Selasa, 23 Juli 2019
Indonesia | English

Paket Lebaran 2019: Berbagi Paket Cinta Kasih di Bulan Ramadan

23 Mei 2019 Jurnalis : Vincent Salimputra, Felix (He Qi Utara 2)
Fotografer : Budiankes, Indra, Novita, Vincent (He Qi Utara 2)


Agus Hartono sedang memberikan pengarahan dan membagikan ladang berkah kepada para relawan yang siap bersumbangsih.

Bulan Ramadan menjadi momen paling dinantikan oleh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa serta berkumpul dengan sanak keluarga dan sahabat. Momentum ini juga dimanfaatkan oleh insan Tzu Chi yang tergabung dalam komunitas Hu Ai Pluit Gan En untuk mempererat tali silaturahmi dan memberikan uluran cinta kasih bagi warga Penjaringan yang membutuhkan.

Cuaca cerah berawan pada pagi hari Minggu, 19 Mei 2019 seakan menyambut 64 relawan yang hadir dengan penuh semangat untuk siap bersumbangsih. Sejak pukul 7 pagi, mereka mulai berkumpul di lokasi Koramil 02/Penjaringan, Jakarta Utara untuk menyiapkan pembagian paket cinta kasih kepada warga.

Kerjasama antara Tzu Chi dengan jajaran Koramil 02/Penjaringan, Polsek Penjaringan, dan Kecamatan Penjaringan turut menyukseskan kegiatan baksos.

Penyerahan piagam penghargaan kepada Danramil 02/Penjaringan oleh ketua Hu Ai Pluit Gan En.

“Untuk baksos kali ini, paket yang akan kita bagikan berisi 10 kg beras, 20 bungkus mi instan vegetarian, 1 liter minyak goreng, 1 bungkus deterjen, dan 2 batang sabun mandi,” tutur Agus Hartono selaku penanggung jawab kegiatan ini.

Tercatat ada 1.383 paket cinta kasih yang dibagikan kepada warga Penjaringan yang membutuhkan, yang terdaftar di 55 RT mulai dari RW/06, RW/07 hingga RW/08. Sehari sebelumnya, sebanyak 52 relawan telah melakukan survei dan membagikan kupon paket kepada warga yang menetap dalam wilayah tersebut.

Ibu Umiyati (75) sangat bersyukur tahun ini mendapatkan kupon paket cinta kasih dari Tzu Chi. “Saya sudah tiga tahun belakangan mengetahui bahwa Tzu Chi memberikan sembako, tapi belum pernah dapat. Senang tahun ini bisa dapat,” ujarnya.

Doa bersama lintas agama yang dipimpin langsung oleh perwakilan Koramil.

Penyerahan simbolis paket cinta kasih yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi beserta jajaran Koramil.

Ibu Umiyati juga mengaku sangat bersyukur atas hadirnya Tzu Chi dalam masyarakat. Beberapa tahun lalu, ia mengikuti baksos operasi katarak yang diadakan oleh Tzu Chi. “Tadi Oma dengar ada bilang Tzu Chi ya? Ini mata Oma dulu operasi juga sama Tzu Chi,” tambahnya.

Selain sumbangsih dari para relawan Tzu Chi, kegiatan baksos ini tidak lepas dari kerjasama dan dukungan dari Koramil 02/Penjaringan, Polsek Penjaringan dan Kecamatan Penjaringan.

“Saya merasa sangat bersyukur dan mengapresiasi kerja nyata Tzu Chi yang mengadakan baksos dengan membagikan paket Lebaran bagi warga yang membutuhkan,” ujar Danramil 02/Penjaringan, Mayor Inf Dwi Harry Wibowo, SE dalam kata sambutannya.

Horace membagikan pengalamannya setelah selesai mengikuti kegiatan baksos pembagian paket cinta kasih.

Selesai memberikan kata sambutan, Ketua Hu Ai Pluit Gan En, Fonny selaku perwakilan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyerahkan piagam penghargaan kepada Danramil dan jajarannya atas dukungan dalam penyelenggaraan dan pengamanan kegiatan ini. Kemudian acara berlanjut ke doa bersama lintas agama yang dipimpin langsung oleh perwakilan Koramil dan penyerahan simbolis paket cinta kasih kepada warga.

Benih Cinta Kasih Tumbuh dan Berkembang
Berawal dari jalinan jodoh saat perayaan Hari Waisak di Tzu Chi beberapa minggu sebelumnya, Viliana yang merupakan orang tua salah satu murid dari Sekolah Dhammasavana turut serta dalam pembagian paket cinta kasih kali ini. Bahkan sehari sebelumnya, ia pun antusias mengikuti pembagian kupon paket kepada warga.

“Saya senang dan berterima kasih bisa ikut bersumbangsih dalam baksos ini setelah mendengar informasi yang disampaikan oleh guru Sekolah Dhammasavana yang turut berpartisipasi dalam acara Waisak di Tzu Chi. Saya akan senang hati  bila mendapat informasi untuk mengikuti kegiatan Tzu Chi ke depannya,” ungkap Viliana ketika membagikan pengalamannya selesai mengikuti kegiatan baksos.

Warga yang menerima paket cinta kasih melangkah dengan wajah gembira

Senada dengan Viliana, Horace Ciang yang baru dilantik menjadi relawan Abu Putih, mengungkapkan rasa gembiranya bisa turut serta dalam kegiatan baksos ini. Ladang berkah yang diterimanya, mulai dari memindahkan karung beras hingga melayani warga yang datang, digarapnya dengan sepenuh hati.

“Selama ini saya hanya membantu di kelas Qing Zi Ban saja, ke depannya saya ingin lebih aktif berkegiatan Tzu Chi bila mendapat kesempatan,” ungkap Horace.

Hansen Lo yang merupakan relawan kembang juga turut membantu pembagian paket cinta kasih ini. Pada hari itu ia mendapatkan pelajaran berharga bahwa setiap orang seharusnya bisa lebih bersyukur atas apa yang kita miliki.

Relawan dengan cepat dan sigap membantu warga lansia membawakan paket cinta kasih

“Ada yang rumahnya hanya seukuran kamar kita saja, tapi mereka bisa anggap itu rumah mereka. Sedangkan kita dengan keadaan kamar kita seperti itu masih suka mengeluh,” tutur Hansen.

Perasaan Sukacita
Dengan wajah berseri-seri, warga yang menerima paket cinta kasih berjalan menuju rumahnya masing-masing. Tak terkecuali, Pak Taryadi, salah satu warga lansia yang memanggul sendiri karung beras yang diterimanya dengan penuh semangat. Ia mengaku sangat bersyukur dan terbantu atas paket yang diterimanya.

“Sangat terbantu. Terima kasih kepada relawan Tzu Chi yang telah memperhatikan warga lansia,” ujar Pak Taryadi dengan wajah gembira.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 605 kali


Berita Terkait


Paket Lebaran 2019: Selalu Bersyukur

29 Mei 2019

Paket Lebaran 2019: Merawat Jalinan Jodoh di Cirumpak

28 Mei 2019

Paket Lebaran 2019: Menjalani Hari yang Tenang Menjelang Lebaran

28 Mei 2019

Paket Lebaran 2019: Perhatian untuk Warga Bantargebang

27 Mei 2019

Paket Lebaran 2019: Menjalin Jodoh Baik Di Bulan Penuh Berkah

22 Mei 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat