Sabtu, 20 Juli 2019
Indonesia | English

Menjalin Jodoh Baik untuk Pelestarian Lingkungan

07 Juni 2018 Jurnalis : Arimami Suryo A
Fotografer : Arimami Suryo A


Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 bersama dengan umat Katolik Perumahan Budi Indah, Tangerang menyerahkan bingkisan Lebaran kepada 40 orang petugas keamanan dan kebersihan di perumahan tersebut.

Bambang dan istrinya Sumirah tak henti-hentinya bersyukur saat menerima bingkisan Lebaran yang diberikan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Bambang merupakan petugas keamanan yang sudah 23 tahun mengabdikan dirinya di Perumahan Budi Indah, Tangerang. Bersama istrinya, Sumirah, ia memenuhi undangan yang diberikan relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 dan umat Katolik Perumahan Budi Indah untuk datang di kantor RW 07, Perumahan Budi Indah pada Minggu, 3 Juni 2018.

“Saya banyak terima kasih atas bantuan Tzu Chi dan pengurus-pengurus di Budi Indah untuk mencukupi keluarga saya,” ungkap Bambang.


Sebelum membagikan bingkisan Lebaran, relawan dan umat Katolik Perumahan Budi Indah melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan yang ruti diadakan setiap minggunya.

Bagi Bambang, bingkisan Lebaran yang diberikan ini cukup membantu memenuhi kebutuhan keluarganya. Di sisi lain, keberagaman yang ada di perumahan tersebut juga membuat para warganya tidak membeda-bedakan satu dengan yang lainnya. “Perasaan saya ya warga di sini semua bersatu walaupun banyak perbedaan keyakinan,” kata Bambang.

Sebelum membagikan bingkisan Lebaran, para relawan bersama umat Katolik Perumahan Budi Indah seperti biasanya melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan. Selain untuk mengisi kegiatan warga di setiap minggunya, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk saling bertukar pikiran serta mempererat persaudaraan sesama umat beragama.


Salah satu relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2, Yuliati atau yang akrab disapa Yonga sedang mempersiapkan bingkisan Lebaran dibantu oleh umat Katolik Perumahan Budi Indah.

Setelah selesai dan merapikan barang-barang daur ulang, relawan bersama umat Katolik Perumahan Budi Indah langsung menyiapkan dan menyusun bingkisan Lebaran di dalam kantor RW 07 Perumahan Budi Indah. “Kegiatan hari dimulai dengan pelestarian lingkungan lalu setelah itu kita ada pemberian bingkisan lebaran untuk petugas keamanan dan petugas kebersihan di lingkungan Perumahan Budi Indah,” ungkap Yuliati, relawan Tzu Chi yang menjadi koordinator pembagian bingkisan Lebaran di Perumahan Budi Indah.

Bingkisan Lebaran yang diberikan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 1 kardus mi DAAI. “Kita bagi bingkisan ini karena mereka sangat mendukung kegiatan pelestarian lingkungan Tzu Chi di sini, terutama petugas kebersihan,” terang Yuliati.


Keseriusan Sayuti (topi biru) mendengarkan pesan cinta kasih dari relawan Tzu Chi saat menunggu pemberian bingkisan Lebaran.


Dengan penuh kebahagiaan, Bambang dan istrinya Sumirah membawa bingkisan Lebaran dari Tzu Chi dengan sepeda motor.

Ke depannya, dengan adanya pemberian bingkisan Lebaran ini relawan ingin menyentuh lebih banyak warga lagi untuk bisa ikut dalam pelestarian lingkungan. “Harapannya Menjalin jodoh baik dengan mereka, bukan berarti mereka tidak mampu membeli barang ini. Kita berharap ini adalah awal mula jalinan jodoh yang baik, dan ke depannya mereka bisa terus mendukung kegiatan pelestarian lingkungan yang dilakukan di perumahan ini,” ungkap Yuliati.

Kebahagian dari pembagian bingkisan Lebaran ini juga dirasakan oleh Sayuti. Bersama dengan 40 orang petugas keamanan dan kebersihan yang hadir, ia begitu bersemangat saat menerima bingkisan.

“Terima kasih banyak kita sebagai petugas keamanan sudah diberikan sembako untuk Lebaran,” ungkap Sayuti yang bersemangat. Menurutnya pemberian bingkisan Lebaran dari Tzu Chi tersebut akan digunakan untuk kebutuhan keluarga. “Rencananya untuk digunakan sekeluarga dan bingkisan ini sangat bermanfaat,” tutup Sayuti dengan senyuman.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 523 kali


Berita Terkait


Bingkisan Lebaran Bagi Pasien di Maruyung

12 Juni 2018

Bingkisan Lebaran Penuh Makna

20 Juni 2017


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
The beauty of humanity lies in honesty. The value of humanity lies in faith.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat