berfoto bersama sebelum acara dimulai. Ren Shi Ni Zhen Hao menjadi lagu pembuka dalam peragaan isyarat tangan yang disuguhkan oleh 8 orang relawan Da Ai Mama kepada akong dan amma di Panti itu kemudian dilanjutkan dengan Lagu Gong Xi Gong Xi.

doc tzu chi indonesia

Xiao Pu Sa didampingi oleh 47 Relawan & Da Ai Mama serta 50 orang tua murid bersiap-siap naik ke bus menuju ke Panti Jompo Taman Bodhi Asri.

doc tzu chi indonesia

Setelah melihat performa kesenian dari Xiao Pu Sa, para akong dan amma tak mau kalah untuk juga menunjukkan keterampilan yang mereka dapatkan di panti jompo dengan tarian serta isyarat tangan.

Perayaan Ulang Tahun untuk akong amma, Xiao Pu Sa, Daai Mama dan Papa Mama Xiao Pu Sa yang lahir di bulan Januari, Februari dan Maret di Panti turut memeriahkan acara pada hari itu. Mulai dari menyanyikan lagu selamat ulang tahun, prosesi memotong kue ulang tahun, dan menyuapkan kue kepada semua akong amma. Tampak semua akong dan amma sangat bergembira. Selain itu, Xiao Pu Sa juga ada yang memijat lembut pundak akong amma sambil bersenda gurau layaknya keluarga.

Sementara itu atraksi Barongsai Cilik persembahan dari para Xiao Pu Sa dan Dewa Rezeki membagikan Ang Pao juga tak luput dari daftar hiburan untuk akong dan amma pada hari itu. Di tengah-tengahnya ada juga perfoma isyarat tangan Xiao Pu Sa dengan lagu yang berjudul “Hao Khuai Le Hao Huan Xi”. Selain itu relawan Tzu Chi Andre Tanvis dan Harris menghibur akong dan amma dengan menyanyikan lagu nostalgia berbahasa Mandarin.

doc tzu chi indonesia

Para Xiao Pu Sa memijit pundak akong dan amma dengan lembut.

doc tzu chi indonesia

Sebagai wujud perhatian, para Xiao Pu Sa memberikan suvenir yang berisi koyo, minyak kayu putih dan handuk kecil untuk akong dan amma.

Setelah serangkaian acara yang dipersembahkan kepada akong dan amma, tanpa terasa hari juga sudah siang dan waktunya untuk makan siang bersama. Sebelum makan siang bersama, akong dan amma beserta para hadirin diajak untuk berdoa bersama sebelum menyantap makan siang yang telah disiapkan relawan konsumsi. Usai makan siang bersama, Xiao Pu Sa kembali menghibur akong amma dengan perfoma isyarat tangan lagu yang berjudul “Xing Fu De Lian”. Sebanyak 5 orang akong amma dan dua perawat tak mau ketinggalan untuk naik ke atas pentas memperagakan isyarat tangan lagu berjudul “Gan En De Xin” dan “Yi Jia Ren”. Perfoma isyarat tangan yang dipersembahkan oleh akong amma dan perawat mewakili 80 akong amma penghuni Panti Jompo Taman Bodhi Asri mengungkapkan rasa haru dan terimakasih serta rasa syukur yang mendalam.

“Tujuan diadakan kunjungan ini adalah agar Xiao Pu Sa dapat berbagi kebahagiaan kepada akong dan amma di panti jompo ini”, ungkap Kartini selaku Koordinator kegiatan kunjungan ke Panti Jompo tahun ini. “Semoga Xiao Pu Sa dapat lebih menghargai dan menyayangi orang tua”, imbuhnya. 

doc tzu chi indonesia

Cai Sen Ye dan atraksi Barongsai Xiao Pu Sa meramaikan suasana Imlek bersama akong dan amma. Cai Sen Ye juga membagikan angpao kepada akong dan amma.

doc tzu chi indonesia

Para Xiao Pu Sa, relawan & Da Ai Mama, serta orang tua murid berfoto bersama akong dan amma Panti Jompo Taman Bodhi Asri.

Yani, orang tua xiao Pu Sa Bryan Simon mengungkapkan harapannya kepada anak-anak bahwa harus menyayangi orang tua dan harus mengingat kasih sayang orang tua kepada anak. “saya senang sekali mengunjungi panti jompo dan akan kembali lagi ke sini karena saya bisa berbakti kepada orang tua dan menyuapi akong amma di panti jompo,” ungkap Jenita salah satu Xiao Pu Sa Kelas Baru.

Richerd, Xiao Pu Sa lainnya juga mengaku mendapatkan manfaat dari kunjungan ke panti jompo kali ini. “Saya akan menyayangi dan lebih berbakti kepada orang tua”, ungkapnya.

Sebagai penutup, Xiao Pu Sa membagikan parsel berupa handuk kecil, koyo tempel, dan minyak kayu putih kepada akong amma. Sebelum pulang MC Mei Yen dan para Daai Mama membimbing Xiao Pu Sa berpamitan kepada akong dan amah sambil melambaikan tangan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 544 kali


Berita Terkait


Sukacita Imlek Bersama Oma Opa

02 Maret 2018

Merayakan Ulang Tahun Dengan Berbakti pada Orang Tua

18 April 2017

Berbagi Kebahagiaan Tahun Baru Imlek

18 Maret 2015


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat