Rabu, 28 Oktober 2020
Indonesia | English

Pembangunan Sekolah Tzu Chi di Palu

29 Juli 2020 Jurnalis : Besse Fitriani dan Humas Pemprov Sulteng
Fotografer : Leo, Daniel (Tzu Chi Palu)


Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Sekolah Tzu Chi di Palu.

Kabar baik kembali datang dari Kota Palu, Sulawesi Tengah. Hari Selasa, 28 Juli 2020, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi di Palu, Sulawesi Tengah. Sekolah yang berada di area Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako Palu ini terdiri dari jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Sekolah ini dibangun di atas lahan seluas 21 hektar, terdiri dari 60 ruangan, termasuk ruang kelas, lapangan olahraga, laboratorium, perpustakaan, dan kantor.


Walikota Palu menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah banyak memberikan kontribusinya dalam hal rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Kota Palu.


Sekretariat Daerah Kota Palu Drs. Mohamad Hidayat Lamakarate M.si, mewakili gubernur menyampaikan terima kasihnya atas kepedulian Tzu Chi terhadap warga Kota Palu.

Kegiatan peletakan batu pembangunan Sekolah Tzu Chi ini dibuka langsung oleh Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si. Peletakan batu pertama dipimpin langsung oleh Walikota Palu, disusul oleh Sekretaris Daerah Kota Palu, kemudian oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, perwakilan dari Yayasan Budha Tzu Chi, Sekretaris Gubernur, DPRD Kota Palu, Kejaksaan Tinggi Palu, Korem 132 Tadulako, dan Polda Sulawesi Tengah.


Peletakan batu pembangunan Sekolah Tzu Chi ini dihadiri oleh Walikota Palu, Sekretaris Daerah Kota Palu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, perwakilan dari Yayasan Budha Tzu Chi, Sekretaris Gubernur, DPRD Kota Palu, Kejaksaan Tinggi Palu, Korem 132 Tadulako, dan Polda Sulawesi Tengah.

Walikota Palu menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dan masyarakat Kota Palu kepada pihak Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah banyak memberikan kontribusinya dalam hal rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Kota Palu dua tahun silam.


Foto maket bangunan Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, terdiri dari jenjang TK dan SD. Sekolah ini dibangun di atas lahan seluas 21 hektar, terdiri dari 60 ruangan, termasuk ruang kelas, lapangan olahraga, laboratorium, perpustakaan, dan kantor.




“Awalnya rumah (1.500 unit) dikasih, ditambah lagi kasur, meja makan beserta kursinya yang ada di Huntap. Alhamdulillah, kita juga sudah dikasih balai pertemuan warga dan sekarang Yayasan Buddha Tzu Chi juga akan membangun sekolah,” kata Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si.

Sekretaris Daerah Kota Palu Hidayat Lamakarate mewakili Gubernur Sulawesi Tengah juga menyampaikan terima kasihnya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang selalu membantu dan bersama-sama pemerintah memulihkan dan mensejahterahkan kehidupan warga Palu yang tertimpa musibah gempa, tsunami, dan likuefaksi dua tahun silam ini. “Begitu banyak fasilitas (bantuan) yang diberikan untuk Kota Palu ini, yang tidak bisa kita balas dengan kedua tangan ini. Semoga semakin jaya dan sukses untuk Yayasan Buddha Tzu Chi,” kata Hidayat.


Pada bulan Juli ini pembangunan 1.500 unit rumah di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu, Sulteng juga telah selesai, berikut dengan ruang serbaguna (balai warga).


Sejak bulan Mei hingga Juli 2020, sebanyak 662 warga juga telah menerima rumah mereka di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah.

Sementara Karjaya, mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengatakan, “Yayasan Budha Tzu Chi memiliki misi yang berfokus pada amal sosial yang berlandaskan prinsip cinta kasih universal, tidak membeda-bedakan agama, ras, suku dan etnis. Semoga sekolah ini nantinya dapat mendidik anak-anak bangsa yang dapat menjadi teladan di masyarakat, tidak hanya berprestasi secara akademik namun juga memiliki budi pekerti yang baik.”

Sebelumnya, sejak bulan Mei hingga Juli 2020, sebanyak 662 warga juga telah menerima rumah mereka di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah. Pada bulan Juli 2020 ini pembangunan 1.500 unit rumah Tzu Chi di Tadulako juga telah selesai, berikut dengan gedung serbaguna (balai warga).


Ruang serbaguna atau balai warga yang ada di area Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi.

Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako merupakan sumbangsih Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI, Eka Tjipta Foundation, Indofood dan lainnya untuk warga korban gempa, likuefaksi dan tsunami di Sulawesi Tengah yang terjadi pada 28 September 2018 lalu.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 442 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat