Rabu, 08 April 2020
Indonesia | English

PAT 2019: Tzu Chi Pekanbaru Menyelami Sutra Makna Tanpa Batas

29 Januari 2020 Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru)
Fotografer : Gilbert Avogrado Lee, Nattha Dharma Chuadra, Stephen Yanher, Tommy Sulianto (Tzu Chi Pekanbaru)


Sebanyak 125 relawan Tzu Chi Pekanbaru menyelami Sutra Makna Tanpa Batas Pemberkahan Akhir Tahun 2019 Sesi Relawan di Tzu Chi Pekanbaru.

Tzu Chi Pekanbaru mengadakan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2019 pada 12 Januari 2020 di Hotel Furaya, Kota Pekanbaru. Tahun ini untuk pertama kalinya Tzu Chi Pekanbaru mengadakan dua sesi pemberkahan, yaitu sesi relawan dan sesi umum. Pada sesi relawan, ada 125 relawan bersungguh hati menyelami Sutra Makna Tanpa Batas.

Pemberkahan Akhir Tahun sesi relawan berlangsung dengan khidmat sejak dimulai pukul 13.00 siang. Relawan mengawali pemberkahan dengan menyaksikan video kilas balik Tzu Chi internasional dan Tzu Chi Pekanbaru. Mereka yang biasa sibuk bertugas, kali ini bisa duduk tenang mengikuti acara yang membawa keharuan hingga ada beberapa relawan yang tidak sanggup menahan air mata. Seperti yang dirasakan oleh Lina yang tidak sanggup menahan harunya. “Saya tersentuh dengan cinta kasih Master Cheng Yen. Master banyak menginspirasi hidup saya,” tutur Lina.


Lina(depan) tersentuh dengan cinta kasih Master Cheng Yen ketika melihat video kilas balik. Ia mengungkapkan bahwa Master banyak menginspirasi hidupnya.


Mettayani (depan), PIC Pemberkahan Akhir Tahun mengungkapkan pentingnya memahami Dharma sebagai landasan berkegiatan Tzu Chi.

Setelah menyaksikan video kilas balik, acara dilanjutkan dengan sharing dari beberapa penyelam Sutra, penampilan gerakan dan isyarat tangan Sutra Makna Tanpa Batas, doa, dan janji bakti.

Penampilan gerakan dan isyarat tangan Sutra Makna Tanpa Batas bukan sekadar penampilan, tapi lebih kepada upaya untuk menyelami makna serta mempraktikkan isi Sutra. Sutra Makna Tanpa Batas merupakan salah satu pedoman relawan Tzu Chi dalam menjalankan visi dan misi Tzu Chi.

Dalam upaya memahami Sutra Makna Tanpa Batas, relawan mengadakan bedah buku di setiap komunitas di Tzu Chi Pekanbaru. Mettayani, PIC Pemberkahan Akhir Tahun kali ini mengungkapkan, “Dalam menapaki Jalan Bodhisatwa, yang terpenting adalah memahami Dharma, dan Dharma itu dapat kita lakukan atau wujudkan melalui tindakan nyata. Pada Pemberkahan Akhir Tahun kali ini kita berkesempatan menyelami Sutra Makna Tanpa Batas yang merupakan satu pedoman bagi relawan untuk menjalankan Jalan Bodhisatwa.”


Asnani (depan) merasa sukacita bisa ikut menyelami Sutra Makna Tanpa Batas.

Asnani salah satu relawan yang sangat aktif merasa ada keterkaitan antara Sutra Makna Tanpa Batas dengan kegiatan kerelawanan yang ia jalani. Ia pun merasa sukacita bisa menyelami Sutra Makna Tanpa Batas ini.

“Perasaannya sangat sukacita karena bisa belajar banyak lagi. Dari sini juga, saya seperti mendapatkan tambahan semangat,” ujar Asnani.

Editor: Metta Wuladari

Artikel dibaca sebanyak : 505 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat