Jumat, 22 November 2019
Indonesia | English

Program Bina Desa Tzu Chi Biak, Baksos Kesehatan dan Bagi Sembako

11 April 2017 Jurnalis : Marcopolo (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo,Chandra Obama (Tzu Chi Biak)

Relawan Tzu Chi Biak saat menyurvei para penerima kupon paket sembako.

Pagi yang cerah membuat suasana hati relawan Tzu Chi Biak makin bersemangat. Satu per satu relawan berdatangan ke Kantor Tzu Chi Biak guna melakukan kegiatan bina desa. Program bina desa adalah program baru yang dijalankan oleh Tzu Chi Biak di tanah Papua seperti program bedah rumah, dan baksos pengobatan. 

Kali ini, Sabtu 8 April 2017, relawan menuju  Desa Dofyo Wafor. Perjalanan memakan waktu 30 menit dari kota. Sesampainya di Desa Dofyo Wafor, relawan bergegas menyiapkan perlengkapan agar pelaksanaan baksos ini dapat berlangsung dengan lancar. Ada tiga misi yang diselenggarakan di desa ini, yaitu Kesehatan, Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan.

 

Relawan membantu warga Desa Dofyo Wafor mengikuti baksos kesehatan.


Warga Desa Dofyo Wafor senang dan merasa diperhatikan oleh para relawan. 

Desa Dofyo Wafor sendiri berjodoh dengan Tzu Chi Biak setelah para relawan melakukan survei di beberapa desa. Hari itu program pertama yang dilakukan adalah baksos kesehatan umum dari Misi Kesehatan. Desa Dofyo Wafor dipilih karena ada nilai tambah dibandingkan desa yang lain. Yang pertama terjangkau dari kota, kedua tanah di desa itu sangat subur. Selain itu Puskesmas Pembantu juga belum berjalan. Kemudian hanya ada satu sekolah SD di desa tersebut.

“Kebetulan yang lain adalah kepala desa dan perangkat desa sangat menyambut program Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia KP Biak ini. Mereka telah mengenal yayasan karena desa ini pernah menerima bantuan beras cinta kasih sehingga dengan tangan terbuka menyambut dan menyetujui  Tzu Chi Biak untuk mengadakan kegiatan ini,” kata Ketua Tzu Chi Biak, Susanto Pirono.

 

Relawan dan Tim Medis Tzu Chi dibantu dokter spesialis, dokter Puskesmas, dan mahasiswa Kedokteran memeriksa kondisi kesehatan warga. 


Para relawan membagikan paket sembako kepada warga.

Program Bina Desa ini direncanakan dijalankan selama satu tahun. Dalam sambutannya, Ketua Tzu Chi Biak Susanto Pirono menyampaikan terima kasih kepada kepala desa, perangkat desa dan masyarakat Desa Dofyo Wafor yang telah menyambut relawan Tzu Chi Biak dengan baik. Selain itu Susanto juga berterima kasih karena Program Bina Desa bisa dijalankan di desa ini.

doc tzu chi

Relawan Tzu Chi Biak dan remaja dari Sanggar Seni Manyouwri menampilkan Tarian Yospan.

Kali ini, sebanyak 127 pasien menerima pengobatan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Relawan juga membagikan 80 paket sembako untuk warga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 1515 kali


Berita Terkait


Gereja Milik Bersama di Desa Dofyo Wafor Biak

20 November 2019

Membangun Asa di Sentani, Papua

02 Oktober 2019

"Terima Kasih Tuhan, Kau Kirim Mereka ke Papua"

20 Juli 2019

Mendukung Terciptanya Manokwari yang Bersih dan Sehat

18 Juli 2019

Menyebarkan Cinta Kasih di Tanah Papua

04 April 2019


1 komentar


Jurman On Tuesday, 11 April 2017, 15:57:51 wrote:

Jalinan jodoh harus selalu digemgam, bisa membantu sesama adalah berkah. Jurman, Kantor penghubung Tanjung Balai Karimun



Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat