Rabu, 21 Oktober 2020
Indonesia | English

Mengenal Lebih Dekat Tzu Chi dan DAAI TV

28 Februari 2019 Jurnalis : Yuliati
Fotografer : Yuliati


Sebanyak 61 murid kelas 7 dan 8 SMP Siloam Depok didampingi 6 guru mengunjungi Yayasan Buddha Tzu Chi dan DAAI TV pada Rabu, 27 Februari 2019.

“Di sini saya mengetahui, kita bisa melakukan kebaikan kepada sesama dengan mengumpulkan uang (di celengan bambu) walaupun seberapa dikitnya untuk berbagi sesama,” ujar Silvani Y. Nabut, salah satu murid SMP Siloam Depok yang berkunjung ke Tzu Chi Center, Rabu 27 Februari 2019.

Usai mendapatkan pengenalan tentang Yayasan Buddha Tzu Chi dan Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi (SMAT) yang bertempat di Galeri DAAI lantai 1 Tzu Chi Center PIK Jakarta, 61 murid SMP Siloam Depok menerima celengan bambu Tzu Chi dengan penuh antusias. Tiga bulan mendatang, celengan bambu yang sudah mereka isi akan dituangkan bersama-sama.


Kepala SMP Siloam Julita H. Tambunan menuturkan bahwa dalam kunjungan mereka kali ini memilih Tzu Chi karena ingin mengetahui lebih dalam tentang organisasi kemanusiaan ini, dan DAAI TV dijadikan program pengenalan profesi untuk anak didiknya.

“Saya akan nabung tiap hari sampai penuh, nantinya disumbangin untuk orang yang membutuhkan,” ungkap Silvani tersenyum bahagia.

Kesungguhan hati Silvani untuk membantu sesama melalui celengan bambu Tzu Chi ternyata sesuai harapan Kepala Sekolah SMP Siloam. “Banyak sekali anak-anak yang tidak peduli dengan orang lain. Kami memilih (Yayasan) Buddha Tzu Chi sebagai contoh untuk mereka bagaimana beramal dengan menyisihkan uang jajannya. Juga mendidik anak-anak memiliki karakter mau berbagi dan mengasihi orang lain,” tutur Julita H. Tambunan, Kepala SMP Siloam.


Rombongan yang dibagi menjadi 2 kelompok kecil ini mendapatkan penjelasan tentang alur kerja DAAI TV hingga penayangan acara dari Leo, Program Director.

Makanya meskipun sekolahnya berada cukup jauh dari lokasi Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, mereka tetap menyambanginya. Julita juga menuturkan bahwa Tzu Chi yang ia kenal dari salah satu guru bahasa Inggris SD Siloam ini memiliki kesamaan tujuan. “Siloam artinya sungai penyembuhan, lambangnya kasih. Dan Tzu Chi yang ditunjukkan juga kasih, jadi klop sama tujuanya,” ucapnya.

Rombongan murid SMP Siloam Depok melakukan kunjungan ke Tzu Chi Center mengikuti field trip program profesi rutin setahun sekali yang diadakan sekolahnya. Pada tahun 2019, field trip yang diikuti murid kelas 7 dan 8 SMP Siloam ini memilih Tzu Chi dan DAAI TV. “Selain kami ingin mengetahui lebih dalam tentang lembaga Tzu Chi, kami mempunyai program pengenalan profesi dan kami memilih DAAI TV, mungkin kami akan mendapat pengetahuan dari sana,” kata Julita.


Silvani Y. Nabut (dua dari kanan) mengaku senang bisa mengunjungi Tzu Chi dan DAAI TV. Ia juga sangat antusias menerima celengan bambu Tzu Chi.

Sesuai dengan program field trip sekolah, para murid yang didampingi 6 guru mengunjungi DAAI TV di lantai 2 Gd. DAAI untuk melihat langsung salah satu ruangan studio, ruangan program control room, dan master control room. Mereka juga mendapat penjelasan dari salah satu karyawan DAAI TV, Leo yang merupakan Program Director tentang bagaimana alur kerja mereka hingga penyiaran acara yang bisa disaksikan di televisi masing-masing. Ternyata sebagian besar anak-anak tertarik untuk menggeluti dunia pertelevisian, tak terkecuali Silvani.

“Pengennya kerja kayak broadcasting. Maunya nanti masuk SMK yang kerjanya ada kamera-kamera gitu,” ucap siswi kelas 8 ini tersipu.


Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 1220 kali


Berita Terkait


Konsistensi PT Aplus Dalam Membantu Sesama

02 Februari 2016

Menabung untuk Membantu Orang yang Membutuhkan

19 November 2015

Recehan Pemberi Harapan

12 November 2015

Membulatkan Tekad untuk Menjaga Bumi

27 Oktober 2015

Menelisik Filosofi Celengan Bambu

19 Agustus 2015


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat