Rabu, 02 Desember 2020
Indonesia | English

RSCK Gandeng PT. Nusantara Medica Cemerlang untuk Tingkatkan Tes PCR COVID 19

13 November 2020 Jurnalis : Anand Yahya
Fotografer : Anand Yahya


Dokter Tonny Christianto Ms., Sp.B.M.M Direktur Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK) Tzu Chi menandatangani Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Moktar Pamungkas, Direktur Utama PT. Nusantara Medica Cemerlang.

Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK) Tzu Chi Cengkareng Jumat 13 November 2020 menjalin kerja sama dengan AkuSehat dalam pengadaan alat PCR atau polymerase chain reaction di RSCK. Alat PCR adalah alat pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus, salah satunya yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Dokter Tonny Christianto Ms., Sp.B.M.M., Direktur RSCK Tzu Chi menyampaikan bahwa, alat yang saat ini digunakan di RSCK berkapasitas 100 spesimen per hari dan membutuhkan waktu 3 hingga 4 hari. Hal ini memperlambat antisipasi kondisi pasien Covid-19 di Indonesia.

Menanggapi hal ini RSCK menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Nusantara Medica Cemerlang sebagai supplier Medical Equipment dalam penyediaan reagen dan alat PCR dengan produk AkuSehat di Laboratorium Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi. “Dengan penambahan alat ini (AkuSehat), hasil PCR bisa lebih cepat dan akurat maksimal 2 hari,” ujar dr. Tonny


Acara nota kesepahaman ini berlangsung secara virtual via zoom bertempat di RSCK Tzu Chi Cengkareng.

Ketentuan untuk mendiaknosis spesimen seorang pasien terpapar SARS-CoV-2 atau virus Corona adalah dengan meneliti material genetik yang ada di dalam setiap sel, termasuk di dalam bakteri atau virus, bisa berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya. DNA dan RNA setiap spesies makhluk hidup membawa informasi genetik yang unik.

Keberadaan DNA dan RNA ini akan dideteksi oleh PCR melalui teknik amplifikasi atau perbanyakan. Dengan adanya alat PCR, keberadaan material genetik dari beberapa jenis penyakit akibat infeksi bakteri atau virus akan bisa dideteksi dan akhirnya bisa membantu diagnosis untuk penyakit Infeksi selain virus Corona atau Covid 19, alat ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit Tuberkulosis (TB) dan Hepatitis.


Mesin produk AkuSehat sudah berada di Laboratorium RSCK Tzu Chi Cengkareng. Dengan bertambahnya alat PCR ini diharapkan bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat serta mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Deteksi Covid-19 di Indonesia haruslah menjadi sesuatu yang mudah, aman, dan terjangkau harganya. Dengan hadirnya produk AkuSehat, kami berharap alat ini dapat membantu mempercepat pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia. Dalam memberikan pelayanan kami juga senantiasa berpegang pada prinsip ‘aman, mudah, dan cepat’,” Ujar Moktar Pamungkas, Direktur Utama PT. Nusantara Medica Cemerlang.

Dokter Tonny mengatakan bahwa RSCK Tzu Chi menyediakan layanan pengujian PCR Covid-19 dengan harga Rp. 1.000.000, (satu juta rupiah) termasuk konsultasi dokter dan surat keterangan hasil laboratorium. Hasil PCR dapat diambil dalam waktu 2 hari melalui email dan aplikasi WhatsApp untuk digunakan dalam segala keperluan.

Editor:  Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 259 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat