Rabu, 21 Oktober 2020
Indonesia | English

Menjaga dan Melindungi Kesehatan Bersama

29 September 2020 Jurnalis : Anand Yahya
Fotografer : Anand Yahya


Sebanyak 30.000 alat rapid test didatangkan langsung dari Tzu Chi University Taiwan untuk Tzu Chi Indonesia.

Dalam rangka mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengadakan rapid test yang kedua bagi seluruh staf Yayasan Tzu Chi, staf DAAI TV, staf Rumah Sakit Tzu Chi dan seluruh Badan Misi Tzu Chi yang bekerja di Gedung Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pemeriksaan dilakukan selama 2 hari: 28 dan 29 September 2020.


Penerapan physical distancing dan protokol kesehatan dilakukan sebelum dilakukan rapid test. Para staf Badan Misi Tzu Chi wajib menggunakan masker dan mencuci tangan dahulu sebelum masuk ruangan.


Liu Su Mei, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia didamping Suriadi, Kepala Sekretariat Tzu Chi Indonesia melihat langsung kegiatan rapid test yang didukung oleh Tim Medis dari RS Cinta Kasih Tzu Chi dan TIMA Indonesia.

Rapid test adalah metode screening awal untuk mendeteksi antibodi yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona. Kegiatan rapid test Covid-19 dilingkungan Tzu Chi Center dilaksanakan di Gedung DAAI lantai 1 yang dipimpin dr. Dameria bersama tim medis dari RSCK Tzu Chi dan dari perawat TIMA.

Dengan penerapan jaga jarak fisik dan protokol kesehatan, sebelum dilakukan rapid test para staf Badan Misi Tzu Chi wajib menggunakan masker dan mencuci tangan dahulu sebelum masuk ruangan, kemudian melakukan pendataan identitas di meja pendaftaran. Selanjutnya tim medis akan menanyakan seputar aktivitas yang dilakukan para pegawai di beberapa waktu sebelumnya serta menanyakan apakah pernah mengalami sakit pilek, batuk, dan sesak nafas.

Kepala Sekretariat Tzu Chi Indonesia Suriadi menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan rapid test saat ini sudah yang kali kedua dan hari ini 28 September 2020 ada 203 pegawai Badan Misi Tzu Chi akan melaksanakan rapid test Covid-19 dan pada 29 September 2020 ada 218 karyawan sehingga total ada 421 karyawan menjalani rapid test.


Alat rapid test dari Tzu Chi University digunakan untuk seluruh karyawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.



Kepala Sekretariat Tzu Chi Indonesia, Suriadi, bersama Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei mengamati alat rapid test yang sudah digunakan sambil menunggu hasil. 

“Hari ini kita mengadakan screening Covid-19 di Kantor Pusat Yayasan Tzu Chi Indonesia, hari ini kali kedua kita menngadakan rapid test dengan menggunakan alat (rapid test) yang diproduksi oleh Tzu Chi University di Taiwan,” kata Suriadi.

Alat rapid test ini didatangkan langsung dari Taiwan. “Alat ini kita akan pakai untuk rapid test selama dua hari ini dan berikutnya,” tutur Suriadi. Suriadi juga mengatakan rapid test ini akan dilakukan secara rutin sebagai langkah salah satu langkah antisipasi dan screening terhadap kondisi kesehatan karyawan di lingkungan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

“Kami berharap agar seluruh karyawan dapat hadir dan melakukan rapid test sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 dan membantu pemerintah menekan jumlah kasus positif di masyarakat, khususnya di perkantoran,” kata Suriadi.


Suasana pengambilan sample darah untuk rapid test di Gedung DAAI Lt. 1, PIK, Jakarta Utara. 

Veronica, Human Resource Supervisor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengatakan berbagai langkah preventif juga telah dilakukan pihak manajemen dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan Tzu Chi Center, seperti wajib  memakai masker, pengecekan suhu tubuh saat memasuki kantor, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak minimal 1 meter, dan mengurangi kegiatan tatap muka.

Editor: Hadi Pranoto


Artikel dibaca sebanyak : 242 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat