Rabu, 15 Juli 2020
Indonesia | English

Sebanyak 30.000 Masker dan 2.000 Alat Rapid Test untuk PERSI

27 Maret 2020 Jurnalis : Khusnul Khotimah
Fotografer : Arimami Suryo A.


Sebanyak 30.000 masker dan 2.000 alat tes cepat (rapid test) diterima Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Jumat, 27 Maret 2020.

Hingga hari ini Tzu Chi Indonesia masih terus menyalurkan bantuan kebutuhan medis kepada rumah sakit-rumah sakit dan instansi terkait penanganan wabah Covid-19. Seperti hari ini, ada 11 instansi yang mengambil langsung bantuan medis berupa masker ke Kantor Tzu Chi Indonesia. Di antaranya dari Rumah Sakit Fatmawati Jakarta, RS Husada, serta RS Anna Medika. Ada pula beberapa Puskesmas seperti Puskesmas Penjaringan, Puskesmas Kelapa Gading, dan Puskesmas Cilincing.

Sementara itu Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) juga mendapatkan bantuan dari Tzu Chi berupa 30.000 masker dan 2.000 alat tes cepat (rapid test). PERSI menaungi seluruh rumah sakit di Indonesia, dan saat ini sudah ada sekitar 1.800 rumah sakit yang menjadi anggotanya.


Tim Sekretariat Tzu Chi Indonesia menyiapkan berita acara serah terima bantuan yang ditujukan kepada PERSI.


Menurut PERSI, untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang paling urgent adalah alat pelindung diri karena tenaga kesehatan berada di garda depan. Sekarang ini banyak rumah sakit yang kekurangan alat pelindung diri sehingga PERSI menghimpun salah satunya dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

“Kami dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia mengucapkan sangat terima kasih karena sumbangan ini memang sangat dibutuhkan oleh rumah sakit dan personilnya baik tim medis maupun nonmedis rumah sakit di seluruh Indonesia,” kata dr. Grace Cielia, MKK, Ketua Kompartemen Hospital Social Responsibility  PERSI.

Sumbangan ini, kata dr. Grace akan mereka sebarkan ke rumah sakit yang terutama yang menangani pasien-pasien yang suspect Covid-19. Dari data mereka, ada sebanyak 37 rumah sakit yang saat ini menangani pasien Covid-19 dengan jumlah pasien yang memang sudah cukup banyak. PERSI sendiri telah mendata keperluan alat pelindung diri bagi rumah sakit yang menangani pasien Covid-19. Dokter Grace sendiri tak menyangka Tzu Chi mampu memenuhi kebutuhan rumah sakit yang cukup banyak tersebut.


Dokter Grace Cielia, MKK, Ketua Kompartemen Hospital Social Responsibility PERSI mengaku sangat bersyukur karena selain masker, pihaknya juga menerima bantuan alat rapid test yang diperlukan dalam rangka menjaring banyaknya pasien yang ter-suspect Covid-19.

“Mendapatkan bantuan dalam jumlah yang sangat besar ini kami sangat berterima kasih karena memang sekarang ini kami sangat kesulitan untuk mendapatkan APD ini. Saya sendiri sangat surprise karena Tzu Chi dapat memberikan dalam jumlah yang besar,” kata dr. Grace penuh rasa bersyukur.

Editor: Arimami SA

Artikel dibaca sebanyak : 1027 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat