Rabu, 15 Juli 2020
Indonesia | English

Nasi Hangat untuk Mereka yang Membutuhkan

22 Juni 2020 Jurnalis : Putradi (Tzu Chi Palembang)
Fotografer : Darmawan Handoko, Novriko (Tzu Chi Palembang), Dok. TNI


Wakil Kabekangdam II Sriwijaya menerima bantuan secara simbolis berupa sembako dan nasi kotak dari relawan Tzu Chi Palembang.

Pandemi Covid-19 sangat berdampak sekali terhadap kehidupan masyarakat, khususnya di Palembang. Masyarakat merasakan dampak dari pandemi ini tidak hanya lingkungan sosial, sektor pariwisata dan budaya, tetapi juga di sektor ekonomi. Prihatin dengan kondisi tersebut membuat berbagai pihak tergerak untuk membantu, mulai dari pemerintah daerah, TNI, Polri, dan masyarakat umum lainnya.

Salah satu yang dilakukan Tiga Gugus Pilar (TNI, Polri, dan Pemda) di Palembang adalah dengan membuat dapur umum di Pusat Perbekalan dan Angkutan Kodam (Bekangdam) II Sriwijaya. Dengan bersama-sama, bergotong royong, dan saling bahu membahu maka wabah pandemi ini akan bisa diatasi.


Relawan Tzu Chi bersama-sama menyiapkan bahan makanan untuk memasak 200 lebih nasi kotak untuk masyarakat yang membutuhkan.


Semua relawan saling bekerja sama, ada yang memotong sayuran, memasak, dan menyiapkan makanan.

Untuk mendukung Gugus Tiga Pilar, Tzu Chi Palembang pada 9 Juni 2020 memberikan bantuan seperti masker, telur, air mineral, dan hand sanitizer kepada Kabekangdam untuk mendukung aktivitas dapur umum dalam mempersiapkan nasi kotak yang akan dibagikan kepada masyarakat Palembang yang membutuhkan.

Selain itu, relawan Tzu Chi Palembang, Ellia Sunarlin dan relawan lainnya kembali meyerahkan bantuan nasi kotak siap saji atau siap santap yang diperuntukkan bagi masyarakat di Palembang. Bantuan 210 nasi kotak siap saji tersebut diserahkan secara simbolis dan diterima oleh Mayor Cba Budi Hartono di depan dapur umum Kabekangdam II Sriwijaya di Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II Kelurahan 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil,Palembang, Selasa, 16 juni 2020


Sebanyak 210 nasi hangat siap diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Awalnya Tzu Chi kasih bantuan sembako ke dapur umum di Kodam. Karena Tzu Chi Palembang mau ikut berbagi langsung ke warga maka relawan Tzu Chi putuskan untuk memasak bersama-sama. Kita lalu mengajak semua relawan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, kita share info kegiatan ini dengan membuka donasi 200 paket nasi kotak untuk dibagikan ke warga yang membutuhkan. Puji Tuhan kegiatan kita disambut baik oleh semua relawan dan dalam waktu singkat donasi terkumpul melebihi target yang kita tentukan,” kata Ellia.

Adapun menu yang dimasak ada 4 macam, yaitu perkedel kentang, tahu sambal pete, telor, dan capcai. Kegiatan dimulai relawan dari mulai belanja bahan-bahan makanan hingga kemudian dimasak bersama-sama di rumah relawan, Hevi. Cara mengolah dan memasak pun dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat.


Bantuan nasi kotak diberikan secara langsung oleh anggota TNI kepada masyarakat yang membutuhkan.

Satu hari berbuat kebajikan, relawan Tzu Chi Palembang nyatanya juga tengah mensosialisasikan makanan vegetaris kepada masyarakat dengan cara membagikan nasi kotak ini. “Kita juga mengajak masyarakat dan donatur untuk bersama-sama bervegetarian,” kata Ellia.

Berbagi tidak akan membuat kita kekurangan, namun justru membuat kita lebih bersyukur atas berkah yang kita miliki. Bersama-sama kita bisa mengatasi wabah Corona.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 219 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat