Kamis, 29 Oktober 2020
Indonesia | English

Peresmian Sekolah dan Tempat Ibadah di Lombok, Nusa Tenggara Barat

23 September 2020 Jurnalis : Andre Zulman, Anita (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Andre Zulman, Anita (Tzu Chi Sinar Mas)


Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH menandatangani prasasti peresmian MTs Nurul Huda di Lombok Utara.

Setelah setahun lebih masa pembangunan, hari ini, Rabu, 23 September 2020 dilakukan peresmian MTs Nurul Huda dibarengi dengan peresmian 3 masjid (Tarbiyatul Qura, Al Hakim, Raudhatul Jannah) dan 2 vihara (Sutta Dhamma dan Dhamma Palla).


Andre Zulman, dari Tzu Chi Indonesia menjelaskan proses pembangunan sekolah dan tempat ibadah di Lombok Utara pascagempa tahun 2018 lalu.


Muda-mudi Vihara Sutta Dhamma dan Dhamma Pala memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga. Isyarat tangan merupakan salah satu budaya humanis Tzu Chi.

Sekolah dan tempat ibadah ini merupakan bagian dari Program Rekonstruksi Pembangunan Pascagempa Lombok pada Juli – Agustus 2018 lalu yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan didukung oleh Sinar Mas, Indofood, dan para donatur lainnya. Penandatanganan kerjasama pembangunan Tzu Chi Indonesia dengan Pemkab Lombok Utara dilakukan pada 20 Maret 2019.


Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH menyampaikan jika kehidupan masyarakatnya aman dan damai meski berbeda-beda agamanya.


Relawan Tzu Chi yang juga CEO DAAI TV Indonesia bersyukur sekolah, 3 masjid, dan 2 vihara di Lombok ini bisa diresmikan penggunaannya.

Peresmian dilakukan pada pukul 16.30 – 17.30 WITA, diawali dengan penampilan isyarat tangan Satu Keluarga yang dibawakan oleh Muda-mudi Vihara Sutta Dhamma dan Dhamma Pala, pembacaan Al Quran oleh siswa-siswa MTs Nurul Huda, serta dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Acara peresmian dipusatkan di MTs Nurul Huda, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH dan diikuti penandatangan prasasti masjid dan vihara. Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres dan Dandim Lombok Utara, perwakilan MTs Nurul Huda, pengurus masjid, para Bhiksu Sangha, dan masyarakat.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres dan Dandim Lombok Utara, tokoh agama dan masyarakat, serta masyarakat umum lainnya.


MTs Nurul Huda yang dibangun kembali Tzu Chi Indonesia pascagempa di Lombok tahu 2018. Tzu Chi didukung Sinar Mas, Indofood, dan para donatur lainnya dalam pembangunan ini.

Dalam sambutannya Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar menceritakan bagaimana masyarakatnya hidup rukun dan damai, serta saling menghargai meski berbeda agama: Islam, Hindu, Buddha. “Kami sangat berterima kasih dengan Tzu Chi yang telah membangun sekolah dan juga rumah ibadah. Tzu Chi tidak hanya memberikan bantuan saat gempa, namun juga terus memberikan perhatian di masa pandemi ini,” kata Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar.


Masjid Al Hakim di Dusun Karang Jurang, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.


Vihara Dhamma Pala di Kali Pucak Dusun Lonang Desa Bentek Kecamatan Gangga. Kabupaten Lombok Utara.

Mewakili Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin, relawan yang juga CEO DAAI TV Indonesia sangat bahagia bahwa bangunan sekolah, masjid, dan vihara ini dapat diresmikan dan digunakan oleh masyarakat. “Semoga bangunan ini dapat digunakan dan dirawat sebaik mungkin oleh adik-adik yang bersekolah di sini (MTs Nurul Huda) serta bapak dan ibu guru,” kata Hong Tjhin.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 200 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat