Rabu, 16 Januari 2019
Indonesia | English

Setetes Darah Untuk Kehidupan

29 November 2018 Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)


Bekerja sama dengan PMI Cabang Biak, Tzu Chi Biak menggelar kegiatan rutin donor darah, Sabtu 24 November 2018.

Setelah mempertimbangkan dengan matang, akhirnya Juni Haryanto, Kepala Cabang Bank Mandiri Biak menghubungi Sarah Tombokan, relawan Tzu Chi, agar didaftarkan untuk kegiatan donor darah cinta kasih di Kantor Tzu Chi Biak. Sebelumnya Sekretariat Tzu Chi Biak telah mengedarkan undangan kepada Bank Mandiri Biak agar turut mengirimkan donor dalam kegiatan yang dimaksud.

Bagi Juni Haryanto, ini adalah pengalaman pertama mendonorkan darahnya. Ia terpanggil untuk bersumbangsih bagi sesama di Biak. Walaupun sempat tegang juga akhirnya ia berhasil dalam mendonorkan darahnya.

“Waktu pemeriksaan tensi darah dan cek HB saya sempat takut ditolak karena mungkin darahnya terlalu kental, tapi syukurlah semua bisa berjalan dengan lancar,” katanya di akhir kegiatan donor darah ini.


Sarah Tombokan menyapa dan berterima kasih kepada para donor. Sebanyak 62 kantong darah berhasil dikumpulkan pada donor darah ini.

Sabtu 24 November 2018 pukul 09.00 WIT, bekerja sama dengan PMI Cabang Biak bertempat di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Biak, kegiatan donor darah cinta kasih dilaksanakan. Kegiatan yang sudah menjadi kegiatan rutin ini telah terselenggara sebanyak tiga kali tahun ini.


Relawan TIMA memeriksa tekanan darah calon donor.


Batalyon 468 Paskhas Sarotama dan Kodim 1708 Biak Numfor mengirimkan personel mereka menjadi peserta donor darah.

Pada kegiatan ini Batalyon 468 Paskhas Sarotama dan Kodim 1708 Biak Numfor turut serta mengirimkan personel mereka dalam menyumbangkan darah. Adapun peserta lain yang turut dalam kegiatan donor darah ini adalah Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Papua, Hadi Supermarket, Artha Makmur Perkasa, Maju Makmur Group dan relawan Tzu Chi Biak sendiri.


Sempat tegang  Juni Haryanto akhirnya berhasil mendonorkan darahnya untuk pertama kali.

Sebanyak 62 kantong darah berhasil dikumpulkan pada donor darah ini. Namun golongan darah O saja yang diambil oleh pihak PMI Biak, dikarenakan stok darah O sedang kosong karena permintaan darah amat meningkat di akhir tahun ini. Adapun sekitar 30an pendonor yang golongan darah A,B dan AB dididata saja dan apabila diperlukan maka PMI Biak akan menghubungi langsung pendonor tersebut.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 162 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat