Selasa, 21 Mei 2019
Indonesia | English

Serunya Belajar di Kelas Memasak TCUCEC

18 Juli 2018 Jurnalis : Khusnul Khotimah
Fotografer : Khusnul Khotimah


Kelas Memasak yang digelar oleh TCUCEC kali ini, Rabu 18 Juli 2018 menghadirkan tiga menu yang dipelajari peserta, yakni Go Hiong, Bakso Urat Vege, dan Jamur Hitam Putih. Dokter Haryani (baju merah muda) merupakan peserta baru yang semangat belajar memasak masakan vegetaris.

Sajian Go Hiong, Bakso Urat Vege, dan Jamur Hitam Putih begitu menggugah selera. Setelah menyimak dan mempraktikkan cara memasak ketiga menu tersebut, puluhan peserta kelas memasak TCUCEC (Tzu Chi University Continuing Education Center) tampak tak sabar untuk mencicipinya.

“Semuanya enak. Saya nambah dua kali,” kata Magdalena sembari menyunggingkan tawa.

Kali ini kelas memasak diikuti oleh 22 peserta. Melihat antusias para peserta, senyum mengembang di wajah Go Chai Swan, salah satu guru masak yang juga tim konsumsi dari komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Utara 2.

“Saya melihat para peserta senang dan bahagia. Tentu saya puas. Saya berharapnya semua orang bisa bervegetaris, supaya kita menghindari pembunuhan. Hewan-hewan itu kan butuh hidup, sama seperti kita. Lalu lingkungan, kita kan harus jaga juga,” ujarnya usai kelas memasak yang digelar di Kantin Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara pada Rabu. 18 Juli 2018.


Para peserta tampak begitu semangat bertanya.


Magdalena (baju hijau) merupakan peserta yang paling lama di kelas ini. Ia juga kerap mempraktikkan menu-menu yang dipelajarinya. Kelas ini juga menginspirasinya untuk menjaga pola makan.

Bagi Go Chai Swan, ketiga menu ini relatif mudah dimasak. Ia pun membagikan beberapa tips mengolah ketiga menu ini. Untuk memasak Go Hiong, gunakan protena gandum sebagai pengganti daging. Bakso Urat Vege lebih mudah lagi, bahan utamanya adalah Jamur Hioko Kering, bagian kakinya direndam lalu kemudian ditumbuk dan diolah menjadi bakso. Begitupun dengan menu Jamur Hitam Putih yang bahan-bahannya mudah didapatkan di Indonesia.

Kelas Memasak yang digelar oleh TCUCEC (Tzu Chi University Continuing Education Center) sudah berlangsung hampir lima tahun. Para peserta berasal dari masyarakat umum dan juga dari komunitas relawan Tzu Chi. Kelas yang digelar setiap Rabu pukul 09.30 WIB ini menyajikan menu vegetaris yang beragam.


Go Chai Swan sudah mengajar di Kelas Memasak yang digelar oleh TCUCEC (Tzu Chi University Continuing Education Center) ini hampir lima tahun. Usai belajar, para peserta makan bersama. Beberapa juga membawa pulang sebagai contoh untuk dipraktikkan di rumah.


Ketiga menu ini relatif cukup cepat memasaknya, yakni tak sampai setengah jam tiap menunya.

Dokter Haryani, seorang dokter integrative, yakni Anti Aging, Nutritional Integrative merupakan salah satu peserta yang terbilang baru. Saat seorang teman membagikan informasi kursus masak vegetarian ini, ia langsung berminat. Selain suka memasak, dr Haryani sudah lama ingin belajar memasak menu-menu vegetaris.

“Dari dulu memang ingin ikut tapi tidak tahu di mana nih kursusnya, sampai saya mau ke vihara mau belajar masak. Untungnya ada teman yang sampaikan informasi ini,” kata dr. Haryani.

Kelas kali ini merupakan yang ketiga bagi dr. Haryani. Dua kelas sebelumnya, sudah ada menu-menu yang ia praktikkan seperti Bihun Taiwan. Sementara dari kelas kali ini, menu yang pasti dipraktikkan dalam waktu dekat adalah Jamur Hitam Putih.

“Vege itu memang sehat. Kita kan memang harus membatasi daging merah, karena kita tahu zaman sekarang banyak kasus kanker. Jadi dari pola makan, selain itu dari toxin-toxin di lingkungan, di udara, makanan juga, bahan-bahan kimia. Jadi resiko kanker itu banyak sekali. Solusi sehat ya memang vegetarian,” tambahnya.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel dibaca sebanyak : 626 kali


Berita Terkait


Filosofi dalam Memasak

16 Oktober 2015


4 komentar


redaksi On Tuesday, 19 Februari 2019, 10:36:53 wrote:

Untuk saat ini, kelas TCUCEC sudah ditiadakan lagi. Terima kasih.

Suryatyk On Tuesday, 12 Februari 2019, 19:53:52 wrote:

Selain kelas memasak, ada kelas apa lagi. Mohon informasi pendaftaran dan biayanya. Terima kasih

redaksi On Friday, 20 Juli 2018, 16:36:08 wrote:

Terima kasih atas pertanyaan ibu, untuk biaya kursus kelas memasak kami adalah Rp.400.000 perbulan/4x pertemuan. Kelas berlangsung setiap hari rabu Pukul 09.30 - 11.30 WIB bu.

Ibu dessy On Friday, 20 Juli 2018, 14:33:03 wrote:

Sy ingin belajar, mohon info pendaftaran dan biayanya. Terimakasih.



Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat