Pengiriman Bantuan Oxygen Concentrator ke Berbagai Penjuru Nusantara

Jurnalis : Hadi Pranoto, Fotografer : Dok. Tzu Chi Medan dan Belitung

Sebanyak 100 unit Oxygen Concentrator dari Tzu Chi diserahterimakan secara simbolis kepada Pemerintah Daerah Sumatera Utara melalui Kodam 1/ BB di Pangkalan Udara TNI Soewondo, Medan.

Kondisi lonjakan kasus pasien Covid-19 yang terjadi di tanah air pada bulan Juli 2021 mendorong berbagai pihak untuk membantu penanganan Covid-19 di tanah air, salah satunya bantuan 5.000 unit Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan.

Bantuan ini merupakan dukungan Tzu Chi Taiwan kepada Tzu Chi Indonesia untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam menangani wabah pandemi Covid-19 di tanah air. Master Cheng Yen, pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi merasa prihatin dengan kasus lonjakan kasus pasien Covid-19 di Indonesia saat ini dan berharap wabah pandemi Covid-19 di Indonesia bisa segera tertangani dengan cepat dan baik.

Bantuan Disalurkan ke Berbagai Daerah di Indonesia

Bantuan oxygen concentrator ini langsung didatangkan dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules TNI.

Setelah tiba di Indonesia, pada Senin, 26 Juli 2021, sebanyak 500 unit oxygen concentrator (dari total 5.000 unit bantuan) diserahkan secara simbolis melalui Sekretariat Presiden RI pada Selasa, 27 Juli 2021 untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Bantuan ini segera disalurkan oleh pemerintah dan pihak Tzu Chi Indonesia ke berbagai daerah di Indonesia. Hingga tanggal 11 Agustus 2021, sebanyak 1.909 unit Oxygen Concentrator telah disalurkan ke-19 kota dan provinsi di Indonesia, seperti: Medan, Bali, Bandung, Surabaya, Makassar, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Riau, Singkawang, Padang, Lampung, Belitung, Sumatera Utara, Biak (Papua), Pekanbaru, dan Yogyakarta.

Seperti pada hari Selasa, 10 Agustus 2021, sebanyak 100 unit Oxygen Concentrator diserahkan kepada Pemerintah Daerah Sumatera Utara melalui Kodam 1/ BB yang dilakukan langsung di Pangkalan Udara TNI Soewondo, Medan, Sumatera Utara. Bantuan tersebut langsung didatangkan dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia.

Relawan Tzu Chi Medan, Timmy Jawira mengatakan bantuan tersebut merupakan dukungan Yayasan Buddha Tzu Chi kepada pemerintah Indonesia dalam menangani wabah Covid-19 di tanah air dan berharap bisa tertangani dengan cepat dan baik.

Dalam kegiatan ini juga hadir Walikota Medan Bobby Nasution, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakapoldasu, Danlanud Soewondo, Kadinkes Provsu, Karumkit Putri Hijau dan pejabat pemerintahan lainnya.

Perhatian Tzu Chi untuk Masyarakat Belitung

Bantuan 50 unit oxygen concentrator juga dikirimkan ke Pemerintah Kabupaten Belitung. Bantuan dikirimkan dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules TNI.

Meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 juga terjadi hampir secara merata di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Pulau Belitung. Jumlah pasien yang banyak membuat RSUD Tanjung Pandan dan RSUD Manggar tidak lagi mampu menangani pasien Covid-19 di daerah yang dahulu terkenal sebagai penghasil timah di Indonesia. Banyaknya masyarakat yang Isolasi Mandiri (Isoman) dengan kondisi yang cukup berat juga mengakibatkan krisis (kelangkaan) oksigen di Belitung.

Tzu Chi Indonesia juga mengirimkan 50 buah tabung oksigen untuk membantu mengatasi kelangkaan oksigen di Pulau Belitung.

Hal ini mendorong Alex Wijaya, salah seorang anggota Satgas Covid-19 di Belitung mencari dan mengajukan bantuan ke berbagai pihak, salah satunya ke Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. “Saya mengajukan bantuan oksigen dan tabung ke Tzu Chi Indonesia, yang infonya saya dapat dari relawan Tzu Chi Jakarta, Bapak Ramli dan Ibu Mei Rong. Tanggal 7 Agustus 2021 saya ajukan, dan langsung direspon secara cepat dari pihak Tzu Chi melalui Ibu Merry,” terang Alex, yang bersama teman-temannya juga berinisiatif menyediakan tempat Isolasi Mandiri di Belitung, berkapasitas 50 kamar untuk pasien Covid-19 di Belitung.



(Foto A dan B) Banyaknya pasien yang terjangkit Covid-19 mendorong berbagai pihak secara swadaya menyediakan tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 di Belitung.

Tanggal 8 Agustus 2021 merupakan titik kritis kelangkaan oksigen di Belitung. “Saya coba ajukan juga oxygen concentrator ke Tzu Chi, namun alat itu sudah disampaikan ke pemerintah pusat, jadi saya minta tolong Ibu Merry agar tolong sampaikan ke pimpinan kondisi gawat darurat yang amat sangat dan beberapa pasien yang meninggal. Dan tindakan Tzu Chi amat sangat cepat merespon ke pemerintah pusat, yang dengan pesawat Hercules mengirimkan 50 unit oxygen concentrator yang langsung diterima Pemerintah Kabupaten Belitung untuk penyaluran lebih lanjut,” terang Alex.

Tim Medis memberikan bantuan oksigen dari Tzu Chi kepada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah karena kapasitas rumah sakit yang sudah penuh.

Bantuan dari Tzu Chi yang diterima Pemerintah Kabupaten Belitung berupa 50 tabung oksigen dan 50 unit oxygen concentrator. Semua bantuan dari Tzu Chi digunakan di RSUD Tanjung Pandan dan RSUD Manggar. Di hari yang sama, bantuan oksigen dari Rumah Sakit KRI Semarang 595 juga tiba di Belitung. Hal ini membuat penanganan pasien Covid-19 maupun yang bukan pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen bisa tertanggulangi, dan banyak pasien yang terselamatkan.

Dewi Santi, salah satu anak dari keluarga pasien yang mendapatkan bantuan oksigen dari Tzu Chi merasa bersyukur ayahnya bisa mendapatkan oksigen di masa kritis.

Salah satunya Bapak Ikhsan yang mengalami gangguan pernafasan akut (paru-paru) terpaksa harus menggunakan alat bantu pernapasan. Tabung oksigen dari Tzu Chi Indonesia ini digunakan Bapak Iksan yang dirawat di rumahnya di Jl. Air Sepu, Rt 23, Belitung. “Banyak terima kasih untuk Satgas Covid, Pemkab Belitung, dan juga Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, dimana di saat kelangkaan oksigen akhirnya ayah kami bisa mendapatkan bantuan sehingga bisa tertolong,” kata Dewi Santi, salah satu anak pasien.  

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia atas bantuannya dalam penanganan pandemi Covid-19 di Belitung, khususnya di masa kondisi krisis oksigen di pulau ini.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia atas bantuannya dalam penanganan pandemi Covid-19 di Belitung, khususnya di masa kondisi krisis oksigen di pulau ini. “Tanpa bantuan ini, kami tentu sangat kesulitan dalam menangani situasi ini, dan masyarakat Belitung bisa lebih lama keluar dari krisis pandemi Covid-19 ini,” kata Wakil Bupati Isyak Meirobie.

Artikel Terkait

Bantuan Oxygen Concentrator untuk Penanganan Covid-19 di Kota Makassar

Bantuan Oxygen Concentrator untuk Penanganan Covid-19 di Kota Makassar

13 Agustus 2021

Pada Kamis 12 Agustus 2021, Tzu Chi Makassar memberikan bantuan tiga buah tabung oksigen dan satu unit concentrator kepada dua rumah sakit di Makassar yaitu RSUP DR Wahidin Sudirohusodo dan RS Stella Maris.

Bersatu Hati Menangani Pandemi

Bersatu Hati Menangani Pandemi

05 Agustus 2021
Melihat tingginya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia pada bulan Juni 2021. Tzu Chi Indonesia bersama Pengusaha Peduli NKRI dan Tzu Chi Taiwan menyalurkan bantuan berupa 5.000 Oxygen Concentrator untuk merawat pasien Covid-19 dan 35.000 ton beras untuk 7 juta keluarga  yang terdapak akibat penyebaran Covid-19.
Bantuan Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden RI

Bantuan Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden RI

28 Juli 2021

Tzu Chi Taiwan membantu penanganan Covid-19 di Indonesia dengan menyerahkan 500 unit oxygen concentrator (dari total 5.000 unit bantuan) ke Sekretariat Presiden RI pada Selasa, 27 Juli 2021.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -