Rabu, 19 September 2018
Indonesia | English

Relawan Tzu Chi Peringati Hari Susu Nusantara 2018

12 Juni 2018 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi Sinar Mas


Relawan Xie Li Kalteng 4 sedang memberikan penjelasan kepada anak-anak tentang manfaat minum susu bagi kesehatan.

Salah satu cara untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih sehat adalah dengan membudayakan minum susu. Kandungan vitamin, protein, lemak, kalsium, dan sumber gizi penting lainnya yang terkandung dalam susu dapat menjaga kesehatan, membantu kinerja kognitif hingga mendorong pertumbuhan anak lebih optimal. Maka, dengan asupan susu yang tepat, generasi penerus bangsa dapat tumbuh lebih sehat dan lebih cerdas.

Walaupun tercatat peningkatan jumlah konsumsi susu sebanyak 5% setiap tahunnya, namun berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, Indonesia masih tetap tertinggal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, dan negara-negara ASEAN. Artinya, masih banyak anak-anak Indonesia yang belum merasakan manfaat minum susu, terutama mereka yang berada di pelosok-pelosok negeri.

Tiga Tahun Turut Peringati Hari Susu Nusantara


Relawan Xie Li Semitau sedang memberikan susu kepada para siswa peserta kegiatan peringatan Hari Susu Nusantara.

Sejak tahun 2001, Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) selalu memperingati tanggal 1 Juni sebagai Hari Susu Dunia. Perayaannya dilakukan secara serempak di berbagai negara. Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya konsumsi susu, Indonesia secara resmi ikut serta dalam merayakan Hari Susu Dunia berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian pada tahun 2009. Kemudian, peringatan ini dirayakan di Indonesia dengan nama Hari Susu Nusantara.

Melihat tingkat kesadaran konsumsi susu masyarakat Indonesia yang masih rendah, relawan Tzu Chi Sinar Mas pun tergerak untuk bahu membahu untuk meningkatkannya. Hal tersebut sejalan dengan salah satu misi yang dijalankan oleh Tzu Chi Sinar Mas, yaitu Misi Kesehatan. Melalui Misi Kesehatan, para relawan dengan penuh semangat berusaha untuk meringankan penderitaan fisik manusia sekaligus menenteramkan batin yang risau. Untuk meringankan penderitaan fisik, relawan juga turut melakukan berbagai kegiatan terkait kesehatan pada tahap pencegahan, salah satunya yaitu melalui penyuluhan dan kegiatan terkait Hari Susu Nusantara.

Dimulai pada tahun 2016, relawan Tzu Chi Sinar Mas telah turut serta merayakan dan malaksanakan berbagai kegiatan terkait Hari Susu Nusantara. Hingga peringatan pada tahun ketiga ini, baik jumlah peserta, relawan hingga Xie Li yang berpartisipasi terus mengalami peningkatan.

Peringatan Hari Susu Nusantara Tahun 2018


Relawan Xie Li Semitau, Haryo sedang memberikan himbauan terkait manfaat minum susu.

Pada tahun ini sebanyak 19 Xie Li berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Susu Nusantara tahun 2018, yang melibatkan lebih dari 600 relawan. Adapun Xie Li yang turut melaksanakan kegiatan tersebut adalah Sumatera Utara, Jambi 2, Siak, Bangka Belitung, Downstream Dumai, Downstream Lampung, Kampar, Kalimantan Tengah 1, 2, 3, 4 & 5, Kalimantan Selatan 1, Kalimantan Timur 1, Ketapang 1 & 2, Gunung Mas, Semitau, hingga Papua.

Beragam kegiatan dilaksanakan oleh relawan sebagai wujud kepedulian dalam meningkatkan kesadaran para pelajar akan pentingnya minum susu. Di antaranya adalah kegiatan penyuluhan pentingnya minum susu dan kegiatan membagi-bagikan susu segar kepada para pelajar. Selain itu, untuk menyemarakkan peringatan Hari Susu Nusantara, relawan juga turut menyelenggarakan berbagai perlombaan, seperti lomba mewarnai yang bertemakan Hari Susu Nusantara.


Tiga anak yang memenangkan perlombaan mewarnai dalam rangka Hari Susu Nusantara.


Dengan ekspresi ceria anak-anak berfoto bersama dengan relawan dan susu yang telah mereka dapatkan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Xie Li Kalimantan Tengah 1, tahun ini kegiatan yang dilaksanakan meliputi lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD Kelas 1-3, serta lomba menggambar untuk SD Kelas 4-6. Perlombaan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan akan manfaat minum susu dengan cara yang atraktif kepada para siswa.

Pada tahun ini terdapat lebih dari 6000 peserta yang mengikuti kegiatan peringatan Hari Susu Nusantara. Seperti pelaksanaan kegiatan pada tahun 2017, pada tahun ini kegiatan peringatan Hari Susu Nusantara juga dilaksanakan bertepatan dengan bulan Ramadan. Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, tidak mengurangi semangat para relawan untuk berbagi cinta kasih. Dengan antusias para relawan menyapa para siswa dan disambut dengan keceriaan para siswa. Keceriaan para siswa merupakan kekuatan tersendiri bagi para relawan.


Xie Li Kalteng 2 memperingati Hari Susu Nusantara dalam sebuah kegiatan penyuluhan ibu dan anak di sekolah.

Dikarenakan sedang dalam suasana puasa, susu yang diberikan relawan kepada para siswa tidak langsung diminum ditempat, Para peserta dapat meminum susu yang dibagikan pada saat berbuka atau pada saat sahur. Tidak hanya kepada para siswa, relawan juga turut mengajak para guru serta orang tua siswa untuk membudayakan minum susu di dalam keseharian mereka.

“Jangan lupa, sering sering minum susu ya. Minum susu itu bisa membuat tumbuh kembang jadi lebih baik, banyak sekali vitamin dan protein yang baik untuk tubuh”, himbau Haryo, relawan dari Xie Li Semitau kepada siswa, guru dan orang tua siswa yang hadir.


Xie Li Papua juga turut berpartisipasi dalam kegiatan peringatan Hari Susu Nusantara pada tahun ini.

Sementara itu, relawan Xie Li Gunung Mas dalam kegiatan yang dilaksanakan mengajak para siswa agar lebih dapat memanfaatkan uang jajan mereka untuk membeli makanan atau minuman yang sehat, seperti susu.

“Uang jajan yang diberikan orang tua biasanya buat beli makanan-makanan ringan yang mengandung MSG tinggi serta tidak memiliki nilai gizi maksimal, bahkan ada yang berbahaya bagi kesehatan. Nah, mulai sekarang uang jajan yang diberikan orang tua, dibelikan susu ya!” ajak Jano kepada para siswa.

Master Cheng Yen dalam kata perenungannya mengatakan, “bersyukurlah atas tubuh yang sehat, yang membuat kita mampu mengembangkan kemampuan intuitif dalam kehidupan”.

Berbagai kegiatan peringatan Hari Susu Nusantara di berbagai tempat yang telah dilaksanakan oleh relawan hingga ke pelosok negeri ini. Kiranya memberikan sumbangsih bagi kesehatan masyarakat, sehingga mampu mengembangkan dirinya dengan lebih baik.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 295 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Mengonsumsi minuman keras, dapat melukai orang lain dan mengganggu kesehatan, juga merusak citra diri.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat