Sabtu, 19 Oktober 2019
Indonesia | English

Sehat dengan Bervegetaris

02 Mei 2019 Jurnalis : M. Galvan (Tzu Chi Bandung)
Fotografer : M. Galvan (Tzu Chi Bandung)


Lebih dari 2.000 pengunjung memadati acara Veggie Day 2019.  Di acara ini para pengunjung dapat menikmati dan makan sepuasnya beragam menu vegetarian secara gratis. 

Saat ini makanan vegetaris makin digemari oleh masyarakat. Selain lebih sehat, mengonsumsi makanan-makanan vegetaris juga merupakan salah satu cara untuk ikut melestarikan bumi.

Berbagai macam cara untuk mengenalkan vegetarian kepada masyarakat terus dilakukan, seperti pada kegiatan Veggie Day pada Minggu, 28 April 2019 di Landmark Convention Hall, Jl. Braga No. 129, Bandung, Jawa Barat. Lebih dari 2.000 orang pengunjung memadati lokasi yang menyajikan makanan-makanan berbahan nabati (sayur mayur). Di sini juga tersedia 30 stan yang menyediakan acara makan sepuasnya secara gratis bagi para pengunjung. Melalui kegiatan ini penyelenggara mensosialisasikan vegetarian kepada masyarakat Bandung, bahwa makanan vegetaris itu tidak harus mahal. Dengan sedikit kreativitas, bahkan makanan vegetaris itu bisa diolah sedemikian rupa, sederhana, dan tanpa menghilangkan cita rasa aslinya.


Tzu Chi Bandung juga turut berpartisipasi dengan menyediakan makanan-makanan vegetaris (soto bandung, lomi, dan baso tahu) dalam Veggie Day ini.


Beragam acara turut mewarnai acara Veggie Day ini. Para pengunjung juga dapat menikmati  hiburan yang dipersembahkan oleh panitia.

Tzu Chi Bandung juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Veggie Day yang diselenggarakan oleh Vihara Avalokitesvara Vidya Sasana ini. Di stan ini Tzu Chi menyajikan makanan vege, diantaranya lomie, bakso tahu, dan soto bandung. Tujuan Tzu Chi Bandung berpartisipasi dalam kegiatan adalah untuk memperkenalkan pola hidup vegetarian kepada masyarakat dan juga mensosialisasikan Misi Kemanusiaan Tzu Chi.

Tanggapan positif muncul dari para pengunjung, salah satunya Sri (63). "Menurut saya ini suatu kegiatan yang sangat baik. Di sini diperkenalkan jika makanan itu tidak hanya daging-dagingan, tapi juga bisa dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan," kata Sri. Menurut Sri pola makan vegetaris harus lebih disosialisasikan secara meluas agar masyarakat semakin mengerti manfaat bervegetarian (sangat baik bagi metabolisme tubuh), dan bervegetarian tidak mahal.


Stan makanan vegetaris Tzu Chi ramai dikunjungi masyarakat. Ada 7 orang relawan Tzu Chi yang dengan ramah melayani setiap pengunjung yang ingin mencicipi makanan vegetaris. 

Yuli, relawan Tzu Chi Bandung merasa jika acara Veggie Day ini harus sering adakan, karena dalam kurun waktu 3 tahun sejak 2016 lalu hingga saat ini para pengunjung terus meningkat. Artinya, masyarakat sudah mulai tertarik dengan pola hidup vegetarian. Acara ini juga menjadi ajang bertukar pengalaman serta ilmu tentang cara mengolah makanan vegetaris.

“Cara yang menarik bahwa makanan-makanan vegetaris juga disajikan dengan enak dan menarik. Masyarakat juga bisa belajar bahwa bervegetarian itu gaya hidup yang sehat untuk diri sendiri dan juga untuk lingkungan sekitar, memberi kasih sayang juga kepada makhluk hidup dan bumi," kata Yuli.

 

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 231 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat