Senin, 25 Mei 2020
Indonesia | English

Meringankan Beban Warga Terdampak Covid-19 di Tangerang

04 Mei 2020 Jurnalis : Arimami Suryo A.
Fotografer : Arimami Suryo A.


Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Sugeng Hariyanto didampingi relawan Tzu Chi memberikan sembako kepada salah satu warga Kelurahan Batu Ceper, Tangerang.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kota membagikan 2.000 paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 30 April 2020 yang salah satunya dilaksanakan di wilayah Kelurahan Batu Ceper, Tangerang, Banten.

Bersama relawan Tzu Chi, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto, S.I.K., M. Hum. yang secara simbolis menyerahkan bantuan di halaman Polsek Batu Ceper memberikan apresiasi kepada Tzu Chi  Indonesia karena telah membantu masyarakat yang mengalami kesulitan di tengah wabah pandemi ini, khususnya Kota Tangerang.


Pemindahan paket sembako dari Tzu Chi yang akan dibagikan untuk warga Kelurahan Batu Ceper. Bantuan serupa juga disebarluaskan kepada masyarakat yang membutuhkan di Kota Tangerang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah banyak memberikan kontribusi dan bantuan sebagai wujud bentuk empati kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Bantuan ini akan kita bagikan secara door to door (langsung) untuk menghindari kerumunan,” ungkap Kombes Pol Sugeng Hariyanto.

Setelah proses penyerahan secara simbolis, para petugas kepolisian kemudian berkeliling ke rumah-rumah warga di Kelurahan Batu Ceper, Tangerang untuk menyerahkan sembako. Paket sembako tersebut berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 2 kilogram gula pasir, dan 6 bungkus mi instan ini akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan di wilayah Polres Metro Tangerang Kota.


Kebahagiaan warga yang menerima paket sembako secara simbolis dari Tzu Chi di depan Kantor Polsek Batu Ceper, Tangerang.

Salah satu penerima paket sembako dari Tzu Chi ini adalah Ika Jayanti (31), warga Kelurahan Batu Ceper. Akibat dari pandemi Covid-19, suami Ika Jayanti yang bekerja sebagai penyedia jasa ojek online pendapatannya sangat berkurang jauh dari hari-hari biasanya. Ia pun sangat senang dengan adanya bantuan paket sembako yang diberikan Tzu Chi.

“Suami saya kan ojek online, jadi lebih sering di rumah terus dengan kondisi seperti sekarang ini. Pendapatan juga menurun. Sangat terbantu sekali dengan bantuan ini. Bantuannya ya buat makan sehari-hari. Untuk bulan Ramadan ini sangat berguna sekali,” kata Ika Jayanti.


Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang, Wey Alam menyerahkan paket sembako kepada Ika jayanti, salah satu warga kelurahan Batu Ceper, Tangerang.

Hal senanda juga diungkapkan Siti Nurhayati (30), warga Timbangan, Kelurahan Batu Ceper. Semenjak merebaknya wabah Covid-19 dan diberlakukannya pembatasan-pembatasan, suami dari Siti Nurhayati sudah diliburkan hampir 2 bulan dari tempatnya bekerja. Hal ini membuat kondisi ekonomi keluarganya terganggu akibat dampak Covid-19.

“Ya sehari-hari makan seadanya saja, kemarin sempat juga ada bantuan. Tetapi dengan adanya bantuan dari Tzu Chi membantu sekali buat kebutuhan keluarga,” jelasnya.


Petugas kepolisian juga mengantarkan langsung paket sembako ke rumah-rumah warga, salah satunya kepada Siti Nurhayati.

Kegiatan pembagian sembako ini memang mencari sasaran kepada warga yang mengalami kesulitan dalam masa pandemi Covid-19 ini. Para relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang yang ikut membagikan paket sembako juga berharap apa yang diberikan Tzu Chi ini bisa meringankan beban masyarakat yang tidak bisa melakukan apa-apa terkait pembatasan aktivitas.

“Harapannya ya kita dapat meringankan beban masyarakat. Karena sekarang ini banyak yang tidak punya lagi atau mendapat pekerjaan. Mereka juga tidak bisa kemana-mana. Jadi dengan bantuan ini minimal masyarakat di daerah Tangerang bisa terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang, Wey Alam yang ikut dalam pembagian sembako di wilayah Kelurahan Batu Ceper, Tangerang, Banten.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 208 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat