Selasa, 13 April 2021
Indonesia | English

Merayakan Imlek dengan Bersumbangsih Bagi Sesama

13 Februari 2020 Jurnalis : Rudy Darwin (He Qi Utara 2)
Fotografer : Rudy Darwin (He Qi Utara 2)


Anak-anak murid Sekolah Surya Pemandu juga ikut bersumbangsih melalui Tzu Chi dengan menuang celengan bambu mereka.

Hari Raya Imlek merupakan hari besar bagi masyarakat Tionghoa di belahan manapun di dunia, termasuk di Indonesia. Imlek biasanya dirayakan dalam suasana kebersamaan, penuh syukur dan kebahagiaan. Dalam menyambut datangnya tahun tikus 2020 ini, Sekolah Surya Pemandu kembali mengadakan Imlek bersama yang sudah menjadi agenda tahunan sekolah ini.

Sekolah yang beralamat di Kavling Polri, Jelambar, Jakarta Barat ini merayakan Imlek bersama yang agak berbeda tahun ini. Biasanya kegiatan ini dilakukan di sekolah, tetapi tahun ini diadakan di Mall Taman Anggrek, tepatnya di atrium utama mall ini. Setiap tahun, kegiatan Imlek diisi dengan acara kreativitas anak-anak sekolah. Sejak 2014, perayaan Imlek di sekolah ini bertambah satu kegiatan yaitu penuangan celengan untuk disumbangkan ke Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia.

 

Berbagai tarian diiringi lagu Inggris dan Mandarin dibawakan anak-anak di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Jalinan jodoh dengan Tzu Chi bermula di tahun 2013 dimana relawan Tzu Chi wilayah Jelambar berkesempatan melakukan SMAT (Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi) dengan mengajak anak-anak Sekolah Surya Pemandu untuk menyisihkan sebagian uang jajan mereka untuk berbagi dengan saudara-saudara yang kurang mampu. Ajakan relawan Tzu Chi disambut dengan baik oleh pengelola Sekolah dan pengembalian celengan dilakukan setiap perayaan Imlek Sekolah. Setiap tahun, anak-anak sangat bersemangat dalam penuangan celengan ini, termasuk karena dukungan dari orangtua mereka sehingga kegiatan ini bisa terus berlangsung.


Relawan Tzu Chi memberikan cindera mata dan Buku Kata Perenungan Master Cheng Yen kepada para murid.

Perayaan Imlek tahun ini yang dilakukan di pusat perbelanjaan menghadirkan aneka tarian dan lagu dalam bahasa mandarin dan inggris, yang dibawakan oleh anak-anak dari playgroup hingga kelas 6 sekolah dasar. Kegiatan berlangsung sangat meriah karena kehadiran keluarga anak-anak dan juga kostum Imlek yang anak-anak kenakan. Putri selaku Kepala Sekolah Surya Pemandu sangat antusias dengan kegiatan yang kali ini dilakukan di pusat perbelanjaan karena dapat membangun kepercayaan diri anak sejak dini. “Terima kasih dengan hadirnya relawan Tzu Chi, semoga kerja sama ini dapat terus meningkat,” kata Putri, yakin jika Misi Tzu Chi adalah menyebarkan kebaikan di masyarakat.

Sementara Nancy The, Ketua Tzu Chi huai Jelambar juga berharap kerja sama dengan Sekolah Surya Pemandu dapat terus meningkat karena sekolah ini memiliki kualitas pendidikan yang bagus. “Terima kasih kepada para orang tua yang telah mendukung anak-anak mereka dalam menyisihkan sebagian uang jajan mereka untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata Nancy.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 509 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat