Sabtu, 19 Oktober 2019
Indonesia | English

Menyemai Bibit Cinta Kasih di Tanah Biak

17 April 2018 Jurnalis : Marcopolo (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo (Tzu Chi Biak)


Suasana kehangatan terlihat dalam Training Relawan Abu Putih yang dilaksanakan di Tzu Chi Biak, Sabtu 14 April 2018.

Matahari bersinar cerah di siang itu, suasana pun tampak sepi karena Sabtu 14 april 2018 adalah hari libur nasional. Menyambut hari libur, relawan Tzu Chi Biak tidak menyia-nyiakan waktu begitu saja. Mereka memanfaatkan hari libur di akhir pekan itu dengan berkumpul bersama dan mengikuti Training Relawan Abu Putih di Kantor Tzu Chi Biak.

Training ini ditujukan bagi relawan kembang yang telah mengikuti kegiatan Tzu Chi namun belum mengetahui secara mendalam tentang Tzu Chi. Selain itu bagi relawan calom komite maupun komite yang bisa meluangkan waktu untuk mengikuti training juga diperbolehkan hadir.


Relawan hadir satu per satu di Kantor Tzu Chi Biak, tempat diadakannya Training Relawan Abu Putih.


Susanto Pirono, Ketua Tzu Chi Biak memberikan satu materi training tentang bagaimana bersumbangsih di Tzu Chi.

Di training tersebut, relawan mendapatkan penyegaran kembali tentang sejarah dan visi misi Tzu Chi. Selain itu ada juga materi lainnya yang dibawakan oleh para relawan. Susanto Pirono, Ketua Tzu Chi Biak pun memberikan satu materi training tentang bagaimana bersumbangsih di Tzu Chi. Pengisi materi lainnya berturut-turut menjelaskan tentang misi amal, kesehatan, pendidikan, dan budaya humanis.

Dalam training ini juga ada materi yang dibawakan oleh dr. Lisa Sp.A yang bertugas di RSUD Biak Numfor. Ia membawakan materi pengenalan akan gizi. Dalam pemaparannya, dr. Lisa menyampaikan juga tentang seperti apa sih penyakit kekurangan gizi, ciri-ciri, dan contohnya. Mendengarkan penjelasan yang rinci membuat relawan kembang yang baru pertama kali mengikuti training tampak antusias.

Sebanyak 166 relawan mengikuti kegiatan Training Relawan Abu Putih walaupun diadakan pada hari libur nasional.


Sekretaris Desa Dofyo Wafor Marthen Kafiar berharap relawan dapat berbagi tentang Tzu Chi di desa mereka sehingga lebih banyak masyarakat yang tahu akan Tzu Chi.

Sebanyak 166 relawan mengikuti kegiatan training walaupun diadakan pada hari libur. Training ini diikuti oleh relawan perbankan di Biak, relawan Sanggar Tari Manyouri, relawan kembang dan Tzu Shao yang telah mengikuti kegiatan-kegiatan Tzu Chi Biak di lingkungan Kabupaten Biak Numfor.

Hal yang menggembirakan lainnya adalah ikutnya 15 orang dari Desa Binaan Dofyo Wafor yang menyempatkan diri untuk mengikuti training. Mereka sangat senang mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang Tzu Chi seperti disampaikan Sekretaris Desa Dofyo Wafor Marthen Kafiar. “Kami senang sekali mendapatkan pengetahuan tentang visi misi Tzu Chi, jadi kalau boleh training ini juga diadakan di desa kami agar masyarakat juga lebih banyak yang mengetahui tentang visi dan misi Tzu Chi di Tanah Papua,” ungkapnya.

Training yang dimulai pukul 13.00 tersebut selesai tepat jam 18.00. Walaupun memakan waktu lumayan panjang, namun tidak terlihat raut lelah, yang ada hanya rasa senang dan gembira.

Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 512 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat